Cara Root STB Indihome

cara root stb indihome

Cara root STB Indihome tanpa bongkar STB adalah cara yang tengah dicari-cari bagi pengguna Indihome yang ingin menginstall aplikasi lain pada perangkat STB Android yang terhubung ke televisinya.

Apabila kita membeli layanan internet dari Indihome, biasanya kita juga mendapatkan tambahan tawaran paket TV. Kalau kita ambil, kita akan mendapatkan sebuah perangkat yang dinamakan STB.

Alat atau perangkat STB ini dapat kita hubungkan ke televisi untuk nantinya kita dapat gunakan untuk menonton siaran televisi. Perangkat STB ini sendiri memiliki sistem Android.

Namun berbeda dengan sistem Android pada umumnya. Sistem Android yang terpasang pada STB ini telah disetel sedemikian rupa. Sehingga kita hanya dapat menginstall aplikasi-aplikasi tertentu saja.

Nah, apabila kalian ingin mencoba menginstall aplikasi lain. Kalian harus melakukan root pada sistem Android di perangkat STB ini. Sehingga nantinya kita dapat menginstall aplikasi apapun yang kita inginkan.

Sedikit disclaimer dari saya, gunakanlah aplikasi ini hanya sebatas untuk pembelajaran saja. Kami tidak bertanggung jawab atas resiko yang kalian hadapi kedepannya setelah menggunakan cara ini.

Bahan-bahan Root

Sebelum melanjutkan ke tutorial, pertama-tama kalian wajib menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa saja keperluan atau bahan-bahan yang diperlukan untuk root STB Indihome ini?

  • STB Indihome bekas ZTE ZXV10 B760H.
  • Kabel USB Male-to-Male.
  • PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows.
  • Software-software pendukung.

Cara Root STB Indihome

Untuk melakukan root, kalian hanya perlu melewati beberapa langkah-langkah mudah yang akan saya sampaikan ini berikut ini. Cara root STB Indihome sendiri terdiri dari berbagai metode.

Metode yang pertama dilakukan dengan membongkar STB Indihome. Sementara metode yang kedua adalah tanpa membongkar STB Indihomenya. Kali ini saya akan membagikan cara kedua.

Bagi kalian yang ingin root STB Indihome tanpa repot-repot bongkar STB Indihome. Kalian bisa mencoba cara berikut ini. Begini cara root STB Indihome dengan mudah dan cepat tanpa bongkar STB Indihome.

1. Install Software Pendukung

Langkah awal, kalian wajib mengunduh software pendukung seperti USB Burning Tools, Amlogic Driver, dan Pulpstone Amlogic Update USB Tool. Setelah itu install atau ekstrak software tersebut di PC atau laptop kalian.

Nah apabila bahan-bahan serta software pendukung telah disiapkan, kalian bisa langsung masuk ke tutorial cara reset STB Indihome ZTE ZXV10 B860H tanpa perlu bongkar perangkat STB Indihomenya.

2. Factory Reset

Setelah berhasil mengunduh dan menginstall software atau aplikasi-aplikasi pendukung di atas, selanjutnya kalian bisa melakukan factory reset pada perangkat STB B860h kalian.

Cara untuk melakukan factory reset di STB B860h sangatlah mudah. Caranya, kalian hanya perlu masuk ke menu Settings > About > Data Factory Reset > massukan password (6321) > Ok.

3. Buka Aplikasi Burning Tools

Jika kalian telah berhasil melakukan factory reset pada STB Indihome B860h kalian. Selanjutnya, jalankan aplikasi burning tools yang telah kalian pasang sebelumnya di PC atau laptop kalian.

Aplikasi ini hanya berfungsi untuk mendeteksi apakah perangkat STB B860h kalian telah terhubung atau belum dengan PC nantinya. Setelah membuka aplikasinya, lanjut ke langkah berikutnya.

4. Hubungkan STB dengan PC/Laptop

Kemudian hubungkanlah STB dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB Male-to-Male. Cabut kabel power yang terhubung ke STB, kemudian tahan tombol power pada STB Indihome kalian.

Sembari menekan tombol power, hubungkanlah STB menggunakan USB Male-to-Male yang telah kalian siapkan ke PC atau laptop pada slot USB kedua. Periksalah apakah USB telah terhubung melalui aplikasi Burning Tools.

5. Buka Aplikasi Pulpstone Amlogic Update USB Tool

Lalu setelah berhasil melewati langkah-langkah sebelumnya dengan benar. Selanjutnya buka aplikasi Pulpstone Amlogic Update USB Tool yang telah kalian unduh dan telah di ekstrak sebelumnya.

Berikutnya tekan 1 > enter > 2 > enter. Kemudian tunggulah hingga proses selesai sampai mencapai 100%. Jika telah selesai, kalian dapat melihat tulisan success di dalam command aplikasi.

Setelah selesai instalasi, hubungkanlah STB kembali dengan televisi seperti biasanya. Setelah itu, kalian harus kembali mengatur hal-hal berikut ini yang akan saya sampaikan pada langkah berikutnya.

6. Factory Data Reset

Jika telah melalui langkah-langkah sebelumnya dan telah kembali menghubungkan STB ke televisi, ketika STB dinyalakan, kalian wajib memilih opsi Set TVLauncher pada opsi yang muncul di layar.

Berikutnya kalian wajib melakukan factory data reset di STB Indihome kalian. Caranya masuk ke Settings > More Settings > Backup & Reset > lalu pilih Factory Data Reset. Tunggu selama beberapa saat.

7. Buka Terminal Emulator

Apabila STB telah menyala, silahkan buka terminal emulator dengan mengetik kode perintah di bawah ini.

[su_note note_color=”#f2f2f0″]su (pencet enter/beri izin)

sh /system/gigi/gigi (pencet enter)[/su_note]

Akhir Kata

Setelah berhasil menroot STB Indihome kalian melalui cara root STB Indihome di atas, kalian sudah dapat menginstall berbagai aplikasi di STB Indihome kalian dengan mudah.

Namun, perlu kalian ketahui jika pada ROM ini tidak tersedia aplikasi dari Google. Jadi pastikan kalian mengunduh aplikasi dari pihak ketiga seperti apkpure.com, aptoide.com, atau install apk Android secara manual.

Walaupun ROM ini memiliki ukuran yang cukup besar. Namun ROM ini sangat ringan jika telah digunakan. Sayangnya cara root STB Indihome ini tak dapat dilakukan tanpa PC atau bantuan laptop.

Sekali lagi untuk disclaimer, saya disini hanya berbagi ilmu. Saya tidak bertanggung jawab dengan resiko apa yang akan terjadi kedepannya. Gunakanlah tutorial ini dengan sebijak-bijaknya.

Demikianlah cara root STB Indihome ZTE ZXV10 B860H tanpa bongkar STB. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan seputar artikel ini, silahkan komentar di bawah.