Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Sinyal Hilang

3 min read

sinyal hp hilang

Belum lama ini, banyak kejadian sinyal di hp tiba-tiba hilang. Hampir seluruh pengguna kartu provider yang berbeda seperti smartfren, tri, indosat, telkomsel, atau xl dan axis juga mengalaminya.

Hilangnya sinyal ini menghambat kita untuk beraktivitas menggunakan media komunikasi hp. Tak ada sinyal membuat kita tak bisa mengirim pesan atau panggilan kepada seseorang.

Tidak sampai disitu, bagi pengguna kuota data internet, hilangnya sinyal adalah mimpi buruk. Tanpa adanya sinyal, pengguna juga tidak dapat mengakses internet.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sinyal di hp tiba-tiba hilang dan tak muncul kembali. Faktor-faktor tersebut bisa saja karena faktor internal atau juga faktor eksternal.

Penyebab Sinyal HP Hilang

Menurut pendapat saya, ada beberapa hal yang menyebabkan sinyal hp hilang. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Ponsel yang digunakan ilegal atau black market (BM).
  • Maintenance sistem atau ada masalah teknis dari provider.
  • Terdapat kerusakan kartu provider atau komponen hardware ponsel.
  • Area tidak terjangkau dengan baik oleh sinyal selular.

Lantas adakah cara untuk dapat mengembalikan sinyal hp yang hilang? simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika ponsel Anda kehilangan sinyal dari provider seluler. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Cek IMEI

Langkah yang pertama yakni dengan memeriksa IMEI hp Anda apakah terdaftar atau tidak. Alasannya, karena saat ini sudah ada regulasi baru dari pemerintahan.

Regulasi tersebut berbunyi akan memblokir akses provider yang digunakan pada ponsel ilegal atau black market. Sehingga pengguna ponsel BM tak bisa mengakses pesan, panggilan atau bahkan internet dengan data.

Untuk memeriksa IMEI hp Anda apakah terdaftar atau tidak. Anda bisa masuk pada halaman cek IMEI kemenperin. Kemudian masukan nomor IMEI, lalu klik tombol cek.

2. Restart HP

Cara klasik yang biasanya harus dilakukan apabila terjadi masalah terhadap sebuah perangkat elektronik seperti hp adalah dengan merestart atau reboot hp.

Saya sendiri tidak memahami alasan yang pasti mengapa terkadang mereset hp juga bisa menyelesaikan berbagai masalah, termasuk masalah hilang sinyal di hp ini.

Namun yang pasti, dengan mereset hp, artinya sistem dimuat ulang kembali atau menyegarkan kembali hp. Sehingga masalah-masalah yang ada sebelumnya, bisa dapat teratasi.

3. Ganti Kartu

Cara selanjutnya adalah dengan mengganti kartu provider. Pasalnya, bisa saja kartu Anda di blokir karena hal yang tidak Anda sadari sehingga ponsel tiba-tiba kehilangan sinyal.

Contohnya jika Anda tanpa sadar membiarkan kartu Anda melewati masa tenggang yang lama kelamaan, membuat seluruh akses di kartu Anda tidak bisa digunakan, termasuk kehilangan sinyal.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti kartu provider yang Anda gunakan dengan kartu baru. Apabila masih tidak bekerja, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

4. Cek Pengaturan HP

Sinyal hp hilang juga dapat diakibatkan oleh pengaturan sinyal. Jika Anda mengatur sinyal tertentu pada zona atau area yang tidak tercover oleh jaringan. Maka sinyal bisa lemah atau bahkan hilang.

Biasanya sinyal yang hilang karena pengaturan hp yang telah di atur sebagai LTE Only atau 4G Only. Bilamana Anda sedang tidak berada di area 4G, maka sinyal akan lemah atau tidak ada.

Sebab itu, untuk mengatasinya, dalam hal ini Anda hanya perlu mengubah LTE Only atau 4G Only menjadi pengaturan semula atau sebelumnya.

5. Pindah Lokasi

Masih ada hubungannya dengan metode ketiga. Pastikan Anda berada di lokasi yang strategis yang dijangkau oleh sinyal atau jaringan provider. Jika tidak, Anda bisa saja tak akan mendapatkan sinyal.

Jika tadi 4G. Dalam hal ini, siapa saja bisa saja tidak akan mendapatkan sinyal jika lokasi yang sedang digunakan tidak terjangkau oleh jaringan provider.

Biasanya sinyal tidak akan terjangkau pada ruangan yang cukup tertutup, pedalaman, hutan, atau tempat-tempat yang jauh dari perkotaan.

6. Aktifkan Sinyal Radio

Menurut sebagian sumber, ponsel atau hp yang tidak dapat memancarkan sinyal radio dengan baik akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal, bahkan mengalami hilang sinyal.

Oleh karena itu, disini, Anda disarankan untuk mengaktifkan sinyal radio melalui kode atau dial. Namun dengan catatan, tidak seluruh ponsel dapat menggunakan cara ini.

Caranya, pertama buka papan panggilan di hp Anda, kemudian masukan dial *#*#4636#*#*, lalu klik tombol panggil/call. Pilih Run Ping Test, lalu ketuk tombol Turn Off Radio.

7. Factory Reset

Cara mengatasi sinyal hp hilang selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset atau reset pabrik. Setiap ponsel, memiliki menu yang berbeda-beda untuk melakukan reset pabrik.

Dengan melakukan reset pabrik, artinya ponsel Anda akan dimuat ulang seperti keluaran baru pabrik. Pengaturan-pengaturan dan data yang telah disimpan di penyimpanan internal juga akan hilang.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan reset pabrik, pastikan Anda terlebih dahulu memindahkan data-data penting yang tersimpan di hp Anda ke perangkat lain.

8. Ubah Perangkat

Untuk memastikan apabila masalah terjadi bukan karena diakibatkan oleh kartu sim yang rusak. Pastikan Anda menggonta-ganti perangkat dengan menggunakan kartu sim yang sama.

Pada ponsel A yang Anda gunakan sim tidak bekerja, namun pada ponsel B kartu sim bekerja. Bisa dipastikan apabila kerusakan diakibatkan bukan karena kartu. Melainkan karena masalah pada hardware.

Namun, jika kartu sim pada kedua perangkat tersebut sama-sama memiliki sinyal yang hilang. Dapat dipastikan bahwa masalah terjadi akibat kartu tersebut. Untuk mengatasinya, Anda bisa langsung pergi ke gerai provider.

9. Flash Ulang

Flash ulang hampir sama dengan melakukan factory reset. Namun semuanya dilakukan secara manual dari A-Z. Disini biasanya kita harus menggunakan aplikasi atau bantuan PC untuk melakukannya.

Dibutuhkan pula program atau software-software seperti firmware atau alat untuk melakukan flash ulang.

Karena fungsinya tak jauh berbeda dengan melakukan factory reset. Artinya seluruh data yang ada di penyimpanan internal Anda juga akan hilang.

10. Periksa Hardware

Apabila sinyal di hp Anda terkadang ada atau tiba-tiba menghilang, cobalah untuk memeriksa komponen hardware di ponsel Anda terutama pada bagian slot kartu.

Biasanya, masalah sinyal timbul-hilang ini hanya terjadi akibat kerusakan pada komponen hp dan bukan karena kerusakan software.

Jika Anda menemukan kerusakan pada komponen-komponen di hp yang diduga menjadi biang kerok masalah, Anda bisa lanjut ke cara yang terakhir.

11. Servis HP

Metode-metode di atas tidak bekerja? cara yang terakhir yang dapat Anda lakukan ialah dengan berkonsultasi kepada teknisi hp untuk memperbaiknya.

Tentu saja cara ini tidak akan memakan harga yang murah, namun tak ada salahnya untuk melakukannya demi mengetahui kondisi kesehatan ponsel Anda.

Akhir Kata

Nah cukup mudah bukan? semoga panduan ini bisa menjawab sinyal hp hilang pada pengguna operator tri, xl, axis, telkomsel, indosat, dan smartfren yang mengalami hal serupa.

Kesimpulannya, sinyal hp atau operator yang hilang tak hanya dapat terjadi karena diakibatkan oleh faktor eksternal saja. Melainkan juga bisa dari dalam.

Demikianlah panduan mengenai cara mengatasi sinyal hp atau operator hilang ini. Semoga bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait tutorial ini, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *