E-Rekap Pilkada 2020 Bot

E-Rekap Pilkada 2020 Bot
E-Rekap Pilkada 2020 Bot

Belakangan muncul sebuah e-rekap pilkada 2020 bot di Telegram dengan akun @sirekappilkada2020bot. Apakah benar demikian? lantas bagaimana cara menggunakan botnya. Mari kita simak berikut ini.

Sirekap Pilkada 2020 Bot Telegram

Pengguna Telegram mungkin cukup penasaran apakah akun bot @sirekappilkada2020bot benar-benar bot resmi atau palsu seiring dekatnya pilkada 2020 yang akan dilaksanakan akhir tahun nanti.

Beberapa waktu yang lalu, KPU mengumumkan aplikasi sirekap apk yang salah satunya berfungsi untuk melakukan perhitungan suara. Saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap uji coba dan belum dirilis secara umum.

Lantas, apakah sirekap atau e-rekap pilkada 2020 bot ini adalah benar? Hal ini juga masih menjadi pertanyaan, karena hingga saat ini belum ada informasi resmi dari KPU jika mereka merilis bot di Telegram.

Review E-Rekap Pilkada 2020 Bot

Karena saya penasaran apakah bot ini benar atau tidak. Sayapun mencobanya. Saya lantas masuk ke aplikasi Telegram, kemudian mencari akun e-rekap pilkada 2020 bot dengan nama @sirekappilkada2020bot.

Saat dicoba dengan menekan tombol mulai pada bot. Tidak ada respon apapun dari bot tersebut. Tidak adanya respon ini membuat kita bertanya-tanya, apakah bot ini benar atau tidak.

Usut punya usut, menurut sejumlah pengguna Telegram lainnya. Bot ini bisa digunakan untuk aktivasi akun sirekap. Bingung bagaimana cara menggunakan botnya? Simak panduannya berikut ini.

Cara Registrasi Sirekap

Sebelum melakukan aktivasi, Anda harus melakukan prosedur registrasi atau pendaftaran KPPS terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara melakukan registrasi sirekap lewat bot Telegram ini?

Begini caranya:

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Masuk ke bot sirekappilkada2020bot.
  • Klik Mulai atau Start.
  • Ketik Register(spasi)KodeKelurahan(spasi) NomorTPS(spasi)NIK(spasi)NomorHP (spasi)NamaKPPS. Kemudian kirim.
  • Tunggulah balasannya.

Setelah berhasil melakukan registrasi, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan aktivasi. Oh iya, untuk kode kelurahan pilkada 2020, Anda bisa mengunduhnya pada link berikut ini.

Cara Aktivasi Sirekap via Telegram

Untuk aktivasi akun melalui bot @sirekappilkada2020bot. Caranya cukup mudah. Berikut ini adalah cara atau panduan menggunakan bot sirekap Telegram dengan mudah dan cepat:

  1. Jalankan aplikasi Telegram.
  2. Pada kolom pencarian, cari @sirekappilkada2020bot.
  3. Ketik Activation(spasi)NIK(spasi)Nomor HP, lalu kirim.
  4. Tunggulah hingga ada balasan dari bot, kemudian klik link aktivasinya.
  5. Anda akan langsung diarahkan ke halaman aktivasi sirekap, langsung saja klik Aktivasi.
  6. Setelah itu, masukan password, lalu klik Register.
  7. Selanjutnya, tekan tombol Setup Kode Akses.
  8. Pada kolom kode akses masukan abc123.
E-Rekap Pilkada 2020 Bot sirekap

Untuk pengisian password, masukan password sesuai dengan nama desa dan tps masing-masing. Contohnya desa Sidomakmur TPS 2, maka password ditulis sidomakmur2, pastikan huruf ditulis kecil tanpa capslock.

Cara Login Sirekap

Setelah berhasil melakukan aktivasi akun sirekap. Selanjutnya Anda bisa langsung login aplikasi dengan sangat mudah. Bagaimana caranya? Yuk simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Pertama-tama download aplikasi sirekap apk.
  2. Kemudian jalankan aplikasinya.
  3. Masukan kode akses.
  4. Lalu login dengan data-data yang telah didaftarkan sebelumnya.
  5. Selesai.
E-Rekap Pilkada 2020 Bot sirekap

Sesudah berhasil login ke aplikasi sirekap, pastikan jika akun sirekap telah sesuai dengan TPS Anda. Apabila ada ketidaksesuaian dengan akun sirekap. Anda bisa menghubungi admin.

Akhir Kata

E-rekap pilkada 2020 bot atau sirekap saat ini masih dalam tahap simulasi. Jadi, kedepannya mungkin bisa saja ada sedikit perbedaan dari tampilan atau tata caranya. Pastikan Anda pantau terus artikel ini untuk updatenya.

Nah mungkin itu saja apa yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga tutorial di atas tadi bisa bermanfaat. Apabila punya pertanyaan, silahkan untuk komentar di bawah ini.