Filter IG Parental Advisory, Ini Nama dan Cara Pakainya

Filter IG Parental Advisory, Ini Nama dan Cara Pakainya
Filter IG Parental Advisory, Ini Nama dan Cara Pakainya

Apa kamu sedang mencari filter IG parental advisory? Serta mencari juga makna dari kata-kata dan filter tersebut? Maka disinilah jawabannya. Ketahui dahulu arti dari filter IG ini sebelum memakainya.

Instagram adalah sosial media yang sangat terkenal di dunia ini. Telah diakusisi oleh Facebook dan kini IG mulai tersambung dengan layanan FB tersebut baik sebagai sosial media maupun tempat untuk berwirausaha.

Meski berbeda namun kedua aplikasi tersebut tidak dapat dipisahkan, jika di ibaratkan di Indonesia sendiri FB saat ini dominan untuk kalangan orang dewasa dan IG untuk kalangan anak muda atau millenial.

Saat ini filter yang ada di Instagram bisa kamu pakai di Facebook baik untuk kebutuhan Story atau Live Facebook. Karena ketenaran filter yang ada di IG tersebutlah hal ini bisa terwujud.

Sekarang para netizen sedang ramai membicarakan suatu filter di IG yang bernama parental advisory. Ada yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai filter satu ini sebelum memakainya agar tidak asal pakai karena viral.

Untuk itu mari kita langsung ke pembahasan utama mengenai filter satu ini dan ketahui fakta-faktanya dibawah ini.

Apa Itu Parental Advisory

Sebelum menuju filter IG parental advisory ini, kamu harus ketahui dahulu arti dibalik kata parental advisory pada filter tersebut yang mana merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris.

Kata tersebut jika diartikan maka akan bermakna bimbingan orang tua atau dalam pengawasan orang tua. Apa maksud dari kata tersebut?

Ternyata kata-kata tersebut merupakan sebuah label untuk suatu konten yang mungkin tidak ditujukan untuk dikonsumsi anak-anak atau anak dibawah umur.

Imbauan tersebut bermula dari pesan yang dipasang oleh RIAA pada rekaman audio dan video yang mengandung konten dewasa atau kasar di negara Amerika Serikat.

Lalu apa hubungannya dengan fikter IG? Tentu kamu tahu apa maksudnya namun agar lebih meyakinkan kamu, simak pembahasannya dibawah ini.

Apa itu filter IG parental advisory

Filter parental ini seperti yang dijelaskan dari arti kata di atas tadi bahwa filter ini memiliki hubungan yaitu dimana saat kamu menggunakannya maka akan menampilkan label konten parental advisory tersebut.

Pada label tersebut biasanya akan bertuliskan parental advisory ditambah dengan explicit content yang berarti konten tersebut diharuskan untuk usia diatas 17 atau 18 tahun.

Jika di Indonesia sendiri kita biasanya akan melihat suatu label atau kode pada acar tv atau film di tv yang bertuliskan SU untuk semua umur, R13+ untuk remaja berusia diatas 13 tahun, dan D18+ untuk dewasa berusia diatas 18 tahun.

Nah filter ini bisa kamu gunakan untuk menunjukkan sesuatu yang hanya boleh dilihat oleh orang yang sudah cukup umur. Semisal ada kata kasar dalam konten kamu atau memperlihatkan suatu peristiwa.

Akan tetapi di Instagram dan Tiktok justru filter ini digunakan sebagai bahan yang jenaka atau estetik, kebanyakan para netizen menggunakan label parental ini dalam filter foto cover album.

Saat digunakan akan mengambil gambar kamu sebagai cover foto dengan label parental dan akan menjadi terlihat lebih aethetic.

Untuk itu bagaimanakah cara mendapatkan filter satu ini? berikut dibawah ini tutorial lengkapnya.

Cara Mendapatkan Filter IG Parental Advisory

Cara mendapatkan dan menggunakan filter ini tidaklah sulit. Selain berlabelkan parental advisory, filter ini juga ternyata memiliki sentuhan efek estetiknya.

Sejumlah pengguna di IG menggunakan filter ini justru bukan untuk menunjukkan hal yang berbau dewasa atau kasar melainkan untuk mengambil efek estetiknya saja.

Jika kamu memang berniat menggunakan filter ini berikut langkah-langkah lengkapnya.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Instagram kamu.
  2. Kemudian klik tombol kamera yang ada di kiri atas atau kamu bisa dengan menekan tombol plus (+).
  3. Lalu masuk ke bagian filter dan scroll filter tersebut ke kanan hingga mencapai batas dan terdapat menu Eksplor Filter. Klik pada menu tersebut.
  4. Setelah itu kamu ketikkan parental advisory di kolom pencarian kemudian enter.
  5. Maka akan muncul berbagai video dengan filter ini. Karena filter ini banyak versinya, kamu bisa melihat-lihat dulu kemudian pilih salah satu yang kamu sukai dan cocok.
  6. Setelah dipilih kemudian kamu bisa klik gunakan filter ini atau save filternya terlebih dahulu sebelum dipakai.
  7. Dan setelah itu filter akan muncul di halaman stoey kamu kemudian kamu bisa pakai filternya sesuai kreasi kamu
  8. Terakhir setelah story kamu selesai dibuat, kirim ke teman dekat, story kamu atau bisa kamu save videonya.

Akhir Kata

Itulah dia informasi mengenai filter IG parental advisory yang sedang viral ini. Ingat untuk tidak berlebihan dalam menggunakan filter ini dan jangan sampai salah mengartikan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terimakasih.