Cara Mengubah Dokumen Hardcopy Menjadi Softcopy

Cara Mengubah Dokumen Hardcopy Menjadi Softcopy — Kebutuhan akan Softcopy dari sebuah dokumen menjadi sangat penting di era millenial saat ini. Dokumen yang berbentuk Softcopy dapat disimpan dalam memori yang bilamana pada sebuah dokumen kertas yang banyak sekali memakan ruang tempat untuk menyimpannya. Belum lagi bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti: kerusakan kertas dokumen, dokumen terkena air, dokumen terbakar dan hal lainnya yang pasti tidak kita inginkan.

Mungkin ada opsi lain untuk "menyelamatkan" sebuah dokumen kertas dari ancaman-ancaman seperti di atas. Yaitu seperti dengan cara Laminating. Tentunya cara tersebut pastinya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi bila dokumennya terlampau banyak. Bisa jebol dompet kita cuma karena hanya untuk menyelamatkan sebuah dokumen yang penting ataupun yang tidak terlalu penting sekalipun.

Cara Mengubah Dokumen Hardcopy Menjadi Softcopy

Nah, salah satu solusinya adalah menyimpan dokumen tersebut menjadi softcopy. Banyak sekali kelebihannya bila anda memback-up dokumen-dokumen anda, untuk dijadikan file bernama Softcopy. Jadi anda tak perlu risau bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada "hardcopy" / kertas dokumen anda. Caranya sederhana sekali, berikut saya akan memaparkan step by step nya.

Cara Mengubah Dokumen Hardcopy Menjadi Softcopy 

  1. Kita perlu mengunduh aplikasi bernama Google Goggles dan Google Keep di Play Store.
  2. Instal satu per satu aplikasi tersebut.
  3. Buka aplikasi Google Goggles, kemudian akan langsung muncul ke fitur kamera.
  4. Arahkan dokumen kertas yang ingin kita buat menjadi Softcopy. Usahakan untuk meletakan dokumen secara rapi agar mudah discan nantinya.
  5. Klik icon kamera. Seperti anda hendak memfoto pada dokumen.
  6. Tunggulah untuk proses scanning.
  7. Selesai Scanning, lalu akan muncul dokumen berbentuk teks hasil dari scanning tadi.
  8. Klik tombol Copy untuk menyalin keseluruhan teks.
  9. Buka aplikasi Google Keep, dan salin tautan teks tadi ke Google keep. Ini bermaksud untuk meminimalisir kesalahan scan dan juga bisa di edit bila terjadi kesalahan.
  10. Dokumen akan otomatis tersimpan.

Nah setelah berhasil menjadikan dokumen Anda menjadi softcopy, anda tidak perlu khawatir lagi tentang keselamatan dokumen penting anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel