Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Scan di Printer

2 min read

cara scan di printer

Cara scan di printer sangat sering dilakukan sejumlah untuk dapat mengunggah file dengan kualitas terbaik. Menurut saya, dokumen atau foto yang dihasilkan dengan scan, memiliki kualitas yang lebih bagus daripada hanya sekedar di foto.

Di masa digital seperti sekarang ini, melampirkan dokumen untuk kepentingan tertentu seperti melampirkan lamaran pekerjaan, foto ktp, dan lain sebagainya dilakukan menggunakan soft file.

Namun, tak sembarang soft file dapat diterima dengan baik. Soft file dengan kriteria tertentu, misalnya soft file yang di-scan biasanya termasuk dalam kriteria soft file yang diterima oleh sejumlah perusahaan.

Selain memiliki kualitas yang baik, dokumen atau foto yang dikirimkan melalui hasil scan terkesan lebih sopan dan resmi ketimbang hanya menggunakan foto dengan ponsel atau kamera.

Jika dulu scan seringkali dilakukan di tempat printing. Saat ini, sudah banyak printer rumahan yang telah mendukung fitur scan. Sehingga kalian kini dapat lebih mudah untuk melakukan scan.

Bagaimana Cara Mengetahui Printer Memiliki Scanner?

Beberapa printer yang dapat melakukan cara scan di printer adalah sejumlah produk dari HP, Epson dan juga Canon. Ciri-ciri printer memiliki scanner adalah dengan adanya tempat scanner pada printer.

Selain itu, kalian juga bisa memastikan jika printer memiliki scanner ketika menginstall driver printer. Apabila ketika menginstall driver printer terdapat fitur atau judul scanner, artinya printer telah memiliki scanner.

Lalu bagaimana cara menggunakan scanner di printer untuk scan dokumen atau foto di printer dengan merek HP, Epson, Canon atau printer lainnya yang memiliki fitur scanner?

Cara Scan di Printer

Kalau kalian telah memastikan jika printer yang kalian gunakan telah memiliki fitur scanner, kalian bisa langsung mengikuti panduan atau cara berikut ini untuk melakukan scan di printer.

1. Install Driver Printer

Langkah yang pertama dalam cara scan di printer kali ini yakni dengan menginstall driver printer. Driver printer dapat diinsall menggunakan CD yang terdapat dalam box printer atau menginstall driver secara online dengan mengunduh driver printer di situs resminya.

Jika kalian tidak memiliki CD driver, kalian bisa mengunduh driver secara online dengan mengetik kata kunci “download driver [merek printer]” di mesin pencarian Google.

Setelah itu, kalian bisa mengunduh lalu menginstall driver tersebut dengan mengikuti instruksi atau panduan yang ada ketika melakukan penginstallan driver printer.

2. Menghubungkan Printer

Selanjutnya, setelah berhasil menginstall driver. Kalian bisa menghubungkan printer dengan komputer atau laptop, lalu menghubungkan kabel power printer dengan stopkontak.

Setelah itu, kalian hanya perlu menghidupkan printer. Lalu, tunggulah hingga printer benar-benar sudah terhubung dengan perangkat yang kalian hubungkan.

3. Buka Windows Fax & Scan

Jika telah dihubungkan, selanjutnya printer sudah bisa langsung memindai atau scan dokumen atau foto. Caranya, pertama, kalian masukan dokumen atau foto pada tempat scanner di printer.

Kemudian buka aplikasi Windows Fax & Scan di Windows kalian. Setelah itu, kalian hanya perlu menekan menu New Scan di aplikasi tersebut. Aplikasi ini biasanya bisa kalian temukan di tombol Start Windows.

cara scan di printer

4. Melakukan Scan

Kemudian, berikutnya, setelah menekan menu New Scan, kalian bisa mengatur pengaturan scan. Kalian bisa mengubah resolusi, crop bagian dokumen, atau mengatur format yang dihasilkan dari scan.

Jika kalian telah mengatur pengaturan scan. Kalian bisa menekan tombol Preview untuk mengetahui hasil scan nantinya. Lalu, kalian bisa klik tombol Scan untuk memulai proses scan.

cara scan di printer

5. Melihat Hasil Scan

Setelah melewati langkah-langkah dalam cara scan di printer sebelumnya. Kalian bisa langsung melihat hasil foto atau dokumen yang telah di scan sebelumnya di folder komputer atau laptop kalian.

Biasanya, file yang telah di scan melalui aplikasi Windows Fax & Scan ini akan tersimpan di folder direktori Documents > Scanned Documents. Disana kalian bisa menemukan foto atau dokumen yang telah di scan.

cara scan di printer

Akhir Kata

Dengan melakukan cara scan di printer di atas, kini kalian dapat melakukan print dengan mudah menggunakan printer yang kalian miliki di rumah hanya dengan melalui beberapa tahapan saja.

Mungkin sekian dulu apa yang dapat saya sampaikan di artikel ini. Semoga cara scan di printer HP, Epson, Canon dan printer lainnya ini bisa bermanfaat. Apabila ada pertanyaan, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Membuka File ENC

Rezaldy
2 min read

Cara Kompres File

Rezaldy
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *