Sound of Text WhatsApp Buat Nada Dering WA

Sound of Text WhatsApp Buat Nada Dering WA
Sound of Text WhatsApp Buat Nada Dering WA

Sound of text WhatsApp saat ini sedang banyak diperbincangkan, banyak orang penasaran mengenai kecanggihan dan manfaat dari mengubah teks menjadi suara ini. Cek pembahasan lengkap mengenai text to speech WhatsApp dibawah ini.

WhatsApp saat ini merupakan aplikasi yang banyak dipakai di seluruh dunia baik remaja maupun dewasa hingga manula.

Mungkin kamu saat ini sedang bosan karena untuk menyimpan pesan penting hanya bisa menggunakan fitur tanda bintang saja dan membuat pesan berbintang kita menumpuk kemudian terlupakan.

Namun kini ada sebuah cara dimana teks penting kamu dapat diubah menjadi catatan suara yang bisa membuat kamu kagum. Selain itu juga masih terdapat manfaat lain dari mengubah teks ini menjadi suara.

Seperti apa saja kah manfaatnya tersebut? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini secara menyeluruh.

Apa itu Sound of Text WhatsApp

FYI bagi yang belum paham apa itu sound of text, bisa dikatakan hal ini sama saja atau mirip sekali dengan fitur google translate dalam membuat teks yang kita masukkan menjadi dibacakan oleh mba-mba google.

Begitu juga dengan yang satu ini hanya saja, kali ini pesan kamu di WhatsApp bisa dibacakan dan diubah menjadi suara. Suara tersebut nantinya bisa kamu simpan sebagai pengingat suatu pesan, atau malah bisa menjadi ringtone notifikasi Wa kamu.

Jika kamu menggunakan Tiktok, kamu bisa mengubah text pada konten kamu menjadi bersuara. Tetapi untuk WhatsApp ini kita membutuhkan bantuan aplikasi eksternal.

Saat ini, aplikasi text to speech sudah banyak tersebar secara gratis dimana-mana. Kamu bisa memilih yang mana menurut kamu enak untuk dipakai. Namun terdapat satu rekomendasi kami untuk aplikasi semacam ini pada pembahasan berikutnya dibawah ini.

Nama Aplikasi Sound of Text WhatsApp

Terdapat aplikasi seperti Botika WhatsApp untuk mengubah teks menjadi suara, akan tetapi disini saya akan membahas aplikasi yang direkomendasikan yaitu Freetts.

Freetts merupakan aplikasi yang menyediakan fasilitas untuk mengconvert sound of text dimana kata-kata yang kamu masukkan akan diubah menjadi suara.

Kamu bisa menggunakan aplikasi satu ini di komputer kamu maupun di Smartphone. Mengapa aplikasi ini saya rekomendasikan? Karena cara menggunakan Freetts ini bisa dibilang sangatlah mudah dan tidak ribet.

Untuk itu jika kamu tertarik, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya mengenai cara menggunakan Freetts tersebut.

Cara Mengubah Text Menjadi Suara WhatsApp

Banyak yang merekomendasikan sound of text WhatsApp menggunakan situs Freetts ini karena memang merupakan salah satu yang terbaik dari sekian aplikasi lainnya.

Selain itu banyak juga pilihan suara yang dapat kamu pilih sehingga tidak akan bosan dengan satu jenis gaya suara saja. Kalau begitu tanpa panjang lebar lagi berikut caranya.

  1. Pertama masuk kedalam situs resminya Freetts di browser favorit kamu.
  2. Setelah masuk kamu akan menemukan sebuah tombol Start Text to speech Free kemudian tekan tombol tersebut.
  3. Selanjutnya yaitu kamu pilih bahasa mana yang ingin digunakan seperti bahasa Indonesia atau Inggris.
  4. Lalu pilih Voice Style atau jenis gaya suara yang ingin kamu pakai, bisa menggunakan suara laki-laki ataupun perempuan.
  5. Masukkan tulisan yang ingin kamu ubah menjadi suara. Bisa kata-kata dari WhatsApp kamu atau juga dari teks apapun untuk dibuat seperti menjadi narasi.
  6. Jika sudah selesai maka klik Convert.
  7. Tunggu hingga selesai kemudian Play untuk melakukan pengecekan apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu atau belum.
  8. Terakhir, jika sudah pas maka kamu bisa mengunduhnya dengan menekan tombol titik tiga dan download.

Setelah itu audionya akan memiliki format mp3 dan bisa kamu simpan, bagikan, atau jadikan nada dering di WhatsApp kamu. Selain melalui situs FreeTTS Voice Names WhatsApp ini ada juga alternatif lain.

Kamu juga bisa mencoba menggunakan situs Botika WhatsApp atau Woide Text to Speech untuk membuat nada dering WhatsApp dengan nama sendiri atau kata-kata yang cukup unik.

Cara Memasang Nada Dering di WhatsApp

Salah satu keunggulan menggunakan Sound of Text WhatsApp ini adalah kamu bisa membuat notifikasi khusus untuk grup atau teman kamu di WA. Sehingga ketika nada dering nya berbunyi, kamu akan mengetahui pesan tersebut berasal dari siapa tanpa harus menyalakan Hp.

Berikut cara untuk mengganti nada dering di WhatsApp dengan audio sound of text WhatsApp yang telah kamu download.

  1. Masuk kedalam WhatsApp kamu.
  2. Pilih salah satu kontak kemudian klik titik tiga di atas kanan pada ruangan chat.
  3. Kemudian pilih Profil.
  4. Setelah itu klik Notifikasi khusus dan aktifkan dengan mencentang pada bagian paling atas.
  5. Setelah itu kamu klik nada dering pada notifikasi pesan atau telepon.
  6. Kemudian klik tambah nada dering atau ringtone dan cari audio yang telah di download tadi.
  7. Setelah itu pilih kemudian klik oke. Maka nada dering pun telah dipasang.

Untuk mengujinya kamu bisa mengatur nada dering di kontak keluarga atau teman, kemudian cobalah untuk mengirimkan pesan kepada kamu.

Akhir Kata

Sampai disini dulu pembahasan mengenai sound of text WhatsApp ini. Kamu bisa buat sebanyak mungkin nada dering text to speech ini untuk notifikasi kontak orang-orang terdekat kamu dan buatlah se-spesial mungkin.

Sekian pertemuan kita kali ini mengenai sound of text WhatsApp, semoga informasi tadi bermanfaat untuk kamu dan jika ada yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.