No Referensi BCA

no referensi bca

Saat ingin melakukan transfer bank pertama kali, mungkin Anda akan sedikit kebingungan apabila diminta untuk mengisi kolom no referensi / ref dengan no referensi bank BCA.

Kode referensi ini sering disamakan dengan kode bank. Bank BCA sendiri memiliki kode bank 014, yang mungkin bila Anda masukan pada kolom kode referensi saat transfer bank tidak bisa dilakukan.

Untuk bank BRI sendiri, jika Anda ingin melakukan transfer antar bank, Anda akan diminta untuk memasukan No. Referensi Nasabah. Nah, lalu bagaimana cara mengisi kolom tersebut?

Apa itu Nomor Referensi?

Sebelumnya, perlu Anda ketahui terlebih dahulu mengenai nomor referensi nasabah dan bank. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat berbeda satu sama lainnya.

Nomor referensi nasabah adalah nomor unik yang harus dibuat sebagai tanda transaksi. Pembuatan nomor ini tidak ada aturannya dan bisa dibuat dengan bebas dari pengirim, fasilitas ini hanya terdapat di bank BRI.

Sementara untuk nomor referensi antar bank, biasanya berisi tiga digit angka. Setiap bank memiliki kode yang berbeda-beda. Jika kode bank salah dimasukan, maka tidak akan berjalan lancar atau bahkan sampai ke tujuan yang salah.

Lantas, bagaimana cara mengisi no referensi BCA saat transfer dari bank BRI?

Cara Mengisi No Referensi BCA dari BRI

Jika Anda ingin melakukan transfer dari bank BRI ke BCA. Anda akan diminta untuk mengisi no referensi BCA nasabah. Lantas, bagaimana Anda mengisinya?

Sesuai dengan definisinya di atas, pada kolom ini Anda bebas mengisi kolom ini dengan angka apapun. Namun, isilah dengan angka yang sesuai dengan perintah pembayaran atau kode unik yang diperintahkan.

Apabila transfer dilakukan untuk keperluan pembayaran UKT, biasanya kita diperintahkan oleh pihak fakultas untuk mengisi nomor referensi tersebut dengan nomor NIM.

Atau saat tengah melakukan transaksi online, terkadang kita diperintahkan untuk mengisi kode tersebut dengan angka tertentu, misalnya 123. Masukanlah kode sesuai perintah.

Jika tidak diperintah untuk menambahkan kode unik pada kolom nomor referensi nasabah ketika tengah transfer menggunakan BRI, kalian bebas mengisinya dengan angka apapun.

Setelah mengisi dengan angka tersebut, Anda bisa langsung melakukan transaksi atau transfer bank dengan menekan tombol kirim pada internet banking atau mesin ATM yang sedang Anda gunakan.

Akhir Kata

Kesimpulannya, jika kalian ingin melakukan transfer, perhatikanlah deskripsi transfernya. Pastikan Anda telah mengisi no referensi BCA ini dengan benar sesuai dengan deskripsinya.

Apabila tidak mengisinya dengan benar, maka proses pembayaran biasanya akan terhambat, atau bahkan, biasanya Anda harus melakukan konfirmasi secara manual.

Demikianlah cara mengisi no referensi bank BCA saat transfer antar bank menggunakan bank BRI, semoga dapat bermanfaat. Apabila Anda masih punya pertanyaan, silahkan komentar.