Kenapa Kode Telegram Tidak Muncul? Ini Solusinya

Kenapa Kode Telegram Tidak Muncul?
Kenapa Kode Telegram Tidak Muncul?

Saat kamu melakukan login akun yang memerlukan kode verifikasi seperti Telegram tapi tidak masuk juga, mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa kode Telegram tidak muncul.

Aplikasi media sosial seperti WhatsApp atau Telegram, kini seringkali menggunakan penguat keamanan untuk dapat login atau masuk akun dengan menggunakan OTP.

OTP atau One-time Password adalah kumpulan angka yang akan dikirimkan melalui SMS ketikaakan masuk ke aplikasi Telegram untuk melaukan verifikasi kepemilikan akun.

Biasanya, situs atau aplikasi yang memiliki metode keamanan menggunakan kode OTP ini, hanya dapat mengizinkan seseorang untuk masuk ke akun setelah memasukan kode OTP dengan benar.

Namun, sejumlah pengguna aplikasi Telegram, seringkali mengalami masalah kode OTP yang dikirimkan tidak masuk ke SMS. Lantas, kenapa kode Telegram tidak muncul di SMS?

Kenapa Kode Telegram Tidak Muncul?

Ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab utama kenapa kode Telegram tidak muncul di aplikasi. Simak beberapa penyebab kode Telegram tidak masuk berikut ini.

1. Nomor HP Salah

Penyebab utama dan yang seringkali dialami oleh pengguna Telegram saat akan masuk ke dalam aplikasi namu kode OTP tidak juga kunjung masuk adalah karena nomor hp yang dimasukan salah.

2. Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Selain karena nomor hp yang salah. Pengguna juga tidak akan menerima SMS kode OTP dari Telegram karena nomor hp sudah tidak aktif. Disebut tidak aktif artinya karena sudah melewati masa tenggang ya.

3. Aplikasi Tidak Diperbarui

Penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan kode OTP SMS Telegram tidak masuk adalah karena aplikasi Telegram yang kamu gunakan pada perangkat kamu masih belum diperbarui.

4. Telegram Sedang Bermasalah

Nah untuk yang terakhir yang dapat membuat kode OTP atau SMS Telegram tidak masuk juga, bisa jadi karena akibat aplikasi Telegram yang sedang bermasalah, seperti sedang down atau maintenance.

Cara Mengatasi Kode Telegram Tidak Muncul

Bagi kamu yang mengalami masalah serupa. Kamu dapat mencoba melakukan hal-hal berikut ini untuk dapat mengatasi masalah kode Telegram yang tidak muncul di SMS.

1. Pastikan Nomor HP Sudah Benar & Aktif

Cara yang pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memastikan nomor hp yang kamu gunakan pada akun Telegram yang sudah masukan sudah benar dan masih aktif.

2. Memperbarui Aplikasi

Langkah berikutnya, jika cara pertama masih belum bisa memperbaiki masalahnya, kamu bisa mencoba untuk memperbarui aplikasi Telegram pada aplikasi Google Play Store atau App Store.

3. Pastikan Telegram Sedang Tidak Down

Terakhir, pastikan jika situs atau aplikasi Telegram tidak sedang down dengan menggunakan situs “down cheker”, jika sedang down, terpaksa kamu harus menunggu hingga situs atau aplikasi Telegram pulih kembali.

Itulah tadi sedikit cara mengatasi kode OTP Telegram tidak masuk ke SMS. Jika cara-cara itu belum berhasil, kamu bisa mencoba melakukan clear-chache pada aplikasi Telegram di ponsel kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan nomor lain, untuk mencoba apakah Telegram sedang down, atau justru hanya nomor kamu saja yang tidak dapat menerima SMS kode OTP.

Akhir Kata

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan penyebab kenapa kode Telegram tidak muncul dan bagaimana cara mengatasinya? Apabila masih belum jelas, kamu bisa menanyakannya di kolom komentar di bawah ini.

Mungkin demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan artikel tadi mengenai kenapa kode Telegram tidak muncul bisa menjadi manfaat.