Vanish Mode Instagram

vanish mode instagram
vanish mode instagram

Baru-baru ini banyak pengguna Instagram membicarakan istilah vanish mode Instagram. Lantas apa sebenarnya fitur vanish mode Instagram ini? Simak penjelasannya berikut.

Instagram adalah salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia.

Oleh karena itu, Instagram terus memberikan fitur-fitur terbaru untuk tetap bisa menjadi platform media sosial terbesar. Salah satu fitur terbaru dari Instagram adalah vanish mode Instagram atau mode menghilang.

Arti Vanish Mode Instagram

Fitur ini merupakan fitur tambahan dari Instagram yang memungkinkan pesan kamu bisa terhapus secara otomatis ketika pesan dibaca oleh penerima.

Apa yang dimaksud otomatis disini adalah ketika pesan DM (Direct Message) tersebut membaca pesan dan keluar dari obrolan, maka pesan tersebut akan langsung menghilang.

Ini berarti hanya ada satu kesempatan untuk membaca pesan dan tidak dapat diulang ketika kita meninggalkan obrolan DM.

Fitur ini akan sangat berguna untuk kalian yang mungkin sanat menjaga privasi dan tidak ingin pesan yang dikirimkan bisa terbaca leh orang lain. Dengan kesempatan melihat hanya satu kali, kerahasiaan pesan kalian akan terjamin.

Fitur yang serupa dengan vanish mode Instagram ini memang bukanlah hal yang baru. Fitur serupa juga terdapat pada aplikasi snapchat, simana pesan yang dikirimkan akan otomatis terhapus ketika sudah melewati waktu satu hari.

Nah, kelebihan dari fitur ini adalah penghapusan otomatis dengan waktu yang lebih cepat. Apabila snapchat memerlukan waktu satu hari, maka Instagram bisa langsung menghapusnya setelah pengguna keluar dari obrolan.

Namun untuk bisa mencoba fitur ini, antara kalian dan pengguna lainnya harus sama-sama mengaktifkan vanish mode-nya. Dan fitur ini mungkin masih memiliki kendala dimana belum semua pengguna bisa menggunakannya.

Mungkin memang dari pihak Instagramnya belum memberikna fitur ini secara penuh, namun tidak ada salahnya kalian mencobanya. Jangan lupa update aplikasi kalian menjadi versi terbaru ya.

Cara Menggunakan Vanish Mode Instagram

Jika kamu baru pertama kali mengetahui mengenai fitur vanis mode Instagram ini dan penasaran ingin mencobanya, berikut ini adalah cara menggunakan fiturnya. Begini tutorial selengkapnya:

  • Pastikan aplikasi Instagram sudah versi paling terbaru (untuk yang belum memiliki aplikasi bisa menginstalnya terlebih dahulu di Play store atau App store).
  • Buka aplikasi Instagram, login ke dalam akun seperti biasa.
  • Setelah login masuk ke menu Direct Message.
  • Cari akun pengguna Instagram yang akan kalian kirimkan pesan.
  • Di kolom pesan, aktifkan Vanish Mode dengan cara menyapu atau swipe dari bagian bawah layar ke atas.
  • Nantinya akan muncul pesan pada hamparan layar Swipe up to turn on Vanish Mode.
  • Apabila berhasil, nantinya layar DM akan berubah menjadi hitam dan menandakan bahwa telah memasuki Vanish Mode.
  • Kirim pesan yang akan kalian kirim berupa teks, video, atau foto seperti biasa.
  • Kalian dapat mengatur sendiri berapa banyak pesan yang dapat dibuka oleh penerima (Apabila ingin cepat menghilang, maka pilih sekali saja pesan dapat dilihat lawan bicara).
  • Selesai, obrolan akan menghilang setiap kali kalian atau penerima pesan keluar dari percakapan DM.

Perlu diperhatikan sekali lagi, untuk bisa mencoba fitur vanish mode Instagram ini pastikan kedua penguna sama-sama mengaktifkan pengaturan fiturnya.

Dan satu lagi, apabila fiturnya telah aktif dan kalian mengambil tangkapan pada layar kalian, maka akan ada notifikasi ‘you took a screenshot’ pada aplikasi Instagram.

Akhir Kata

Mungkin sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai vanish mode Instagram, semoga informasi ini bermanfaat. Buat kamu yang sudah mencoba fitur ini dan berhasil, boleh berkomentar di bawah. Terima kasih.