Cara Ampuh Mengembalikan File yang Berubah Menjadi CHK

Cara Ampuh Mengatasi File Berubah Menjadi CHK — Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Anda sedang mencoba untuk memindahkan sebuah file baik itu berupa video, foto atau dokumen dari flashdisk ke perangkat pc atau komputer Anda ternyata file yang Anda coba pindahkan tidak berpindah ke perangkat pc atau laptop Anda dan justru file tersebut tiba-tiba hilang dari folder sebelumnya? jangan dulu panik!

Jangan sampai Anda mencoba memformat flashdisk Anda, dan berfikir kalau itu adalah ulah virus yang menghapus semua file yang terdapat pada flashdisk Anda! pertama-tama, apabila Anda mengalami kejadian tersebut, langkah awal yang harus Anda lakukan ialah dengan mencek sisa ukuran ruang di flashdisk Anda, caranya dengan klik kanan pada nama flashdisk, kemudian klik properties, disana Anda akan mengetahui berapa banyak ukuran flashdisk yang terpakai.

Cara Ampuh Mengembalikan File yang Berubah Menjadi CHK

Apabila pada flashdisk tersebut masih memiliki ukuran yang Anda pikir tidak berkurang sama sekali dari sebelumnya (sewaktu masih ada file-file Anda), itu berarti file Anda tidaklah hilang atau terhapus melainkan file tersebut disembunyikan (hidden) dalam folder Found.000 dengan semua file berubah format atau ekstensi menjadi (.chk).

Awalnya mungkin Anda akan berfikir bahwa hal tersebut adalah ulah virus, namun file chk merupakan salah satu cara microsoft untuk melakukan file securing yang dilakukan oleh microsoft untuk melindungi file Anda.

Biasanya hal itu terjadi karena terdapat kerusakan atau bad sector pada flash disk / hardisk eksternal. Dan kemungkinan besar karena kebiasaan mencabut flash disk tanpa melakukan "Remove Safely USB".

Cara Ampuh Mengatasi File Berubah Menjadi CHK

  1. Backup atau pindahkan terlebih dahulu file dengan ekstensi .chk yang berada di dalam folder dengan nama “FOUND.000” ke tempat penyimpanan yang lain, misalnya di documents.
  2. Kemudian download, ekstrak kemudian install software UnCHK (download disini).
  3. Masuk ke flashdisk atau hardisk kalian yang berisi file .CHK.
  4. Terakhir, pilih folder FOUND.000
  5. Lalu klik Ok.
  6. Dan tunggu hingga proses pengembalian formatnya selesai.

Apabila terdapat notifikasi error "MSVBM50.dll not found" saat membuka aplikasi UnCHK, download dan install Visual Basic 5 Runtime Files (download disini).

Proses pengembalian file dari format chk ke format sebelumnya cukup memakan waktu, tergantung juga dengan berapa banyak dan ukuran filenya.

Sementara file yang telah dibackup sebelumnya berfungsi apabila file chk yang ada pada flashdisk atau hardisk Anda mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti terhapus atau terformat dengan tidak sengaja sehingga Anda dapat menggunakan file yang telah terbackup sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel