Kenapa Trans TV Tidak Ada Sinyal? Ini No Frekuensi Terbarunya

Kenapa Trans TV Tidak Ada Sinyal? Ini No Frekuensi Terbarunya
Kenapa Trans TV Tidak Ada Sinyal? Ini No Frekuensi Terbarunya

Baru baru ini pengguna TV Parabola kembali heboh dan bertanya tanya kenapa trans tv tidak ada sinyal? Berikut ini adalah alasan serta bagaimana cara untuk mengatasinya. 

Trans TV adalah salah satu channel televisi swasta populer di Indonesia. Tayangan Trans tv sendiri bisa ditonton melalui layanan antena, parabola maupun digital dan streaming. 

Namun belakangan ini trans tv ini menghilang di parabola sejak hari kemarin, khususnya parabola frekuensi Mpeg-2. Lantas apa penyebab kenapa trans tv tidak ada sinyal ini? Simak sampai habis. 

Siaran Trans Tv Hilang dari Parabola 

Diketahui sejak hari jumat 9 Maret kemarin tayangan trans tv hilang dari parabola. Bukan hanya trans tv saja yang menghilang, channel yang masih satu pemilik yakni trans 7 juga menghilang. 

Ini tentu membuat banyak pengguna televisi parabola bertanya tanya kenapa tayangan menghilang. apalagi trans tv dan trans 7 merupakan channel yang dinanti nantikan oleh penonton karena tayangannya yang menarik. 

Trans Tv sendiri adalah salah satu channel yang lebih banyak memuat tayangan hiburan atau entertainment. Terlihat dari komposisi tayangan setiap harinya yang lebih banyak menyiarkan tayangan seperti reality show, drama korea, film dan juga series. 

Maka dari itu saat channelnya menghilang, wajar banyak penonton yang kebingungan. Lantas apakah penyebabnya? Berikut penjelasan dan frekuensi terbarunya. 

Kenapa Trans Tv Tidak Ada Sinyal? 

Seperti biasa siaran televisi pada parabola memang sering sekali mengalami perubahan frekuensi atau sinyal. Jika kalian pernah masuk forum pasti sudah tahu tentang perubahan frekuensi ini. 

Berbeda dengan siaran pada antena uhf yang tetap, sinyal frekuensi pada parabola sering berubah karena untuk pengoptimalan sinyal juga tentunya serta biasanya karena juga perpindahan satelit.

Jadi penyebab dari hilangnya sinyal trans tv ini sebenarnya adalah karena frekuensinya yang berubah. Untuk menghadirkannya lagi sangat mudah. Kita tinggal berubah frekuensinya atau mencari ulang channelnya. 

No Frekuensi Trans Tv Terbaru 

Seperti yang telah disebutkan diatas. Alasan kenapa Trans TV tidak ada sinyal karena Nomor frekuensi dari siaran trans tv dan trans 7 telah berubah.  Untuk no frekuensi Trans TV terbaru saat ini adalah berikut.

  • Trans Freq : 03907
  • Symbol Rate : 06240 
  • Polaritas : H 
  • 22 K : Hidup 
  • Video PID : 0045 
  • Audio PID : 0046 
  • PCR PID : 0045

Cara Memunculkan Trans Tv di Parabola 

Untuk memulihkan tayangan trans tv dan trans 7 kembali ini sangat mudah. Kalian tinggal masukkan kode frekuensi terbaru yang telah disebutkan diatas ke pengaturan channel di parabola. Jika masih bingung ikuti saja panduan berikut. 

  1. Pastikan channel yang sedang ditayangkan pada televisi adalah trans tv yang hilang. 
  2. Gunakan remote lalu tekan tombol Edit
  3. Kalian akan masuk pada menu pengaturan channel. 
  4. Langsung saja atur semua pengaturan dan frekuensi disini dengan yang baru diatas tadi. 
  5. Jika sudah sesuai tinggal tekan tombol OK pada remote. 

Bagaimana mudah bukan? Dengan mengikuti cara di atas sekarang tayangan trans tv pasti akan langsung muncul kembali. 

Namun jika ingin lebih mudah sebenarnya ada cara yang lebih praktis lagi. Caranya adalah melakukan scan ulang pada satelit Telkom 1 di parabola. Langkahnya sebagai berikut. 

  1. Gunakan remote lalu tekan tombol Menu
  2. Selanjutnya kalian bisa pilih pengaturan program. 
  3. Selanjutnya pilih scan otomatis
  4. Pada menu selanjutnya, atur satelit pada satelit Telkom 1. 
  5. Pindahkan kursor ke bawah pada mencari semua lalu tekan OK pada remote. 
  6. Parabola akan melakukan scan, tunggulah beberapa saat dan channel trans tv akan muncul.

Nah lebih mudah bukan? Namun cara scan otomatis ini memang memiliki kekurangan. Karena yang dilakukan adalah scan, maka semua channel akan di scan ulang. Jadi pada beberapa channel mungkin akan menjadi double dan nomornya juga acak. 

Untuk mengatasinya kalian bisa atur nomor dengan memindahkan channelnya secara manual. 

Akhir Kata 

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai kenapa trans tv tidak ada sinyal. Sati lagi perlu diingat bahwa pengaturan ini adalah untuk sinyal frekuensi pada parabola Mpeg 2 ya. 

Jika masih belum jelas bisa tanyakan di komentar. Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi kenapa trans tv tidak ada sinyal ini bermanfaat. terima kasih dan selamat mencoba.