Signal vs Whatsapp vs Telegram, Mana yang Lebih Baik?

Signal vs Whatsapp vs Telegram
Signal vs Whatsapp vs Telegram

Baru-baru ini pengguna internet ramai memperbincangkan aplikasi Signal. Lantas apakah lebih baik ketimbang Whatsapp? Berikut ulasan mengenai aplikasi Signal vs WhatsApp vs Telegram. 

Pengguna sosial media dihebohkan dengan kebijakan baru yang dibuat oleh WhatsApp. Seperti yang kita tahu aplikasi yang akrab disebut WA ini telah menambahkan kebijakan barunya baru-baru ini. 

Ya, pengguna WhatsApp diwajibkan untuk menyetujui dimana integrasi antara WhatsApp dan Facebook. Ini artinya seluruh aktivitas termasuk chatting, log telepon, file, lokasi dan lainnya akan diketahui Facebook. 

Hal ini menjadi heboh dikarenakan beberapa kali Facebook terjegal masalah privasi pengguna. Akhirnya banyak pengguna Whatsapp kali ini yang khawatir akan privasi mereka. 

Nah baru-baru ini banyak orang di media sosial membicarakan aplikasi perpesanan lain yang digadang-gadang dapat menggantikan aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini bernama Signal.

Lantas seperti apa aplikasi Signal tersebut? 

Tentang Aplikasi Signal

Signal Foundation sebagai pengembang dari aplikasi Signal merupakan lembaga non profit yang dibuat oleh pengembang WhatsApp, Brian Acton pada tahun 2018. Dia membuat Signal setelah hengkang dari  Facebook inc. saat itu. 

Signal sendiri merupakan aplikasi pengolah pesan yang mirip dengan WhatsApp. Dalam aplikasi ini juga pengguna dimungkinkan untuk saling mengirim pesan teks, pesan suara, telepon maupun video call. 

Aplikasi Signal ini semakin populer di jagat maya salah satunya juga dipromosikan oleh Elon Musk. Pemilik Tesla tersebut diketahui membuat sebuah twit yang mengajak pengguna untuk berpindah dari Whatsapp ke Signal.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Signal sendiri banyak yang sama dengan WhatsApp. Namun memang masih terdapat bug di dalamnya dan kini masih dalam pengembangan.

Aplikasi Signal Buatan Mana?

Saat ini, masih belum jelas aplikasi signal buatan mana. Namun beberapa indikasi seperti orang yang berinvestasi, dan nama perusahaan yang terlibat dalam aplikasi ini merujuk pada negara paman Sam, Amerika Serikat.

Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan aplikasi ini di ponsel kamu. Kamu dapat mengunduh aplikasi Signal di perangkat Android melalui Google Play Store atau di iOS melalui App Store.

Agar lebih afdol, akan lebih baik jika kita bandingkan langsung dengan WhatsApp. Apakah Signal ini pantas untuk menggantikan WhatsApp? mari kita ulas antara aplikasi Signal vs WhatsApp. 

Signal vs Whatsapp vs Telegram

Dari segi fitur, aplikasi Signal memiliki kelengkapan yang cukup dalam menopang kegiatan chatting. Sama seperti WhatsApp dan Telegram, Signal juga mendukung fitur pengiriman chat, termasuk pesan teks dan suara.

Untuk fitur panggilan, aplikasi Signal juga cukup lengkap. Pengguna bisa melakukan telepon suara maupun video call. Namun setelah admin mencobanya untuk fitur panggilan ini, terasa sedikit delay jika dibandingkan dengan kecepatan panggilan di WhatsApp. 

Fitur lainnya yang tersedia di Whatsapp seperti update status, nampaknya belum tersedia di Signal. Selain itu fitur pelengkap seperti sticker juga belum maksimal seperti pada Telegram atau WhatsApp.

Namun dari segi tampilan user interface (UI) dari Signal sendiri sudah cukup baik. Tampilan mirip dengan WhatsApp namun dengan nuansa warna yang sedikit berbeda.

Selain itu dalam aplikasi Signal juga terdapat fitur pin yang bisa kita atur sesuka hati. Nampaknya fitur ini dapat digunakan oleh pengguna untuk bisa mutualan meski tidak saling menyimpan nomor. 

Salah satu fitur unggulan pada aplikasi Signal lainnya yang membuat banyak orang tertarik menggunakan aplikasi ini adalah fitur ensksripsi pesan yang juga sudah ada pada WhatsApp dan Telegram.

Akhir Kata

Kesimpulannya aplikasi Signal ini secara fitur dapat memenuhi kebutuhan chatting pengguna. Namun memang masih terdapat beberapa kekurangan apabila dibandingkan dengan WhatsApp atau Telegram. Mungkin ini menjadi PR tersendiri bagi pengembang apabila ingin menjadi pilihan utama pengguna. 

Ditengah kehebohan WhatsApp yang mengubah kebijakannya, tentu privasi memanglah sangat penting. Mungkin untuk kalian yang memang sangat khawatir dengan privasi, bisa mencoba aplikasi Signal ini. 

Namun meskipun demikian, admin merasa selama ini Facebook juga tidak terlalu buruk kok dalam menjaga privasi pengguna. Kalau memang Facebook seburuk itu, bagaimana mungkin masih bisa bertahan sampai sekarang? 

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai aplikasi Signal vs WhatsApp vs Telegram. Semoga informasi mengenai aplikasi Signal tadi dapat bermanfaat, terima kasih.