Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Ukuran Banner Youtube

2 min read

ukuran banner youtube

Informasi mengenai ukuran banner Youtube yang pas terbaru agar tidak terpotong banyak dicari sejumlah orang di pencarian belakangan ini. Tak heran, saat ini banyak sekali orang yang ingin mendadak menjadi Youtuber.

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, sekarang ini, menjadi seorang YouTuber adalah keinginan bagi sebagian besar orang.

Bagaimana tidak, saat ini banyak sekali orang karirnya sukses di dunia YouTube dan menjadi inspirasi banyak orang, bahkan ada beberapa anak kecil yang saat ditanyai cita-citanya ingin menjadi seorang YouTuber.

Pentingnya Banner Youtube Untuk Memulai Karir

Untuk Anda yang baru memulai YouTube dan ingin serius untuk menginjak karir di dunia YouTube, ada beberapa dasar yang harus Anda lakukan agar channel YouTube Anda berkembang, diantaranya yakni konten, seo, dan tampilan channel.

Konten sendiri adalah faktor utama berkembangnya sebuah channel, apabila konten yang disajikan buruk, maka Anda akan tidak akan mendapatkan viewer yang berkembang.

Konten harus di isi dengan konten yang menarik dan bermanfaat, dimaksimalkan dengan video editing yang baik, maka saya yakin channel akan berkembang dengan cepat.

Kedua adalah SEO, teknik SEO tidak hanya diterapkan dalam dunia blogger, seiring berkembangnya YouTube dan persaingan didalamnya, YouTube juga menerapkan sistem SEO.

Teknik SEO ini adalah teknik penggunaan kata kunci di dalam judul, deskripsi dan tag. Fungsi dari SEO ini agar video Anda mudah terdeteksi di pencarian YouTube maupun Google Search.

Yang terakhir adalah tampilan channel, apabila tampilan channel menarik, maka orang-orang tentu saja akan berasumsi bahwa Anda ini adalah seorang professional dalam dunia YouTube.

Sementara disisi lain, apabila saat Anda melihat tampilan YouTube Anda menarik, maka Anda akan termotivasi dan terus semangat dalam membuat konten.

Di profil channel YouTube, terdapat sebuah kolom yang disediakan untuk sampul atau banner channel.

Ini dapat membuat tampilan channel Anda tambah menarik dan lebih professional dan tentu saja sebagai identitas daripada channel itu sendiri.

Namun, ukurannya sendiri tidak sembarangan. Apabila Anda memasukan gambar yang tidak sesuai maka gambar tersebut bisa saja menjadi buram, terpotong dan lain sebagainya yang dapat membuat channel Anda tak tampak professional.

Lalu berapa ukuran sampul channel YouTube yang pas? berikut adalah informasinya:

Ukuran Sampul Channel YouTube Yang Pas

Untuk mendapatkan hasil terbaik di semua perangkat (aplikasi atau tampilan di ponsel), disarankan untuk mengupload gambar dengan ukuran 2560 x 1440 piksel.

Area minimum yang aman untuk teks dan logo adalah 1546 x 423 piksel. Gambar yang terlalu besar dapat terpotong pada tampilan atau perangkat tertentu.

Sementara untuk ukuran lebar maksimum yakni berukuran 2560 x 423 piksel. (sumber support.google.com/youtube/)

Menurut keterangan di atas, Anda dapat mengupload dengan minimal ukuran gambar 1546 x 423 piksel, namun ukuran tersebut adalah ukuran pas.

Sehingga Anda tidak dapat mengaturnya, seperti menggeser ke atas ke bawah untuk menentukan posisi gambar.

Sementara itu, Anda dapat mengupload gambar dengan ukuran 2560 x 1440 piksel sehingga Anda dapat mengatur penempatan gambar tersebut.

Namun setelah di simpan, maka hasilnya akan terpotong dan menjadi 2560 x 423 piksel saja.

Cara Mengatur Ukuran Banner Youtube di Paint

Jika Anda ingin menyesuaikan ukuran banner Youtube, Anda bisa mencoba mengatur ukuran banner dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yakni Paint di komputer atau laptop Anda.

Berikut adalah cara mengatur ukuran banner Youtube di Paint:

  1. Buka aplikasi Paint di komputer atau laptop Anda.
  2. Klik tombol Resize.
  3. Kemudian pilih Pixels.
  4. Masukan ukuran lebar pada kolom Horizontal.
  5. Kemudian masukan ukuran tinggi pada kolom Vertical.
  6. Klik tombol OK.
ukuran banner youtube

Akhir Kata

Nah pada editor seperti Paint, Photoshop atau Corel Draw, Anda dapat mengatur ukuran gambar sesuai keinginan Anda, termasuk ukuran banner YouTube yang pas seperti di atas.

Namun, apabila Anda tidak bisa menggunakan editor, terdapat banyak aplikasi Android atau website yang telah menyediakan opsi untuk membuat sampul YouTube, contohnya seperti canva.

Begitulah artikel mengenai ukuran banner Youtube terbaru, semoga dapat bermanfaat. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan komentar di bawah ini.

Artikel ini diperbarui pada 5 Agustus 2020.
Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *