Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Layar Laptop Terbalik

2 min read

layar laptop terbalik

Pernahkah mengalami layar laptop Anda yang tiba-tiba menjadi terbalik? jika pernah, mungkin hal ini terjadi karena ketidaksengajaan Anda ketika mengoperasikan laptop.

Dalam perangkat komputer atau laptop, terdapat beragam fitur yang sebetulnya kita sadari tidak akan pernah digunakan. Salah satu fitur tersebut merupakan fitur rotasi layar.

Fitur ini bisa memutar layar laptop dari tampilan normal menjadi tamlilan berbagai arah. Salah satunya adalah menjadikan layar laptop terlihat seperti terbalik.

Seperti yang telah saya sebutkan di awal. Kejadian seperti ini, biasanya terjadi tanpa pengguna sadari. Biasanya, pengguna tidak sengaja menekan fitur atau tombol yang ada di keyboard laptop.

Hasilnya, tiba-tiba saja layar laptop bisa menjadi terbalik. Selain itu, hal ini bisa diakibatkan oleh perangkat yang memiliki fitur rotasi otomatis. Lantas bagaimana cara mengatasi atau mengembalikan layar laptop yang terbalik?

Cara Mengatasi Layar Laptop Terbalik

Ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengembalikan layar laptop yang tanpa disadari menjadi terbalik. Berikut adalah panduan selengkapnya.

1. Atur Rotasi pada Display Settings

Cara yang paling umum digunakan untuk mengatasi masalah layar seperti ini yaitu dengan mengatur posisi atau rotasi layar pada menu display. Menu ini sendiri dirancang untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan tampilan layar, termasuk posisi atau rotasi layar.

Untuk masuk ke dalam menu ini. Anda bisa melakukannya melalui beberapa langkah. Pertama yakni dengan memasukan kata kunci “Display settings” pada kolom pencarian start di windows.

Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan klik kanan pada mouse di tampilan wallpaper. Kemudian pilih menu Display settings.

Supaya tampilan layar menjadi kembali normal seperti biasanya. Pada bagian Display orientation, ubah opsi menjadi Landscape tanpa embel-embel flipped.

layar laptop terbalik
  • Landscape: berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi atau keadaan normal.
  • Portrait: berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi miring ke arah kiri.
  • Landscape (flipped): berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi atau keadaan terbalik.
  • Portrait (flipped): berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi miring ke arah kanan.

2. Mengembalikan Layar Melalui Graphic Options

Langkah selanjutnya, yaitu menggunakan graphic options. Setiap VGA, biasanya memiliki metode berbeda. Disini, jika Anda menggunakan intel, Anda dapat menemukan fitur tersebut dengan menekan klik kanan pada mouse di laman awal, dan akan menemukan Graphics Options.

Disana, Anda bisa memilih opsi Rotation > kemudian pilih Rotate to 0 Degrees. Untuk keterangan tambahan, Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

  • Rotate to 0 Degrees: berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi atau keadaan normal.
  • Rotate to 90 Degrees: berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi miring ke arah kiri.
  • Rotate to 180 Degrees: berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi atau keadaan terbalik.
  • Rotate to 270 Degrees: berfungsi untuk mengubah layar laptop dalam posisi miring ke arah kanan.

Jika Anda menggunakan NVIDIA, Anda juga dapat melakukan hal yang sama. Yakni dengan menekan klik kanan pada mouse di laman awal. Disana Anda bisa memilih opsi NVIDIA Control Panel.

Selanjutnya, pilih opsi Display > Rotate display > kemudian ubah menjadi Landscape. Sama seperti cara sebelumnya.

layar laptop terbalik

3. Menekan Tombol Shortcut

Pada sebagian laptop, Anda bisa mengembalikan layar terbalik hanya dengan menekan tombol shortcut pada keyboard. Pada metode ini, Anda hanya perlu menekan tombol CTRL + ALT + arah (atas/bawah/kiri/kanan).

  • CTRL + ALT + Atas [▲]: berfungsi untuk membuat layar laptop menjadi normal.
  • CTRL + ALT + Bawah [▼]: berfungsi untuk membuat layar laptop menjadi terbalik.
  • CTRL + ALT + Kanan [►]: berfungsi untuk membuat layar laptop menjadi miring arah kanan.
  • CTRL + ALT + Kiri [◄]: berfungsi untuk membuat layar laptop menjadi miring arah kiri.
layar laptop terbalik

Cara Mengunci Rotasi Layar

Agar kejadian serupa tak terulang kembali. Anda juga bisa mengunci layar laptop agar tidak berubah atau terbalik. Lalu bagaimana cara mengunci rotasi layar laptop?

1. Mengunci Rotasi Melalui Display Settings

Untuk mengunci rotasi layar laptop agar tidak ngaco. Buka Display settings dengan klik kanan di bagian awal desktop atau memasukan kata kunci tersebut pada kolom pencarian windows.

Selanjutnya, gulir layar ke bawah hingga menemukan pengaturan Rotation lock. Lalu Aktifkanlah fitur tersebut. Sekarang Anda tidak akan mengalami lagi layar laptop yang terbalik.

2. Melalui Taskbar

Pada Windows 10 sendiri, Anda bisa menekan opsi pemberitahuan atau pesan yang berada pada sebelah pojok kanan bawah layar. Disana Anda hanya perlu menekan opsi tersebut.

Kemudian pilihlah opsi Rotation lock. Setelah menekan opsi tersebut, saya jamin, kedepannya layar laptop Anda tak akan lagi ngaco dengan sendirinya tanpa Anda sadari.

Akhir Kata

Cukup mudah bukan? cara ini dapat Anda gunakan pada laptop yang memiliki OS Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10 sekalipun.

Demikianlah bagaimana cara untuk mengembalikan tampilan layar yang terbalik. Semoga dapat bermanfaat dan membantu. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait dengan hal ini. Silahkan komentar.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

One Reply to “Layar Laptop Terbalik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *