Cara Sinkronisasi Kontak Telegram Banyak Sekaligus

Cara Sinkronisasi Kontak Telegram
Cara Sinkronisasi Kontak Telegram

Ingin terhubung dengan kontak kamu di aplikasi Telegram? Gampang banget, kamu tinggal sinkronisasi kontak kamu di Telegram. Berikut ini adalah cara sinkronisasi kontak Telegram banyak sekaligus.

Aplikasi Telegram memang populer belakangan ini, hal ini akibat aplikasi WhatsApp diterpa oleh isu kebijakan privasi terbarunya yang mengharuskan penggunanya berbagi data dengan Facebook.

Akibat hal tersebut, pengguna aplikasi Telegram cukup melesat tajam hingga mencapai 500 juta pengguna sesaat setelah aplikasi WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi barunya itu.

Oleh karena itu, banyak pengguna aplikasi WhatsApp yang beralih ke aplikasi lain seperti aplikasi BiP, Signal, atau Telegram dan meninggalkan aplikasi yang berada di bawah Facebook itu.

Seperti media sosial lain pada umumnya, aplikasi Telegram juga menyediakan fitur sinkronisasi kontak. Lantas, apa sih fungsi dari fitur sinkronisasi ini dan bagaimana cara menggunakannya?

Fungsi Fitur Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi di Telegram sendiri merupakan sebuah fitur yang dapat menghubungkan kontak yang terdapat pada perangkat ponsel kamu dengan aplikasi Telegram secara otomatis.

Biasanya dengan adanya fitur ini, kamu bisa dengan mudah menemukan kontak teman kamu di aplikasi Telegram hanya dengan memasukan nama pada aplikasi Telegram untuk menemukannya.

Dengan demikian, kamu tidak perlu repot-repot mencari nama pengguna teman kamu di aplikasi Telegram ini secara manual, hanya dengan mencarinya di kontak Telegram, kamu sudah bisa menemukannya.

Jika mengaktifkan fitur ini, biasanya pengguna akan mendapatkan notifikasi jika teman atau orang yang terdapat pada kontak pengguna baru bergabung atau masuk ke aplikasi Telegram.

Cara Sinkronisasi Kontak Telegram

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk cara sinkronisasi kontak Telegram dengan banyak secara sekaligus. Pertama, saat pemasangan aplikasi, kedua pada menu pengaturan.

1. Cara Sinkronisasi Kontak Telegram Saat Pemasangan

Saat pemasangan aplikasi pertama kali, pengguna akan ditawarkan untuk menyinkronkan kontaknya dengan aplikasi Telegram. Berikut ini adalah panduan selengkapnya.

  1. Langkah awal, unduh aplikasi Telegram melalui Google Play Store atau App Store
  2. Setelah aplikasinya terpasang, buka aplikasinya
  3. Jika ada pop up yang meminta izin akses atau sinkronisasi, tekan Izinkan saja, terutama saat sedang meminta akses kontak
  4. Kontak akan langsung tersinkronisasi dengan Telegram
  5. Selesai.

Sesudah memberikan akses izin untuk menyinkronkan Telegram dengan kontak. Masuk atau daftar akun Telegram. Lanjutkan prosesnya hingga selesai dan berhasil masuk ke aplikasi Telegram.

2. Cara Sinkronisasi Kontak Telegram di Pengaturan

Jika kalian terlanjut tidak memberikan izin akses atau terdapat kontak yang masih belum tersinkronkan. Kalian juga bisa menyinkronkan kontak secara manual dengan menggunakan cara berikut.

  1. Seperti biasa, langkah pertama buka aplikasi Telegram
  2. Ketuk pada ikon garis tiga yang terdapat di pojok kiri atas aplikasi
  3. Kemudian pilih menu Pengaturan
  4. Berikutnya, pilih menu Privasi dan Keamanan
  5. Gulir layar ke bawah, lalu pada bagian Kontak aktifkan fitur Sinkronkan Kontak
  6. Jika telah berhasil, biasanya akan muncul notifikasi jika kontak telah berhasil disinkronkan.

Setelah itu, kontak yang terdapat pada perangkat ponsel kamu akan langsung dapat kamu lihat pada aplikasi Telegram. Dengan demikian, kamu sudah dapat terhubung dengan kontak kamu di Telegram dengan mudah.

Akhir Kata

Mudah sekali bukan bagaimana cara sinkronisasi kontak Telegram dengan banyak secara sekaligus? Dengan cara ini, kamu bisa terhubung dengan kontak kamu di aplikasi Telegram.

Mungkin hanya itu saja apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara menyinkronkan kontak hp dengan Telegram. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.