SIM Nasional Presisi APK: Download Aplikasi Sinar SIM Online

SIM Nasional Presisi APK: Download Aplikasi Sinar SIM Online

Apakah anda sedang mencari aplikasi SIM Nasional Presisi APK untuk bisa membuat SIM secara online dengan mudah? Yuk cari tahu informasi selengkapnya dengan menyimak artikel ini sampai akhir.

Pandemi memang hampir membuat semua orang berada di dalam rumah. Hal ini dilakukan agar dapat memutus rantai penyebaran pandemi virus Covid-19 yang telah berlangsung selama setahun ini.

Segala inovasi dari mulai bermunculan selama pandemi ini. Salah satunya adalah aktivitas yang dapat menurunkan kontak dengan orang lain yaitu dengan membuat aplikasi yang bisa diakses secara online.

Kini, belajar hingga berbelanja dapat dilakukan secara daring. Tidak sampai disitu, kepengurusan berbagai surat-surat penting juga dapat dilakukan secara online, seperti kepengurusan SIM.

Untuk dapat mengemudi di jalan raya, tentu saja masyarakat harus memiliki Surat Izin Mengemudi atau yang biasa disingkat sebagai SIM. Tanpa SIM pengendara tentu saja beresiko untuk ditilang.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, pengurusan SIM dapat dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi SIM Nasional Presisi APK. Berikut ini adalah ulsannya untuk anda.

Apa itu Aplikasi Sinar Sim Nasional Presisi?

Sinar atau SIM Nasional Presisi merupakan sebuah aplikasi resmi dari Polri yang berfungsi dan dapat digunakan untuk pengurusan SIM. Baik itu untuk pembuatan maupun perpanjangan SIM.

Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembuatan atau perpanjangan SIM. Masyarakat dapat membuat SIM jenis A dan C melalui aplikasi ini.

Nah, jika anda menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengurus perpanjangan SIM tanpa perlu datang ke satpas. Namun untuk pembuat SIM, nantinya anda harus datang ke satpas terdekat untuk ujian praktik.

Bagi anda yang ingin melakukan pengurusan SIM secara online. Anda bisa download aplikasi SIM Nasional Presisi APK melalui tautan yang akan kami bagikan dibawah ini. Download aplikasinya berikut!

Download SIM Nasional Presisi APK

Aplikasi ini sendiri rencananya akan dirilis pada 12 April 2021. Aplikasi Sinar dapat dipasang atau diunduh secara gratis melalui Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS) secara gratis.

Bagi anda yang ingin mengunduh aplikasi ini. Anda hanya perlu menunggu perilisan aplikasi ini dari Polri ya. Karena, terpantau saat ini aplikasi ini masih belum ditemukan di Google Play Store maupun App Store.

Apabila anda tidak sabar menunggu-nunggu aplikasi ini. Pastikan jika anda terus memperbarui halaman ini untuk mengetahui apakah aplikasi SIM Nasional Presisi APK telah dirilis atau belum.

Jika aplikasinya telah dirilis, maka kami akan membagikan link download aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi APK pada artikel ini. Jadi, pastikan anda memantau terus artikel ini untuk mengetahui informasi terbarunya.

Sekali lagi, nantinya aplikasi ini akan dirilis pada 12 April 2021. Aplikasi pengurusan SIM secara online ini dapat dipasang melalui Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS) secara gratis.

Cara Membuat SIM Baru di Aplikasi Sinar

Untuk membuat SIM baru di aplikasi Sinar Sim Nasional ini sangat mudah. Anda bisa melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Download aplikasi Sinar Sim Nasional Presisi
  2. Lakukan Registrasi dengan mencantumkan NIK. 
  3. Selanjutnya anda diminta untuk melakukan Face recognition untuk memastikan identitas. 
  4. Kemudian bisa pilih jenis SIM yang akan dibuat. 
  5. Setelah itu bisa lakukan pembayaran PNBP SIM baru yang akan dibuat. 
  6. Lalu anda diminta untuk melakukan Ujian teori online yang didahului simulasi contoh soal. 
  7. Apabila lulus anda akan mendapat QR Code untuk tes. 
  8. Selanjutnya bisa pilih Satpas tempat tes yang akan dilakukan.
  9. Terakhir anda bisa pilih jadwal ujian praktik yang diinginkan. 

Kira-kira begitulah cara untuk mengajukan pembuatan SIM baru melalui aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi APK ini. Ikuti saja prosedurnya hingga selesai dan SIM akan berhasil dibuat.

Cara Perpanjang SIM di SIM Nasional Presisi APK

Sementara itu untuk melakukan perpanjangan SIM juga bisa dilakukan melalui aplikasi SIM Nasional Presisi APK. Berbeda dengan pembuatan SIM baru, perpanjangan ini sama sekali tidak perlu datang ke kepolisian.

Semua proses akan dilaksanakan secara online. Berikut ini caranya. 

  1. Unduh aplikasi Sinar SIM 
  2. Lakukan verifikasi No. HP dengan memasukkan kode OTP pada nomor yang didaftarkan. 
  3. Selanjutnya Registrasi dengan memasukkan data diri termasuk NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie. 
  4. Lalu verifikasi NIK dan SIM anda. 
  5. Setelah itu bisa pilih jenis SIM yang akan diperpanjang dan lokasi Satpas. 
  6. Kemudian verifikasi juga hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi diri anda. 
  7. Isi juga rekening pengembalian untuk proses pembatalan. 
  8. Selanjutnya tinggal pilih metode pengiriman SIM yang diinginkan. 
  9. Kemudian upload pas foto dan tanda tangan anda untuk persetujuan proses perpanjangan. 
  10. Setelah itu lakukan pembayaran PNBP dan biaya kirim SIM anda. 
  11. Jika sudah sampai proses ini, tunggulah sampai  Kepolisian akan memproses pencetakan SIM. 
  12. SIM nantinya akan dikirimkan langsung ke alamat pemohon jadi tidak perlu mengambilnya ke kepolisian. 

Bagaimana mudah bukan? Seperti itulah cara memperpanjang SIM secara online melalui aplikasi nantinya. Karena seluruh proses dilakukan secara online, maka tidak ada alasan lagi kita tidak melakukan perpanjangan ya. 

Akhir Kata

Kesimpulannya aplikasi Sinar SIM Presisi Nasional ini akan dirilis pada 12 April 2021. Namun hingga saat ini aplikasi ini masih belum dapat diunduh. Untuk mengetahui link downloadnya, cek disini terus ya.

Mungkin hanya itu saja apa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, jangan lupa komentar dibawah ini yaa.