Cara Mengatasi Kamera Depan WhatsApp Tidak Full Screen

Kamera Depan WhatsApp Tidak Full Screen
Kamera Depan WhatsApp Tidak Full Screen

Pengguna WhatsApp baru-baru ini menanyakan kenapa kamera depan WhatsApp tidak full screen? Hal ini akibat kejadian masalah ini menimpa banyak pengguna WhatsApp belakangan ini. Bagimana cara mengatasinya?

WhatsApp adalah salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Dalam aplikasi WhatsApp, pengguna bisa mengirim pesan berupa teks, suara, maupun video secara terenskripsi.

Tidak hanya demikian, pengguna juga bisa saling berbagi aktivitas masing-masing melalui fitur story WA. Dalam story ini, pengguna bisa membagikan tulisan, atau video selama maksimal 30 detik.

Namun, belakangan ini saat pengguna akan mencoba menggunakan fitur story atau kamera di WA. Pengguna mengalami masalah kamera WA jadi kecil atau tidak full screen. Lantas, mengapa demikian?

Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Full Screen?

Masalah yang terjadi kepada banyak pengguna WhatsApp ini, lantas menimbulkan pertanyaan, kenapa kamera depan WhatsApp tidak full screen? Berikut ini adalah alasan selengkapnya.

Ketika ingin membuat story, muncul bilah notifikasi yang berisi kamera tidak dapat memulai, dan mengembalikan pengguna WhatsApp ke laman sebelumnya sehingga tidak bisa membuat story WA.

Hal yang mungkin menyebabkan ini terjadi adalah karena beberapa hal, diantaranya adalah kemungkinan ponsel yang tidak mendukung, atau aplikasi WhatsApp yang memiliki kerusakan atau bug.

Akan tetapi, untuk dapat menyelesaikan masalah kenapa kamera depan WhatsApp tidak full screen ini tidak begitu sulit. Berikut ini adalah bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini dengan mudah.

Cara Mengatasi Kamera Depan WhatsApp Tidak Full Screen

Jika kalian mengalami masalah serupa, kalian tidak perlu panik. Kalian bisa mencoba mengikuti panduan-panduan berikut ini untuk menyelesaikan masalah kamera WA jadi kecil atau tidak full screen.

1. Reboot Ponsel

Seperti biasanya, apabila menemukan masalah, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan melakukan reboot pada ponsel. Setelah itu, coba kembali buka aplikasi kamera di WhatsApp.

Biasanya, setelah dilakukan reboot atau restart, aplikasi akan kembali dengan normal, kamera juga akan bisa digunakan seperti biasa. Jika masih tidak ada perubahan, kalian bisa mencoba cara berikutnya.

2. Hapus Chache Aplikasi

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menghapus chache pada aplikasi WhatsApp. Untuk menghapus chache kalian bisa menghapusnya melalui menu pengaturan di ponsel kalian.

Tidak hanya chache, saya juga merekomendasikan supaya kalian juga menghapus memori aplikasi. Namun, sebelum melakukan itu, ada baiknya kalian melakukan back-up data WhatsApp terlebih dahulu, karena dengan menghapus memori, kalian akan kehilangan semua data di WA kalian.

3. Perbarui Aplikasi

Karena bisa saja diakibatkan oleh bug, jadi untuk memperbaiki aplikasinya, kalian bisa mencoba untuk memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store maupun App Store.

Biasanya, pada update atau pembaruan aplikasi, bug-bug atau masalah-masalah dalam aplikasi versi sebelumnya akan diperbaiki atau di fix pada versi terbaru. Itulah alasannya mengapa kalian wajib memperbarui aplikasinya.

4. Menggunakan Kamera Bawaan

Cara mengatasi kamera depan WhatsApp tidak full screen yang terakhir adalah dengan menggunakan kamera bawaan yang sudah terdapat pada ponsel kalian, atau menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

Kalian bisa mengambil dengan tampilan penuh atau full screen dengan kamera bawaan. Setelah itu, kalian bisa langsung mengunggahnya di story WA atau percakapan WhatsApp.

Akhir Kata

Nah itulah tadi alasan kenapa kamera depan WhatsApp tidak full screen beserta cara agar kamera WA jadi kecil. Semoga artikel ini dapat membantu. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar di bawah ini.