Deteksi Font

deteksi font

Seringkali, saya cukup penasaran dengan jenis font yang digunakan pada postingan seseorang di beranda media sosial saya. Untungnya, sekarang sudah ada aplikasi deteksi font online untuk menjawab rasa penasaran saya tersebut.

Bagi para desainer, mungkin pemilihan jenis font dapat memberikan inspirasi untuk dapat mempercantik desainnya. Pemilihan jenis font yang tepat, dapat menambah nilai keindahannya.

Acapkali, kita mungkin sering menemukan gambar-gambar yang mengandung font-font menarik didalamnya. Tak jarang, kita juga pasti ingin menggunakan font tersebut dalam desain kita.

Selain dengan bertanya langsung ke pembuat desain. Cara lain untuk mengetahui jenis font yang digunakan yaitu dengan melakukan deteksi font.

Deteksi font sendiri, kini dapat kita lakukan dengan mudah secara online, tanpa aplikasi atau menggunakan program-program tertentu di PC. Lantas, bagaimna caranya?

Cara Deteksi Font Secara Online

Ada beberapa situs yang menyediakan fitur untuk mendeteksi font pada gambar secara online. Apa saja, dan bagaimana cara menggunakan situsnya?

1. WhatTheFont!

WhatTheFont adalah salah situs yang paling populer untuk mendeteksi font secara online. Bagi yang sering berkecimpung di dunia desain, situs ini mungkin sering atau bahkan pernah kita dengar sebelumnya.

Cara mengetahui font pada gambar melalui WhatTheFont cukuplah mudah. Caranya, Anda hanya perlu mengunggah gambar dengan font yang ingin Anda deteksi.

Selanjutnya, fokuskan deteksi pada area tertentu, agar hasilnya akurat. Kemudian klik icon berwarna biru. Gulir layar ke bawah, disana Anda bisa menemukan nama font yang sedang Anda cari.

deteksi font whatthefont

2. Font Identifier

Situs deteksi font selanjutnya adalah Font Identifier. Situs ini dapat Anda temukan di halaman pencarian pertama jika Anda mengetik kata kunci “font detector“.

Cara menggunakan situsnya untuk mendeteksi font sendiri tak jauh berbeda dengan WhatTheFont. Pertama, Anda hanya perlu mengunggah gambar dengan font yang ingin di deteksi.

Kemudian klik Matcherat it!. Setelah itu, tunggulah selama beberapa saat hingga muncul hasil font yang masih terduga adalah font yang ada di dalam gambar tersebut.

deteksi font font identifier

3. FontSpring

Alternatif situs untuk mendeteksi font secara online lainnya adalah FontSpring. Sepertinya, situs ini memiliki alat yang tak jauh berbeda dengan Font Identifier.

Pasalnya, untuk menggunakan situs ini untuk mengetahui font yang berada di dalam gambar, Anda hanya perlu mengunggah gambar, lalu fokuskan kotak ke area font.

Setelah itu, klik Matcherate it! untuk melihat hasilnya. Setelah itu Anda, akan mendapatkan berbagai pilihan font serupa dari font yang terdapat pada gambar.

fontspring

Akhir Kata

Dari ketiga situs di atas, manakah yang Anda sukai? saya sendiri lebih menyukai Font Identifier daripada WhatTheFont. Karena beberapa hasilnya dapat mendekati akurat.

Berbicara soal akurasi. Ketiga situs di atas memang memiliki akurasi yang jauh dari harapan. Terkadang kita tak bisa menemukan font yang sesuai seperti pada gambar.

Namun, walaupun demikian, tak ada salahnya jika Anda menggunakan situs-situs di atas.

Demikianlah cara deteksi font pada gambar secara online. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.