Sound Of Text Tiktok, Buat Suara di Tiktok dengan Teks

Sound Of Text Tiktok, Buat Suara di Tiktok dengan Teks
Sound Of Text Tiktok, Buat Suara di Tiktok dengan Teks

Apa kalian tahu Tiktok memiliki fitur baru berupa sound of text Tiktok? Jika belum maka simak artikel ini sampai habis dan ketahui cara pakainya juga hanya disini.

Tiktok merupakan sosial media yang paling banyak digunakan saat ini terutama di Indonesia. Penggunanya tidak kalah banyak dari Instagram dan Facebook serta Tiktok ini memiliki fokus hanya pada konten video saja.

Karena banyaknya pengguna maka kebutuhan akan kreativitas para kreator pun semakin meningkat. Bukan hanya efek dan lagu hype saja yang bisa dijadikan senjata kreativitas, tetapi kini terdapat fitur bagi kamu yang males ngomong atau malu.

Yap benar nama fitur ini yaitu Sound of text. Kami yakin kalian tidak akan asing dengan fitur satu ini. Apa saja yang akan kita bahas tentang Sound of Text Tiktok ini? Langsung saja kita lihat satu persatu.

Apa itu Sound of Text Tiktok?

Sound of Text ini sebenarnya merupakan sebuah fitur yang kita kenal dengan nama text to speech. Jika kamu belum tahu fitur ini dapat membuat text atau tulisan yang kita masukkan di video menjadi suara seperti sedang dibacakan.

Untuk lebih familiar lagi sound of text ini mirip dengan mbak-mbak google translate yang sangat populer. Seperti yang kita tahu fitur seperti ini menggunakan kecerdasan buatan yang telah diprogram untuk membacakan kata per kata.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin membuat suatu video tetapi sulit atau malu untuk berbicara, sehingga dengan sound of text ini kamu bisa membuat sebuah narasi sesuai dengan yang kamu tulis.

Fitur ini cocok untuk membuat video seperti tutorial, tips dan trik, motivasi, dan video jenis lainnya tergantung seberapa kreatif kamu menggunakan fitur ini.

Kalau begitu seperti apa cara mendapatkan dan cara menggunakan Sound of Text Tiktok ini? Simak tutorial lengkapnya dibawah ini terutama untuk kamu para kreator Tiktok.

Cara Menggunakan Text of Speech Tiktok

Caranya tidaklah rumit, kamu otak-atik saja fitur Tiktok pun pasti bisa menemukannya. Namun agar langsung to the point dan tidak usah pusing-pusing mencarinya maka ikutilah langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, pastikan aplikasi Tiktok kamu selalu update. Jika belum maka kamu bisa update aplikasinya disini.
  2. Jika sudah maka langsung saja kamu masuk ke dalam aplikasinya.
  3. Setelah itu buat konten dengan mengklik tombol menu plus (+) yang ada di bawah.
  4. Kemudian buatlah konten atau video sesuai dengan keinginan kamu. Atau bisa juga dengan memasukkan video yang sudah di edit namun ingat dalam video tersebut tidak boleh terdapat text nya.
  5. Setelah dibuat maka tahap selanjutnya yaitu editing, untuk memasukkan fitur ini maka tambahkan tulisan dengan menekan tombol text yang ada di bawah.
  6. Setelah tulisan dimasukkan sesuai keinginan kamu maka teks tersebut jangan lupa diedit dan diatur tampilannya, nantinya teks tersebut juga akan diubah atau dibacakan menjadi suara narasi.
  7. Selanjutnya kamu pijit teks yang telah dibuat tadi.
  8. kemudian klik text to speech untuk mengaktifkan fitur.
  9. Terakhir kamu lakukan editing lainnya sesuai keinginan seperti mengatur waktu, efek dan lainnya. Kemudian upload video tersebut.

Jika memasukan video yang sudah ditambahkan text sebelumnya maka fitur ini tidak dapat digunakan karena sound of text ini hanya bekerja untuk text yang ditambahkan manual di dalam aplikasi.

Atau tidak nanti akan terdapat double teks dalam video tersebut bersama sound of text nya dan akan menimbulkan kesan yang aneh.

Sound of Text Tiktok Tidak Muncul?

Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa fitur ini sudah tersedia di aplikasi Tiktok namun ada juga pengguna yang belum bisa mendapatkan update-an ini.

Hal ini dikarenakan sound of text Tiktok ini baru tersedia banyak di negara Amerika saja. Entah sebagai percobaan atau bukan tetapi fitur ini memang sangat berguna sekali karena kita tidak perlu repot-repot lagi menggunakan Google Translate untuk membuat suara robotik.

Atau, kalian juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Botika WhatsApp maupun FreeTTS Voice Names WhatsApp untuk membuat suara yang bisa menggantikan Sound of Text Tiktok ini.

Fitur ini mungkin tengah dikembangkan saat ini dan bagi yang belum bisa, harap bersabar dan tetap update aplikasi kalian hanya di PlayStore agar tidak ketinggalan mendapatkan fitur ini saat sudah rilis sepenuhnya.

Akhir Kata

Itulah dia ulasan seputar sound of text Tiktok yang merupakan fitur terbaru ini. Fitur ini pastinya akan menjadi senjata baru kamu kelak untuk bisa lebih kreatif lagi dalam membuat suatu konten.

Sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada pertanyaan silahkan tulis dan jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan Terimakasih.