Wideo Text to Speech, Buat Nada Dering WA Suara Google

Wideo Text to Speech, Buat Nada Dering WA Suara Google
Wideo Text to Speech, Buat Nada Dering WA Suara Google

Apakah kamu sedang mencari cara membuat text to speech tanpa aplikasi. Wideo text to speech bisa dicoba untuk membuat teks menjadi suara di WA atau WhatsApp. Berikut penjelasannya. 

Fitur text to speech atau sering disingkat tts memang sedang populer belakangan ini. Tren ini berawal dari pengguna whatsapp yang ingin membuat nada dering dan notifikasi menjadi suara kustom milik sendiri. 

Whatsapp sendiri adalah salah satu aplikasi pengolah pesan paling populer saat ini. Hampir semua ponsel yang aktif pasti memiliki aplikasi whatsapp di dalamnya. 

Wajar saja, whatsapp atau WA sendiri memang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan komunikasi. Dimana fiturnya juga memungkinkan pengguna untuk bisa saling berkirim pesan singkat, pesan suara, panggilan suara maupun panggilan video. 

Nah dalam aplikasinya sendiri whatsapp memang memberikan fitur kustomisasi nada dering ataupun nada notifikasi. Pengguna dapat mengatur nada deringnya sendiri dengan bebas. 

Namun apabila nada dering itu itu saja tentu akan membosankan bukan. Nada bawaan dari ponsel juga pasti terbatas. Nah mungkin kamu bisa coba gunakan wideo text to speech untuk membuat nada suara kustom kamu sendiri. 

Apa itu Wideo Text to Speech? 

Buat yang belum tahu, wideo ini adalah sebuah situs text to speech online gratis. Dengan menggunakan fitur tts di wideo ini kamu bisa dengan mudah membuat nada suara pribadi dari tulisan. 

Sebenarnya ada banyak juga aplikasi yang bisa membuat suara dari tulisan. Termasuk aplikasi text to speech dari Google. 

Namun yang membedakan tts lain dengan wideo text to speech ini adalah karena wideo ini merupakan sebuah situs atau website. Jadi kamu tidak perlu repot repot memasang aplikasi di ponsel. 

Selain itu dalam situsnya terdapat banyak pilihan jenis dan gaya suara yang berbeda beda. Mulai dari suara laki laki maupun wanita. Suara berat sampai dengan suara cempreng, dan masih banyak lagi. 

Selain itu berbeda dengan text to speech milik google. Wideo ini dapat membaca tanda baca seperti koma, tanda tanya, tanda seru. Sehingga suara yang dihasilkan lebih natural dan tidak kaku. 

Mungkin fitur suara seperti ini akan cocok untuk kamu para youtubers yang membutuhkan rekaman suara untuk backsound. Namun untuk kalian yang ingin membuat nada dering kustom juga rekomen banget nih. Menarik bukan? Berikut cara menggunakannya. 

Cara Membuat Suara dari Tulisan Dengan Wideo.co Text to Speech

Untuk membuat suara dari tulisan di wideo ini sangatlah mudah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya wideo ini adalah sebuah halaman situs. Sehingga kamu bisa menggunakannya dengan modal koneksi internet saja. 

Yap daripada bingung, langsung saja ikuti langkah langkah berikut. 

  1. Kunjungi situs Wideo dengan klik link berikut: https://wideo.co/text-to-speech/ 
  2. Setelah masuk kamu bisa langsung mengisi kolom tulisan dengan kalimat yang akan dijadikan suara. 
  3. Kemudian pilih gaya bahasa yang akan digunakan pada pilihan voice yang ada dibawah tulisan. 
  4. Atur juga kecepatan bacaan dari suara yang akan dibuat. Kamu bisa membuatnya membaca secara cepat maupun lebih lambat dengan menggeser bar yang tersedia. 
  5. Jika sudah coba klik preview terlebih dulu untuk memproses tulisan menjadi suara. 
  6. Pada ikon suara di sebelahnya kamu bisa tes memutar suara terlebih dulu sebelum mendownloadnya dan mengecek apakah sudah pas atau belum. 
  7. Jika sudah puas dan cocok, langsung saja klik download Mp3 untuk mengunduh suaranya. 

Bagaimana mudah bukan? Dengan mengikuti langkah langkah yang disebutkan diatas, sekarang kamu sudah bisa membuat suara dari tulisan dengan mudah. 

Namun untuk jumlah kata yang bisa dibuat di Wideo ini dibatasi. Dalam sehari kamu hanya bisa mengubah tulisan sebanyak 3000 karakter saja. Jadi manfaatkanlah kesempatan kamu. 

Setelah suara di download, jangan lupa juga untuk memasangkannya menjadi nada dering atau nada notifikasi whatsapp kamu ya. Selamat mencoba!

Cara Mengganti Nada Dering WA dengan Woide Text to Speech

Setelah kamu berhasil mengunduh pesan suara yang telah diunduh menggunakan Botika, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah memasang suara tersebut sebagai nada dering.

Berikut ini adalah cara memasang Text to Mp3 Free Online WhatsApp sebagai nada dering WA:

  1. Sesudah mp3 suara Google terunduh, lalu buka aplikasi WhatsApp kamu
  2. Berikutnya masuk ke menu Setelan, lalu pilih Notifikasi di WhatsApp
  3. Cari nada dering panggilan pada menu tersebut, lalu klik menu tersebut
  4. Setelah muncul berbagai pilihan nada dering, gulir layar hingga ke paling bawah, lalu pilih Tambahkan nada dering
  5. Cari file mp3 atau file suara Google yang tadi telah di download di penyimpanan kamu
  6. Pada pilihan nada dering di WhatsApp, pilih file mp3 atau nama file suara Google tadi, lalu pilih Oke
  7. Selesai, nada dering notifikasi WA kamu telah berhasil dirubah dengan suara Google.

Mudah banget bukan cara menggunakan woide.co Text to Speech WhatsApp ini? Selain lewat situs tersebut kamu juga bisa mencoba situs Botika WhatsApp, FreeTTS WhatsApp, atau Text to Mp3 WhatsApp.

Penutup 

Nah jadi itulah penjelasan mengenai Wideo Text to Speech yang lagi viral belakangan ini. Jika masih belum jelas atau ada pertanyaan lain, bisa masukkan di kolom komentar. 

Mungkin sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga informasinya bisa bermanfaat dan terima kasih.