Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Translate Aksara Jawa

2 min read

translate aksara jawa

Translate aksara Jawa kini dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu kita menguasai terlebih dahulu Bahasa Jawa. Hal ini merupakan salah satu efek atau dampak dari kemajuan teknologi yang berkembang saat ini.

Beragam aplikasi dengan inovasinya yang bermunculan memudahkan kita untuk melakukan sesuatu hanya dengan menggunakan akses internet. Mulai dari berbelanja online, bekerja, mencari penghasilan tambahan, atau hingga menerjemahkan sebuah bahasa.

Salah satu bahasa yang dapat diterjemahkan adalah aksara Jawa. Aksara Jawa adalah sebuah gaya tulisan jaman orang Jawa dulu. Mungkin saat ini masih sedikit orang yang mengenali atau bisa menggunakan aksara Jawa ini.

Namun kini dengan kemajuan teknologi, ada sejumlah aplikasi yang memudahkan kita untuk menulis aksara Jawa dengan sangat cepat tanpa perlu kita memahami aksara Jawa tersebut terlebih dahulu.

Dengan menggunakan aplikasi ini. Kita dapat menerjemahkan Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jawa dengan menggunakan gaya tulisan aksara Jawa dengan mudah dan cepat hanya menggunakan Android.

Cara Translate Aksara Jawa

Bagi kalian yang ingin membuat atau menerjemahkan bahasa ke aksara Jawa. Kalian bisa menggunakan beberapa metode untuk dapat melakukannya. Pertama melalui aplikasi hp Android atau secara online.

Lalu bagaimana cara translate aksara Jawa di Android atau PC dengan menggunakan aplikasi atau website secara online? simak tutorial selengkapnya berikut ini.

1. Cara Translate Aksara Jawa di Android

translate aksara jawa

Jika kalian menggunakan hp berbasis Android. Kalian bisa menggunakan aplikasi. Pertama kalian harus mengunduh aplikasi di atas terlebih dahulu. Selengkapnya adalah cara untuk translate aksara Jawa di hp Android:

  1. Pertama, unduh aplikasi Nulis Aksara Jawa di atas.
  2. Selanjutnya, jalankan aplikasinya.
  3. Ketik apa saja yang kamu mau pada kolom Ketik di sini.
  4. Setelah itu, tekan enter.
  5. Lalu lihatlah hasil terjemahannya.
translate aksara jawa

Setelah berhasil membuat kata atau kalimat yang kalian ingin ubah menjadi aksara Jawa. Selanjutnya, kalian hanya perlu menggulir layar aplikasi ke bawah. Kemudian klik ikon salin untuk menyalin aksara jawa yang telah kalian buat.

Kemudian setelah itu, kalian bisa menempel atau mempaste aksara Jawa tersebut kemana saja. Termasuk ke media sosial atau pada percakapan di sosial media dengan sangat mudah dan cepat.

Selain aplikasi ini. Kalian juga dapat menemukan atau menggunakan berbagai aplikasi serupa lainnya di Google Play Store yang juga dapat melakukan translate aksara Jawa seperti aplikasi di atas.

2. Cara Translate Aksara Jawa Secara Online

Apabila kalian malas untuk menginstall aplikasi karena dapat memenuhi penyimpanan perangkat. Kalian bisa mencoba alternatif situs atau website serupa untuk membuat tulisan atau aksara Jawa.

Begini caranya:

  1. Buka browser di hp atau PC kalian.
  2. Selanjutnya masuk ke alamat sastra.org/huruf-jawa.
  3. Ketik huruf apa saja yang ingin kalian buat.
  4. Selanjutnya, huruf akan berubah ke aksara Jawa.
  5. Salin hasilnya, lalu bagikan.
translate aksara jawa

Selain menyediakan opsi untuk mengubah huruf menjadi aksara Jawa. Halaman atau website ini juga menyediakan berbagai informasi mengenai Jawa. Darimulai sejarah, kisah, arsip, kepercayaan, hingga budaya.

Cara translate aksara Jawa melalui website secara online ini dapat kalian lakukan di berbagai perangkat. Baik itu PC komputer atau laptop, maupun hp Android atau iOS/iPhone dengan sangat mudah.

Akhir Kata

Namun karena saya sendiri bukanlah orang Jawa yang paham betul mengenai aksara Jawa. Saya tidak yakin betul apakah aksara Jawa yang dihasilkan melalui kedua metode di atas adalah benar serta akurat.

Akan tetapi yang saya yakini adalah kedua metode- baik itu aplikasi atau website yang digunakan di atas benar dapat memberikan translate aksara Jawa walaupun keakurasian hasilnya masih patut dipertanyakan.

Mungkin itu saja apa yang dapat saya sampaikan di artikel ini. Semoga tutorial di atas bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan terkait translate aksara Jawa ini. Silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *