Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Akibat Virus

Cara Mengembalikan File Flashdisk / Memory Card Yang Hilang Akibat Virus Tanpa Software — Tanpa disadari, mungkin flashdisk atau hardisk kita sering diseringai oleh berbagai virus, virus tersebut datang dari file atau website yang mengandung malware, baik itu virus autorun, trojan, atau worm yang bisa menggerogoti berbagai file yang ada dalam flashdisk, dan bukan tidak mungkin, file tersebut tiba-tiba dapat hilang terhapus oleh virus.

Namun kebanyakan virus yang masuk ke flashdisk biasanya hanyalah virus yang menyembunyikan (hidden) file yang ada dan tidak menghapus secara permanen file tersebut, maka dari itu jangan dulu panik, selagi ukuran atau size flashdisk tidak berkurang atau kosong, itu berarti file Anda masih aman berada dalam flashdisk tersebut.

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Akibat Virus

Nah, untuk memastikan file masih tersimpan dengan aman di flashdisk Anda, silahkan klik kanan pada nama flashdisk Anda, kemudian klik properties, dan lihat kapasitas atau ukuran ruang penyimpananya. Apabila size masih terisi, berarti file Anda masih ada di flashdisk tersebut.

Kali ini, saya akan membagikan cara mengembalikan file yang terkena virus di memory card atau flashdisk tanpa perlu menggunakan software khusus, karena software yang akan kita gunakan kali ini, biasanya secara default telah terinstall pada sistem operasi windows.

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Akibat Virus

1. Masukkan flashdisk atau memory card ke komputer atau laptop Anda, kemudian tekan pada keyboard "CTRL + R" secara bersamaan, lalu ketikkan "cmd" tanpa tanda petik, setelah itu enter.

2. Lalu ketikan letak directory tempat flashdisk tersebut, misalnya flashdisk terletak di drive F, maka ketikkan "F:" (tanpa petik) kemudian enter. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Akibat Virus

3. Selanjutnya, pada line baru, ketikkan "attrib -s -h *.* /s /d" (pastikan ketikkan menggunakan spasi dan tanpa menggunakan tanda petik) kemudian enter.

Terakhir, setelah melakukan cara mengembalikan file yang hilang diatas, silahkan periksa kembali isi flashdisk atau memory card Anda, karena file yang sebelumnya tersembunyi akan tampil kembali.

Apabila file masih belum tampil, pastikan terlebih dahulu Anda untuk melakukan scan dengan menggunakan antivirus, setelah itu lakukan kembali cara diatas.

Namun, apabila file masih belum muncul walaupun sudah melakukan scan dengan antivirus lakukan cara manual lainnya yaitu dengan cara berikut ini.

Pertama-tama, buka tombol Start, kemudian pilih Control Panel > Appearance and Personalization. Selanjutnya klik Folder Options, lalu pilih tab View. Lalu pada hidden files and folders pilih Show hidden files, folders, and drives, dan terakhir klik Apply lalu OK.

Selain menggunakan cara diatas, Anda juga dapat memulihkan file yang hiland di flashdisk atau memory card Anda dengan menggunakan aplikasi USB Show, tentu saja dengan menggunakan aplikasi USB Show tidak akan seribet dengan cara manual diatas, Anda hanya perlu mem-browse drive flashdisk atau memory card Anda kemudian klik recovery hidden files, Setelah itu file akan kembali tampil di flashdisk Anda.

Oh iya, perlu di ingat sekali lagi, bahwa cara ini adalah cara untuk mengembalikan file flashdisk yang disembunyikan oleh virus dan bukan terhapus, untuk mengembalikan file yang terhapus saya sarankan untuk mendownload software recuva yang bisa Anda unduh disini.

Demikian Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Hilang Akibat Virus, mudah bukan? apabila Anda masih belum paham atau muncul masalah lain pada kasus ini, silahkan berikan komentar dibawah artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel