Tips Membeli HP Secara Online di Marketplace

Tips Membeli HP Secara Online di Marketplace (Sumber Gambar: Pexels.com)
Tips Membeli HP Secara Online di Marketplace (Sumber Gambar: Pexels.com)

Tips Membeli HP Secara Online di Marketplace – Perkembangan teknologi komunikasi sangatlah terasa dengan adanya internet dan smartphone. Keduanya menjadi unsur yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern saat ini.

Buah dari adanya internet membuat banyak perusahaan berlomba-lomba memanfaatkannya. Salah satunya yaitu dengan e-commerce atau proses jual beli barang yang dilakukan secara online.

Jual beli online sangatlah efektif bagi seseorang yang ingin bertransaksi tanpa harus meninggalkan rumah. Apalagi di saat pandemi Covid-19 yang membatasi banyak aktivitas di luar rumah.

Untuk mempermudah transaksi dalam jaringan tersebut, saat ini hadir e-commerce berbentuk Marketplace. Didalamnya tersedia beragam produk mulai elektronik, rumah tangga, buku, dan lainnya.

Salah satu barang yang sering dicari oleh pengguna marketplaceyaitu Handphone (HP). Alat komunikasi tersebut tentunya sudah menjadi primadona karena beragam fitur canggih yang ditawarkannya.

Namun, perlu Anda ketahui jika membeli HP secara online tidaklah sembarangan. Seringkali ada seseorang yang merasa ditipu dan tidak sesuai dengan ekspetasi ketika membeli barang.

Nah, untuk menghindari penipuan ataupun ketidaksesuaian saat membeli HP secara daring. TeknoRizen akan memberikan tips membeli HP secara online di Marketplace, simak artikelnya berikut ini.

Tips Membeli HP Secara Online di Marketplace

Bagi Anda yang sedang mencari HP di Marketplace alangkah baiknya untuk berhati-hati. Setidaknya ada 7 tips yang dikutip dari ceklist.id yang bisa Anda coba ikuti.

1. Kenali HP yang Akan Dibeli

Hal pertama yang wajib diperhatikan yaitu HPseperti apakah yang akan dibeli. Sebelum membeli membeli, Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang HP tersebutdi internet.

Cari tahu mulai dari spesifikasi produk HP yang sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk media sosial, gaming, kamera, dan lain-lain. Jangan sampai menyesal jika HP yang sudah dibeli tidak sesuai dengan keinginan.

2. Gunakan Aplikasi Marketplace Resmi

Aplikasi Marketplace seringkali digunakan sebagai pihak ketiga dalam transaksi jual beli. Namun gunakanlah aplikasi resmi yang terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sudah banyak aplikasi Marketplace resmi yang bisa Anda gunakan untuk membeli HP. Misalnya, Anda dapat mencoba membeli ponsel melalui toko HP online terpercaya di Shopee.

3. Cek Harga dan Bandingkan

Setelah menentukan HP yang sesuai dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya yaitu mencari tahu harganya. Anda bisa melihat harga di situs resmi HP ataupun di Marketplace yang terpasang pada perangkat.

Bandingkan harganya dengan yang berada di pasaran, usahakan untuk menyesuaikan dengan kantong Anda tentunya. Jangan memaksakan harga yang mahal dan harus memangkas biaya hidup sehari-hari.

4. Pilih Lapak yang Terpercaya

Pada Marketplace tersedia banyak sekali lapak yang menawarkan beragam merk HP dengan spesifikasi berbeda-beda. Anda harus jeli melihat lapak yang benar-benar terpercaya dan recommended.

Caranya dengan melihat reputasinya melalui penilaian dan komentar / ulasan dari pelanggan yang sudah membeli HP dari lapak tersebut.

5. Tanya Ketersediaan HP

Jika sudah terpampang HP yang akan dibeli oleh Anda, jangan langsung checkout untuk melakukan pembayaran. Anda harus terlebih dahulu bertanya ketersediaannya, jika perlu tanyakan juga varian lainnya.

Hal itu akan membantu efektivitas waktu Anda dalam berbelanja, seringkali barang yang terpajang memiliki stok habis. Sehingga perlu menunggu dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

6. Membaca Deskripsi

Jangan sampai Anda tergiur dengan gambar tanpa tahu keterangan yang ada didalam HP. Budayakan untuk membaca deskripsi barang sebelum membelinya, untuk mengetahui cocok atau tidaknya dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Biasanya dalam deskripsi akan dijelaskan kondisi HP lengkap dengan spesifikasinya. Ataupun informasi lain yang terkait dengan HP tersebut, sehingga calon plenggan memahami isi produk.

7. Jangan Tergiur Harga Murah

Terkadang hal yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli adalah harga, namun berhati-hatilah bisa jadi itu merupakan jebakan. Banyak lapak yang tidak jujur dengan iming-iming harga rendah tetapi barang tidak berkualitas.

Lakukan pembelian di lapak yang terpercaya dan menjadi rekomendasi pembeli lainnya. Jangan mengambil harga yang drastis. Ambil harga rendah yang tidak jauh dari harga pasaran yang beredar di Marketplace.

Akhir Kata

Begitulah 7 Tips Membeli HP Secara Online di Marketplace yang dapat TeknoRizen bagikan untuk Anda. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang akan membeli handphone dengan aman di Marketplace.

Semoga artikel yang disampaikan bisa memenuhi informasi yang sedang Anda cari. Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungannya ke situs ini.