Cara Upload Podcast di Spotify

cara upload podcast di spotify
cara upload podcast di spotify

Cara upload podcast di Spotify ternyata sangat mudah dilakukan. Spotify memang menyajikan platform podcast bagi siapapun yang ingin mengunggah podcastnya ke internet.

Podcast sekarang menjadi trend baru di jagat maya. Podcast sendiri mirip seperti radio. Hanya saja, siaran non-streaming ini dilakukan melalui media daring atau internet sebagai platformnya.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Walaupun menyediakan platform podcast yang bisa di unggah oleh setiap orang. Pengguna baru Spotify mungkin akan cukup kebingungan mengenai bagaimana cara upload podcast di Spotify ini.

Sayapun demikian, ketika mendapatkan tugas untuk membuat podcast di Spotify, saya juga cukup kesulitan bagaimana untuk membuat podcast di Spotify karena tidak ada opsi untuk mengunggah podcast.

Namun, setelah menelusuri internet, pada akhirnya saya mendapatkan cara termudah untuk mengunggah podcast di Spotify dengan menggunakan situs yang dinamakan Anchor.

Cara Membuat Akun Anchor

Pertama-tama yang harus kalian lakukan untuk bisa mengunggah podcast di Spotify yaitu memiliki akun Anchor.fm terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara untuk membuat akun Anchor?

Begini caranya:

1. Buka browser di perangkat yang kalian gunakan.

2. Selanjutnya buka website anchor.fm, lalu klik Sign Up, kemudian buatlah akun Anchor, setelah mengisi data diri klik tombol Sign Up.

cara membuat akun anchor

3. Klik Let’s do it, lalu unggah episode podcast kalian dengan menekan tombol upload atau menggeser file podcast ke area unggahan.

cara membuat akun anchor

4. Setelah selesai mengunggah, selanjutnya, klik Save episode.

5. Kemudian, isi judul podcast, deskripsi, atau menambahkan informasi kustom mengenai episode podcast yang kalian unggah.

cara membuat akun anchor

6. Verifikasi alamat email yang didaftarkan ke Anchor.

7. Setelah selesai melakukan verifikasi, klik tombol Publish now.

8. Selanjutnya, isi nama, deskripsi, kategori dan bahasa podcast kalian, lalu klik Continue.

cara membuat akun anchor

9. Berikutnya, upload foto podcast kalian. Supaya instan, disini saya akan Choose one for me, sehingga membuatkan saya foto podcast secara otomatis dan cepat tanpa perlu mengunggah foto sendiri.

cara membuat akun anchor

10. Terakhir klik Distribute my podcast. Selesai.

Sesudah melewati tahapan-tahapan ini. Selanjutnya, kalian bisa mengupload atau menambahkan podcast kalian ke Spotify. Lalu bagaimana cara mengupload podcastnya dari Anchor ke Spotify?

Cara Upload Podcast di Spotify

Setelah kalian berhasil membuat akun Anchor menggunakan tahap-tahap yang sebelumnya saya katakan. Selanjutnya kalian sudah siap untuk mengunggah podcast di Spotify.

Begini cara upload podcast di Spotify:

1. Buka akun Anchor kalian, klik Settings > Distributions.

2. Pada Advanced settings, aktifkan opsi Display personal email address publicly in RSS feed. Setelah itu, klik Save.

cara upload podcast di spotify

3. Masih di menu Settings, selanjutnya salin atau copy pada bagian Your RSS Feed.

4. Selanjutnya, buka halaman https://podcasters.spotify.com/. Klik Get Started, lalu login dengan akun Spotify kamu.

5. Paste atau tempel link Spotify kamu di kolom yang disediakan, lalu klik Next. Jika tidak bisa, dan muncul tulisan error atau merah lainnya. Tunggulah selama beberapa menit, kemudian coba lagi.

cara upload podcast di spotify

6. Klik Send Codes, lalu masukan kode berisi 8 digit angka yang dikirim oleh Spotify ke email Spotify kamu, lalu klik Next.

7. Selanjutnya, pilih dimana podcast dibuat, bahasa, hosting (anchor.fm), dan kategori utama dan sub kategori yang kamu bahas dalam podcast. Lalu klik Next.

8. Terakhir klik Submit.

cara upload podcast di spotify

Nah, setelah itu, kalian akan diberikan kode akun Spotify kalian. Bukalah tautan tersebut, lalu kalian bisa memutar podcast yang telah kalian unggah melalui Anchor.fm tadi di Spotify. Cukup mudah bukan?

Oh iya, proses munculnya podcast kalian di Spotify sendiri tidaklah instan. Kalian harus menunggu selama beberapa saat. Pastikan kalian selalu mengecek secara berkala link akun Spotify kalian.

Cara upload podcast di Spotify dengan menggunakan Anchor.fm ini dapat kalian lakukan di semua perangkat, baik itu ponsel pintar dengan sistem operasi Android atau iOS/iPhone, maupun perangkat PC atau laptop.

Akhir Kata

Nah, melalui cara upload podcast ke Spotify di atas. Kini kalian dapat dengan mudah mengunggah dan mempublikasikan podcast yang telah kalian buat ke teman-teman kalian melalui Spotify.

Podcast di Spotify sendiri dapat di akses secara gratis oleh semua pengguna aplikasi Spotify. Gimana? cukup mudah bukan cara untuk upload podcast di Spotify dengan menggunakan Anchor.fm ini?

Nah mungkin itu saja apa yang bisa saya sampaikan. Bagi kalian yang mungkin kesusahan atau memiliki kendala saat menggunakan cara upload podcast di Spotify ini, kalian bisa berkomentar di bawah ini.