Ukuran Postingan Instagram

ig

Mengunggah foto atau video dengan ukuran atau resolusi postingan yang pas di instagram tentu akan membuat kualitas tampilan foto atau video terlihat maksimal dan terlihat indah.

Apabila ukuran foto atau video terlalu besar atau kekecilan, instagram biasanya secara otomatis melakukan penyesuaian agar tampilan menjadi persegi seperti apa yang biasa kita lihat.

Oleh karena itu, sebelum mengedit lalu mengunggahnya ke instagram. Anda harus menyesuaikan ukuran foto atau video postingan di instagram secocok mungkin, sehingga postingan dapat terlihat eye catching.

Dengan demikian, jika foto atau video yang Anda telah buat menarik, serta ukurannya pas dan tidak ada yang terpotong atau menjadi blur sedikitpun, tentu saja postingan tersebut bisa menarik audiens yang lebih tinggi.

Dengan alasan-alasan di atas, peting bagi kita untuk menyesuaikan ukuran postingan foto di instagram sebelum mengunggahnya. Lantas, berapa ukuran foto dan video ig yang paling pas terbaru saat ini?

Ukuran Postingan Instagram

Seperti yang kita ketahui, tak hanya foto atau video, di instagram kita bisa juga memposting story.

Disini, kita akan ulas seluruh ukuran postingan di instagram, termasuk foto, video, dan story. Simak informasinya berikut ini.

1. Ukuran Foto Postingan Instagram

ukuran postingan instagram

Untuk ukuran foto persegi, disarankan agar resolusi atau ukuran foto adalah 1080 x 1080px dengan aspek rasio 1:1. Namun, Anda juga diizinkan untuk mengunggah foto hingga ukuran 2080 x 2080px. Ukuran ini bisa Anda gunakan untuk mengunggah foto untuk postingan layar penuh.

Sementara itu, untuk foto landscape, Anda bisa mengunggah foto dengan resolusi 1080 x 566px dengan aspek rasio 1.91:1. Anda bisa mengubah ukuran tinggi dari 566 hingga 608.

Terakhir adalah ukuran postingan instagram untuk foto dengan jenis portrait. Untuk portrait, Anda bisa mengatur ukuran foto dengan ukuran 1080 x 1350 dengan aspek rasio 4:5.

Gambar di atas adalah rekomendasi ukuran foto untuk postingan di atas. Silahkan disimpan karena mungkin sewaktu-waktu Anda mungkin akan membutuhkannya.

2. Ukuran Postingan Video Instagram

ukuran postingan instagram

Ukuran postingan video instagram tidak jauh berbeda dengan ukuran foto. Anda bisa menggunakan ukuran landscape, portrait, atau persegi seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Jika Anda ingin pengulangan, baik akan saya ulangi. Untuk ukuran persegi yang lazim pada video instagram adalah 1080 x 1080px dengan memiliki aspek rasio sebesar 1:1.

Sedangkan, untuk ukuran video landscape, Anda bisa mengunggah video dengan resolusi 1080 x 566 px dengan aspek rasio 1.91:1. Anda juga dapat mengubah ukuran tinggi dari 566 menjadi 608.

Dan untuk ukuran postingan video instagram terakhir untuk jenis portrait. Untuk portrait, Anda bisa mengatur ukuran video dengan ukuran 1080 x 1350 px dan aspek rasio 4:5.

3. Ukuran Postingan Instagram Story

Instagram story juga dapat menampilkan foto dan video. Untuk foto dan video resolusi yang disarankan adalah 1080 x 1920px dengan aspek rasio sebesar 4:5 atau 9:16 dengan orientasi portrait.

Sementara untuk rasio 1.91:1, resolusi foto atau video yang disarankan adalah berukuran 1080 x 608px. Nah, itulah ukuran foto dan video yang ideal untuk story ig.

4. Ukuran Foto Profil Instagram

Agar tampilan profil Anda terlihat ciamik, pas, dan tidak blur atau rusak. Saya sarankan agar Anda menggunakan ukuran foto profil yang pas digunakan di instagram.

Foto profil di instagram memiliki rasio 1:1. Untuk rekomendasi ukuran minimumnya sendiri adalah 110 x 110px. Sementara apabila foto profil ingin terlihat lebih tajam, Anda bisa menggunakan ukuran 180 x 180px.

5. Ukuran IGTV

Berbeda dengan unggahan video biasa yang durasinya dibatasi. IGTV atau instagram tv dapat digunakan untuk menggunggah video yang lebih panjang. Lantas apa ukuran yang pas untuk IGTV?

Jika Anda ingin menggunakan orientasi landscape, Anda bisa menggunakan aspek rasio minmal 5:4 hingga maksimal 16:9. Sementara untuk orientasi portrait, Anda bisa menggunakan aspek rasio minimal 4:5 dan 9:16 untuk rasio maksimalnya.

Untuk ukurannya agar tidak menjadi pecah. Disarankan untuk menggunakan 1920 x 1080px dengan rasio 16:9 untuk orientasi landscape, dan 1080 x 1920px dengan rasio 9:16 untuk orientasi portrait.

6. Ukuran Instagram Live

Seperti yang kita ketahui, instagram juga memiliki sebuah fitur live streaming. Dalam fitur ini, Anda bisa melakukan streaming di instagram sendiri atau bersama orang lain.

Nah untuk ukuran instagram live yang pas adalah dengan aspek rasio 9:16 karena dalam bentuk portrait. Sedangkan untuk resolusi atau ukurannya disarankan 1080 x 1920px.

Akhir Kata

Seperti yang telah sebelumnya saya katakan. Ukuran foto di instagram hanyalah bersifat teknis namun dapat berpengaruh besar untuk mempercantik tampilan dan meraup audiens.

Jika Anda tak ingin ribet mengatur ukuran foto atau video pada editor secara manual. Anda bisa menggunakan aplikasi edit online Canva. Disana, Anda sudah bisa secara instan mengunduh ukuran postingan instagram yang telah sesuai.

Sekian dulu informasi kali ini mengenai ukuran postingan instagram. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan komentar di bawah.