Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tombol Download Palsu

3 min read

Tombol Download Palsu – Dunia maya, tak hanya dikenal sebagai sarana yang memudahkan komunikasi jarak jauh, tetapi juga dikenal sebagai tempat untuk mencari informasi, berbagi informasi, atau bahkan mencari rezeki.

Kebebasan akses internet, memudahkan pengguna untuk melakukan apapun untuk dilakukan. Sayangnya, kebebasan ini justru dimanfaatkan sebagian orang untuk mencari rezeki haram dengan melakukan tindakan kejahatan di internet atau yang sering disebut juga sebagai cybercrime.

Tindakan kriminal ini, dilakukan para peretas untuk mencari keuntungan. Biasanya, yang menjadi sasaran atau target dari tindakan kejahatan siber ini adalah orang awam yang tidak begitu paham dengan persoalan teknologi.

Kita tidak mungkin menjadi seorang korban jika tidak ada penyebabnya. Di internet sendiri, kamu bisa menjadi korban kejahatan siber tanpa kamu sadari. Perkembangan zaman, ikut membawa para kriminal berevolusi dengan menunjukan metode apik untuk memperdaya korbannya tanpa disadari.

Jika kamu sering mengunduh drama korea, aplikasi, software, gim, atau hal-hal lain di internet, kamu harus berhati-hati. Pasalnya, jika kamu salah menekan tombol download, akibatnya bisa fatal dan membuat perangkat yang kamu gunakan dalam bahaya. Tidak hanya perangkatnya saja, file-file penting yang tersimpan didalamnya dapat digunakan sebagai sandra oleh kriminal.

Salah menekan tombol download, artinya kamu mengizinkan peretas untuk mengobrak-abrik perangkat yang kamu gunakan. Selain itu, peretas juga bisa menyelipkan berbagai virus malware, atau bahkan ransomware.

Dampaknya, perangkat kamu akan terasa berjalan lebih lambat dari sebelumnya, data akan dicuri/hilang, atau lebih buruknya data akan “disandera” karena ransomware. Nah, jika perangkat kamu telah terkena ransomware, kamu harus membayar uang dengan nominal yang telah peretas tentukan untuk mengembalikan lagi data-data di perangkat kamu.

Tombol Download Palsu

Yep, metode kejahatan siber melalui tombol download palsu ini memang bukanlah hal yang baru lagi, namun meski demikian, korban masih saja berjatuhan.

Tombol download palsu ini, biasanya akan sering ditemukan pada situs-situs download. Baik itu situs download film, software, maupun gim.

Kenapa di situs download? tentu saja mereka dengan sengaja memasarkan software virusnya di situs download dengan berkamuflase menggunakan banner download, sehingga orang-orang akan menyangka bahwa tombol download yang muncul pada banner iklan adalah file yang mereka cari. Padahal nyatanya, file yang akan mereka download adalah file virus yang akan membahayakan perangkatnya.

Cara Membedakan Tombol Download Asli dan Palsu

Sebetulnya, akan sangat sulit untuk membedakan mana tombol download asli dan mana tombol download yang palsu jika hanya dilihat dari tampilannya saja. Karena setiap situs biasanya memiliki tombol download yang berbeda-beda.

Namun biasanya, tombol download palsu dapat dikenali dengan sangat mudah. Berikut adalah beberapa cara mudah mengenali tombol download palsu.

Posisi Iklan Berada Sebelum Paragraf Pertama

Sangat aneh apabila tombol download tiba-tiba muncul bahkan sebelum paragraf pertama. Padahal, biasanya tombol download justru berada di bagian tengah atau penutup paragraf. Namun, hal ini juga tidak menjamin jika tombol download yang muncul di tengah atau penutup paragraf adalah tombol download sebenarnya. Nah, untuk itu, simak ciri-ciri tombol palsu berikutnya.

Dialihkan ke Halaman Promo atau Error

Apabila setelah menekan tombol download kamu langsung dibawa ke laman yang mengatakan “selamat kamu mendapatkan hadiah” atau ke laman yang mengatakan bahwa PC kamu terkena virus, langsung tutup saja. Karena itu adalah penipuan.

Logikanya, mana mungkin kamu yang tidak melakukan apa-apa, tiba-tiba mendapatkan durian runtuh dengan mendapatkan hadiah. Disisi lain, mana mungkin juga browser bisa melakukan scan virus.

Unduhan Berformat .EXE

Jika kamu sedang mengunduh film, gim, atau software, kemudian tombol download mengalihkan kamu ke laman yang tiba-tiba menyuruh kamu untuk mengunduh file dengan format .exe, jangan langsung di uninstall! hapus saja, karena file tersebut bisa saja malware.

Kenapa?

Unduhan film biasanya memiliki format.mp4, mkv, atau format video lainnya dan bukan exe. Sedangkan unduhan gim, karena ukurannya yang cukup besar, filenya sering dikemas menggunakan format .zip atau .rar. Sementara untuk software, meski sebagian masih memiliki format .exe, namun saat ini, kebanyakan sudah menggunakan format .zip atau .rar.

Yang Akan Terjadi Jika Menekan Tombol Download Palsu

Seorang Youtuber bernama Enderman, mencoba melakukan eksperimen dengan mengunduh puluhan file yang ia dapatkan setelah ia menekan tombol download palsu di halaman unduhan.

Hasilnya dapat ditebak, kinerja CPU meningkat hingga 100%. Kinerja RAM dan disk juga ikut melonjak. Hali ini disebabkan karena berbagai jenis virus yang masuk terus berjalan di latar belakang perangkat miliknya, sehingga kinerja hardware pada perangkatnya terus meningkat.

Pada akhirnya, kinerja PC menjadi sangat lambat, dan beberapa fitur Windows tidak dapat berjalan. Selain itu, perangkat yang telah terinfeksi virus ransomware tidak dapat membuka file yang tersimpan di perangkatnya sebelum membayar tebusan kepada si peretas.

Jika kamu penasaran dengan video eksperimennya, kamu bisa langsung menonton videonya di bawah ini, atau melalui video url berikut ini.

Cara Mengantisipasi Tombol Download Palsu

Lantas bagaimana cara untuk menghindari tombol download palsu ini?

Periksa Sertifikat SSL

Inilah yang Akan Terjadi Jika Kamu Menekan Tombol Download Palsu

Pertama, jika kamu dialihkan ke sebuah situs setelah menekan tombol download, pastikan setus tersebut telah memiliki sertifikat SSL. Ciri-ciri situs yang memiliki sertifikat SSL, pada alamat situs tersebut memiliki awalan https (ingat diujungnya ada tambahan huruf s). Namun, dengan cara ini saja tak cukup untuk melindungi kamu dari jebakan batman.

Install Antivirus

Inilah yang Akan Terjadi Jika Kamu Menekan Tombol Download Palsu

Selanjutnya yaitu dengan menginstall antivirus. Antivirus seperti Norton, atau beberapa antivirus lainnya telah menyediakan fitur yang bisa mendeteksi keamanan sebuah situs. Jika sebuah situs terindikasi berbahaya, maka Norton akan memberikan peringatan untuk meninggalkan situs tersebut.

Seandainya kamu merasa terlambat dan merasa telah banyak virus yang merasuki perangkat PCmu. Kamu bisa menggunakan software Malwarebytes. Software ini dapat secara ampuh menghilangkan berbagai jenis malware hingga ke akarnya.

Baca Panduan Download dengan Benar

Inilah yang Akan Terjadi Jika Kamu Menekan Tombol Download Palsu

Sebuah situs download biasanya telah menyediakan menu atau laman panduan khusus tentang bagaimana cara mendownload sesuatu secara benar pada situsnya tanpa disesatkan oleh tombol download palsu.

Akhir Kata

Sebagai catatan, tidak semua iklan yang menampilkan tombol download akan membuat PC kamu terinfeksi dengan virus. Sebagian tombol tersebut, juga bisa hanya sebagai iklan untuk mengalihkan pengguna ke situs promosi.

Semoga artikel ini dapat membuat kita untuk selalu waspada dengan apapun yang kita lakukan di internet terutama ketika melakukan aktivitas download. Karena modus kejahatan di internet dapat dilakukan dengan berbagai jenis metode demi menjerat para korbannya.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Arti Sus

Rezaldy
1 min read

Pengertian DM

Rezaldy
2 min read

Keyboard Mengetik Sendiri

Rezaldy
2 min read

One Reply to “Tombol Download Palsu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *