Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cek FUP Indihome

4 min read

cek fup indihome

Agar Anda tak heran mengapa internet Indihome tiba-tiba saja menjadi lemot atau lambat, saya sarankan supaya Anda secara rutin melakukan cek FUP Indihome.

Karena, internet Indihome bisa saja menjadi lambat akibat penggunaan akses Indihome yang telah melewati batas tertentu. Sehingga mengakibatkan akses internet menjadi lemot daripada sebelumnya.

FUP atau Fair Usage Policy sendiri jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti batas pemakaian wajar. FUP biasanya tersedia pada layanan internet unlimited sebagai ketentuan pemakaian layanan mereka.

Telkom atau Indihome adalah salah satu layanan internet yang turut memiliki ketentuan FUP. Pengguna yang telah melewati batas atau aturan penggunaan, maka akan merasakan lemotnya akses internet menggunakan layanan ini.

Itulah mengapa pentingnya bagi Anda untuk secara rutin melakukan cek FUP Indihome. Selain agar tiba-tiba Anda tidak menjadi heran, Anda juga bisa mengetahui pemakaian Anda, sehingga kedepannya Anda akan berhati-hati supaya tidak melewati FUP.

FUP Indihome Berdasarkan Paket Internet

Masing-masing paket internet Indihome, memiliki beragam variasi FUP. Tak semua paket memiliki batas pemakaian wajar yang sama. Berikut adalah daftar FUP Indihome berdasarkan paket-paket yang ada.

FUP Indihome 10 Mbps

BATAS FUPPEMAKAIANKECEPATAN
FUP 1> 400 GB7.5 Mbps
FUP 2> 500 GB4 Mbps
FUP Indihome 10 Mbps

Untuk pengguna Indihome dengan paket internet 10 Mbps, setelah melewati penggunaan FUP 1 atau pemakaian di atas 400 GB. Maka kecepatan internet Anda akan berubah dari 10 Mbps menjadi 7.5 Mbps saja.

Nah, selanjutnya, apabila Anda telah melewati pemakaian total lebih dari 500 GB. Maka kecepatan internet Anda akan dikurangi lagi dari 7.5 Mbps menjadi 4 Mbps.

FUP Indihome 20 Mbps

BATAS FUPPEMAKAIANKECEPATAN
FUP 1> 500 GB15 Mbps
FUP 2> 800 GB8 Mbps
FUP Indihome 20 Mbps

Selanjutnya, untuk pengguna paket internet Indihome 20 Mbps, batas FUP 1 Anda adalah 500 GB. Jika telah melewati angka tersebut maka kecepatan internet Anda akan dikurangi menjadi 15 Mbps.

Lalu batas pemakaian FUP 2 adalah 800 GB. Apabila Anda telah memiliki total pemakaian internet Indihome sebesar 800 GB. Maka kecepatan internet akan menjadi 8 Mbps saja.

FUP Indihome 30 Mbps

BATAS FUPPEMAKAIANKECEPATAN
FUP 1> 700 GB22.5 Mbps
FUP 2> 1200 GB12 Mbps
FUP Indihome 30 Mbps

Paket 30 Mbps ini memiliki FUP cukup besar dari paket-paket sebelumnya. Mengingat, apabila Anda telah melewati FUP 1 atau pemakaian sekitar 700 GB, maka kecepatan internet Anda akan menjadi 22.5 Mbps.

Sementara setelah melewati pemakaian 1200 GB, maka kecepatan Anda akan berubah menjadi 12 Mbps. Batasan atau FUP dari paket yang satu ini dapat membuat kita merasakan menggunakan paket-paket sebelumnya.

FUP Indihome 40 Mbps

BATAS FUPPEMAKAIANKECEPATAN
FUP 1> 900 GB30 Mbps
FUP 2> 1600 GB16 Mbps
FUP Indihome 40 Mbps

Selanjutnya adalah paket internet yang sering dipakai oleh kaum Sultan, yaitu 40 Mbps. Paket ini memiliki FUP 1 900 GB. Setelah melewati angka itu, kecepatan internet akan menjadi 30 Mbps.

Nah apabila telah melewati jumlah pemakain FUP 2 yakni 1600 GB, maka kecepatan akan berubah menjadi 16 Mbps. FUP pada paket ini masih dapat dikatakan cukup cepat.

FUP Indihome 50 Mbps

BATAS FUPPEMAKAIANKECEPATAN
FUP 1> 1200 GB37.5 Mbps
FUP 2> 2000 GB20 Mbps
FUP Indihome 50 Mbps

Bagi perusahaan besar mungkin akan menggunakan paket ini. Paket Indihome 50 Mbps ini memiliki FUP 1 sebesar 1200 GB dengan kecepatan berkurang menjadi 37.5 Mbps.

Setelah melewati pemakaian 2000 GB. Maka kecepatan akan berubah menjadi 20 Mbps. Jika Anda memiliki perusahaan besar, maka Anda cocok untuk memilih menggunakan paket internet yang satu ini.

FUP Indihome 100 Mbps

BATAS FUPPEMAKAIANKECEPATAN
FUP> 2000 GB50 Mbps
FUP Indihome 100 Mbps

Paket Indihome terakhir dan yang paling cepat yaitu paket 100 Mbps. Paket ini memiliki FUP setengahnya dari kecepatan normal yaitu 50 Mbps dari sebelumnya 100 Mbps.

Itupun apabila Anda melewati batas FUP yang mencapai 2000 GB. Setelah melewati itu, kami tidak mendapatkan informasi mengenai FUP 2. Jika Anda tahu informasi terbarunya, jangan sungkan untuk berbagi info tersebut di kolom komentar.

Untuk kecepatan sendiri, pada umumnya, FUP 1 hanya akan berubah menjadi 75% dari kecepatan sebelumnya. Sementara FUP 2, akan berubah menjadi 40%. Kecuali dengan FUP Internet 100 Mbps yang akan dikenakan FUP 50% saja dari kecepatan awal.

Cara Cek FUP Indihome

Nah, kemudian apabila Anda telah mengetahui FUP paket internet Indihome yang Anda gunakan, yang menjadi pertanyaan besar sekarang adalah bagaimana cara cek FUP Indihome untuk mengetahui pemakaian internet Anda? berikut adalah panduan selengkapnya.

Cek FUP Indihome Melalui Web Indihome

  1. Buka website Indihome di indihome.co.id
  2. Kemudian klik myIndiHome.
  3. Login dengan memasukan data akun menggunakan email/nomor hp dan password Anda.
  4. Lalu klik Selanjutnya untuk melanjutkan login ke web Indihome.
  5. Pada tab Internet, Anda bisa menemukan informasi pemakaian internet Anda.
  6. Jika bar penggunaan internet telah melewati batas, maka Anda akan akses internet Anda akan mendapatkan FUP.cek fup indihome

Cek FUP Indihome Melalui Aplikasi

  1. Download aplikasi MyIndihome di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasinya.
  3. Masukan email/nomor hp dan password, lalu klik Masuk.
  4. Setelah itu, Anda bisa melihat pemakaian internet Anda.
  5. Pada Paket Anda, Anda bisa mengetahui batas pemakaian internet Anda.
  6. Jika melewati batas pemakaian, maka Anda akan dikenakan FUP.cek fup indihome

Cek FUP Indihome Melalui SMS

Menurut sebagian informasi yang didapat, pengguna juga bisa melakukan cek FUP Indihome melalui SMS. Anda bisa mengetahui FUP Indihome Anda hanya mengirim pesan dengan format berikut.

Ketik ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor Indihome kirim ke nomor 98108.

Contoh: ISP IH 0219999999 kirim ke 98108.

Dikutip dari daftarpaket.co.id, melakukan cek FUP Indihome melalui SMS ini akan dikenakan tarif atau biaya SMS sebesar Rp 350,-. Harga ini tidak menentu, bisa naik atau turun, tergantung pembaruan dari Indihome.

Cek FUP Indihome Melalui Media Sosial Indihome

Cara cek FUP Indihome selanjutnya yaitu dengan menghubungi customer service (CS) Indihome melalui media sosial Indihome. Anda bisa menghubungi Indihome melalui media sosial mereka berikut:

  • Twitter – IndiHome
  • Facebook – IndiHome
  • Instagram – IndiHome
  • Email – 147@telkom.co.id

Jika Anda menghubungi media sosial, pastikan Anda melampirkan keluhan serta nomor Indihome Anda. Agar nantinya pengecekan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Cek FUP Indihome Melalui Call Center

Selanjutnya, Anda juga bisa mengecek FUP internet Indihome dengan menghubungi call center atau customer service (CS) Indihome melalui nomor 147.

Cukup simpel. Setelah Anda menghubungi nomor tersebut, Anda hanya perlu menyampaikan keinginan Anda untuk mengetahui pemakaian atau FUP internet Anda.

Namun yang pasti, sebelum menelponnya, siapkan terlebih dahulu nomor Indihome Anda. Karena Anda juga akan ditanyakan nomor tersebut agar dapat dilakukan pengecekan oleh CS Indihome.

Cek FUP Indihome Melalui Plasa Telkom

Cara cek FUP Indihome terakhir adalah dengan mendatangi langsung Plasa Telkom terdekat di daerah Anda. Untuk mengetahui Plasa Telkom terdekat, Anda bisa cek disini.

Sebelum Anda berangkat, pastikan Anda mencatat nomor telepon atau Indihome Anda terlebih dahulu. Selebihnya, bawa juga KTP dan pastikan Anda datang pada jam kerja.

Setelah sampai di Plasa Telkom, Anda akan dimintai identitas dan nomor Indihome Anda, dilanjut dengan pengecekan pemakaian internet, serta FUP layanan internet Anda.

Akhir Kata

Perlu diketahui apabila FUP ini hanya diterapkan pada pelanggan Indihome dengan paket internet di atas 10 Mbps. Pengguna paket di bawah 10 Mbps tidak akan mendapatkan FUP.

Selain itu, FUP ini hanya akan berlaku di bulan yang sama saja. Apabila Anda sudah melewati bulan berikutnya, maka FUP akan di reset kembali ke angka 0 GB.

Perlu diketahui bahwasannya FUP Indihome sendiri tidak menentu. Jika ada kebijakan baru, maka jumlah FUP pada tiap-tiap paket internet yang ada bisa saja berkurang atau bahkan bertambah.

Untuk mengetahui informasi FUP Indihome terbaru. Pastikan Anda membookmark halaman ini pada browser Anda untuk mendapatkan update terbarunya.

Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara cek FUP Indihome terbaru. Semoga panduan ini bisa bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *