Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Layar Laptop Berkedip

4 min read

layar laptop berkedip

Pernahkah kamu mengalami layar laptop yang tiba-tiba saja selalu berkedip, kedap kedip, dan bergaris tanpa alasan yang jelas, sehingga kamu menyangka bahwa laptop kamu sedang dioperasikan oleh hantu?

Kamu mungkin bukan salah satu korbannya. Mengapa? karena masalah seperti ini terjadi akibat adanya masalah teknis pada laptop, sehingga membuat layar laptop bergaris dan berkedip.

Dengan layar yang berkedip dan bergaris, tentu saja akan menggangu aktivitas kita ketika tengah menggunakan laptop. Jika dibiarkan secara terus menerus, tentu hal ini tidak akan baik untuk kesehatan mata kita.

Sebelum masuk ke cara mengatasi layar laptop berkedip dan bergaris, kita harus mengetahui apa yang menyebabkan masalah ini terjadi. Lantas apa penyebabnya? simak ulasannya berikut.

Penyebab Layar Laptop Berkedip

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan layar laptop menjadi berkedip, kedap-kedip, maupun bergaris. Berikut adalah sejumlah penyebab yang menyebabkan layar laptop berkedip:

1. Resolusi Layar Terlalu Tinggi

Setiap laptop memiliki kapasitas resolusinya masing-masing, resolusi pada laptop biasanya telah di atur sedemikian rupa agar pas dengan layar pada laptop sehingga tidak terjadi kerusakan.

Jika resolusi pada layar laptop berlebihan atau terlalu tinggi, maka layar laptop akan kedap kedip atau bergaris. Nah, ada baiknya, kalian menyesuaikan layar laptop dengan kapasitasnya yaa.

2. Refresh Rate Terlalu Tinggi / Rendah

Masalah layar laptop berkedip selanjutnya bisa diakibatkan karena refresh rate yang terlalu tinggi atau rendah. Refresh rate sendiri adalah fitur mengatur jumlah frame yang ditampilkan dalam satu detik.

Refresh rate yang kurang cocok pada laptop baik itu terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan layar berkedip atau bergaris. Oleh karena itu, kalian harus menyesuaikan refresh ratenya agar tidak terlalu tinggi atau rendah.

3. Processor Panas

Masalah eksternal yang bisa mengakibatkan layar laptop berkedip atau bergaris selanjutnya adalah karena processor atau CPU yang panas akibat pemakaian yang cukup lama.

Selain itu, kerusakan pada fan juga bisa menyebabkan panas daripada CPU tidak dapat dikontrol sehingga layar menjadi kedap kedip atau bergaris. Karena itu, pastikan fan di laptop kamu selalu berjalan dengan baik dan atur pemakaian laptop agar CPU tidak terlalu panas.

4. Driver VGA Belum di Update

Adanya pembaruan software seperti driver biasanya karena untuk menyesuaikan, memperbarui, atau memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya. Biasanya, masalah kedap kedip pada layar akan terjadi jika kamu baru saja upgrade dari Windows lama ke Windows terbaru.

Tanpa adanya pembaruan VGA maka layar akan menjadi rusak. Untuk itu, pastikan agar kamu selalu memperbarui atau mengupdate driver VGA kamu agar bisa menyesuaikan dengan Windows terbaru.

5. Masalah pada VGA

Tidak hanya karena driver yang belum diperbarui, masalah kedap kedip atau layar bergaris juga dapat diakibatkan karena masalah yang terdapat pada hardware VGA.

Dengan adanya kerusakan pada VGA, maka akan berpengaruh pula pada tampilan di layar. Untuk laptop sendiri, cukup sulit untuk mengecek apakah VGA rusak atau tidak. Karena VGA di laptop sendiri bersifat built-in atau sudah terpasang di motherboard.

6. Adanya Kerusakan LCD

Adanya kerusakan pada layar LCD atau monitor laptop bisa menjadi suatu alasan mengapa layar laptop kamu menjadi kedap kedip atau bergaris warna-warni.

Biasanya, hal seperti ini terjadi karena layar LCD secara tidak sengaja terjatuh, terpukul, tersiram, atau tertekan oleh sesuatu yang terselip pada celah laptop dan keyboard ketika tertutup.

Nah setelah mengetahui apa penyebab yang mengakibatkan layar menjadi berkedip dan bergaris, lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip dan Bergaris

Adapun beberapa metode atau langkah yang bisa kamu coba jika kamu menghadapi masalah seperti ini adalah sebagai berikut:

1. Mengubah Resolusi Layar

Resolusi layar juga terkadang berpengaruh terhadap masalah layar laptop yang tiba-tiba berkedip, kedap kedip atau bergaris warna-warni. Karenanya, langkah pertama yang harus kamu coba yakni mengubah resolusi layar.

Untuk mengubah resolusi layar sendiri caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetik change resolution pada pencarian di Windows 10, klik pada Change the resolution of the display.

Setelah itu, kalian hanya perlu mengganti resolusi pada Display resolution. Saran saya, pilihlah resolusi yang memiliki label Recommended agar tampilan pas dan tidak rusak.

Selain dapat mengatasi layar laptop terbalik. Pada menu pengaturan ini, kalian juga dapat memperbaiki layar laptop terbalik.

2. Pastikan Processor Tetap Dingin

Salah satu penyebab yang mengakibatkan layar laptop bergaris dan kedap kedip adalah karena processor atau CPU pada laptop panas. Oleh karena itu, pastikan jika kamu terus menjaga kesehatan processor.

Agar CPU atau processor tetap dingin, manfaatkanlah fan yang terdapat di dalam laptop atau bahkan fan eksternal. Fan eksternal untuk laptop sendiri kini dapat kamu temukan dengan mudah di situs jual beli daring.

3. Sesuaikan Refresh Rate

Seperti yang telah tadi disinggung mengenai penyebab layar berkedip, salah satu akibatnya yaitu karena pengaruh refresh rate yang terlalu tinggi atau rendah.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu menyesuaikan refresh rate tersebut melalui menu pengaturan > Control Panel > Appearance and Personalization > Display > Screen Resolution > Advanced Setting.

Setelah itu, akan muncul pop up display. Pilihlah menu atau tab Monitor > lalu klik Properties. Kemudian, sesuaikanlah refresh rate. Umumnya, refresh rate yang aktif secara default adalah 60Mhz.

4. Update Driver VGA

Sudah saya katakan tadi, jika driver VGA juga berpengaruh pada tampilan layar. Hal itu dapat dikarenakan karena versi driver yang usang atau tidak sesuai dengan resolusi layar monitor kita.

Nah, untuk itu, kalian harus mencoba untuk memperbarui driver VGA. Dimana bisa mendapatkan driver VGA? driver VGA sendiri bisa didapatkan secara gratis pada situs resmi VGA yang kamu gunakan.

Misalnya, jika laptop kamu menggunakan VGA dari NVidia, kamu bisa mendownload driver NVidia melalui laman resmi download driver NVidia pada tautan ini.

5. Cek Kesehatan VGA

VGA sangat memiliki kontribusi besar pada tampilan layar di laptop kamu. Jika kamu mengalami layar laptop yang berkedip, mungkin saja VGA yang menjadi biang kerok masalahnya.

Akan tetapi, VGA pada laptop sendiri bersifat onboard, untuk memastikan kesehatannya, kamu harus membawanya ke tempat service. Saya sarankan untuk memperbaikinya di service center agar bisa mengklaim garansi.

6. Mengatur Kecerahan Layar Monitor

Acap kali, masalah layar laptop berkedip, kedap kedip, dan bergaris warna-warni dapat diakibatkan karena hal sepele seperti kecerahan pada layar monitor di laptop.

Untuk mengatasinya, cobalah mengatur kecerahan layar laptop dengan menurunkan kecerahan ke bawah atau menaikan kecerahan ke atas hingga menemukan kecerahan yang pas dan tidak membuat layar kedap kedip.

7. Menekan Kabel Fleksibel

Kabel fleksibel adalah kabel yang menghubungkan layar laptop dan komponen hardware yang terdapat pada inti laptop. Jika kabel ini longgar, maka bukan tidak mungkin akan mengakibatkan layar berkedip.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu cukup menekan bagian kabel fleksibel dari luar, atau jika bisa membongkar casing laptop kamu kemudian rekatkan kabel fleksibel menggunakan selotip.

8. Mengganti Kabel Fleksibel Laptop

Jika kamu yakin masalahnya terdapat pada kabel fleksibel yang sudah rusak setelah mencoba cara sebelumnya, ada baiknya kamu mengganti kabel fleksibel tersebut dengan yang baru.

Kabel fleksibel sendiri kini dapat dengan mudah kamu temukan dan beli di marketplace atau toko jual beli daring yang ada di internet dengan harga yang cukup terjangkau.

9. Menggunakan Stabilizer

Menurut beberapa sumber yang kami dapat, kalian juga dapat mengatasi masalah layar laptop berkedip, kedap kedip, atau bergaris warna-warni dengan menggunakan stabilizer.

Stabilizer sendiri berfungsi untuk menstabilkan arus listrik, karena menurut sejumlah sumber, arus listrik yang tidak stabil menyebabkan pasokan daya pada komponen tidak stabil sehingga mengakibatkan layar laptop berkedip.

10. Tidak Menaruh Benda di Atas Keyboard

Karena salah satu penyebab yang membuat layar laptop berkedip ialah karena adanya kerusakan pada layar laptop, sangat tidak disarankan untuk menaruh benda di atas keyboard.

Alasannya, saat layar laptop ditutup ketika tengah ada benda didalamnya, maka layar laptop akan tertekan, sehingga layar menjadi rusak, bahkan bisa menjadi retak.

Oleh sebab itu, ketika menutup layar laptop, pastikan tidak ada benda di atas keyboard laptop untuk menghindari hal seperti ini. Jika layar laptop retak, tak ada jalan lain selain mengganti atau men-servicenya.

Akhir Kata

Melalui informasi di atas, kini kamu dapat mencoba untuk memperbaiki layar laptop berkedip dengan sangat mudah tanpa perlu membawanya ke tempat service.

Demikianlah tutorial kali ini, mengenai cara mengatasi layar pada laptop berkedip, kedap-kedip atau bergaris warna-warni. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Download Among Us Apk

Rezaldy
2 min read

Cara Membuka File ENC

Rezaldy
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *