Cara Root HP Asus

cara root hp asus

Banyak sekali pengguna ponsel Asus yang menanyakan atau mencari bagaimana cara root hp Asus Zenfone semua series atau tipe tanpa atau dengan menggunakan PC.

Karena seperti yang telah diketahui, sejumlah aplikasi di Android hanya dapat di akses dengan ponsel yang telah memiliki akses root. Root sendiri berfungsi memberikan akses penuh pengguna atas ponselnya.

Jadi, setelah kamu mengaktifkan akses root di ponsel kamu, kamu dapat mengakses dan melakukan apapun terhadap ponsel kamu setelah melewati proses tertentu.

Namun, sebelum kamu membuka akses root di hp Asus kamu. Sebaiknya kamu mengetahui kekurangan melakukan root di hp. Karena, selain dapat memberikan kendali penuh, root juga memiliki beragam kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Root

Adapun kelebihan melakukan root adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengakses semua aplikasi yang membutuhkan akses root.
  • Memiliki kendali penuh atas ponsel.
  • Lebih hemat baterai.
  • Bisa custom ROM.
  • Akses ponsel tanpa lambat.
  • Menghapus iklan.
  • dan lain-lain.

Walaupun memiliki kelebihan, root juga memiliki banyak kekurangan. Apa saja? berikut adalah kekurangan melakukan root di Android:

  • Menghilangkan garansi ponsel.
  • Rentan terkena malware.
  • Tidak bisa melakukan upgrade OS otomatis.

Setelah kamu membaca kelebihan dan kekurangannya di atas, kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melanjutkan masuk ke cara root hp Asus yang akan kita bahas kali ini.

Apabila kamu telah yakni dan ingin melakukan root pada ponsel kamu. Kamu bisa langsung baca tutorial selengkapnya berikut ini.

Cara Root HP Asus

Cara root ini dapat dilakukan melalui sejumlah metode, diantaranya menggunakan PC atau tanpa menggunakan PC yang dilakukan dengan bantuan aplikasi Android.

1. Cara Root HP Asus Tanpa Aplikasi

Jika kamu tak memiliki perangkat PC berupa komputer atau laptop untuk melakukan root hp Asus kamu. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk membuka akses root di hp kamu.

Cara ini dilakukan dengan aplikasi yang mungkin familiar di telingan kita. Yap, aplikasi yang akan kita gunakan untuk root kali ini adalah KingRoot. Unduh aplikasi KingRoot melalui tautan ini.

Berikut adalah cara root tanpa PC menggunakan aplikasi KingRoot:

  1. Unduh dan install aplikasi KingRoot di Android kamu.
  2. Buka aplikasi KingRoot yang telah berhasil diinstall.
  3. Tap tombol Try To Root untuk memulai proses root.
  4. Tunggu prosesnya selama beberapa saat.
  5. Jika root berhasil dilakukan, maka akan muncul notifikasi Root Succesfully berwarna hijau.
  6. Selesai.

2. Cara Root HP Asus dengan PC

Selanjutnya, jika kamu ingin mencoba melakukan root dengan menggunakan perangkat pc (komputer atau laptop), kamu bisa mencoba cara yang saya akan sampaikan ini.

Namun, sebelum masuk ke tutorial, ada bahan-bahan yang harus kamu unduh terlebih dahulu. Diantaranya adalah Intel Android USB Driver, Asus Android USB Driver, serta Zenfone RootKit.

Jika sudah siap, lanjut ke caranya:

  1. Install dan ekstrak bahan-bahan yang telah saya sebutkan di atas.
  2. Jalankan fitur USB Debugging di hp Asus melalui Setelan > Sistem > Opsi Developer > Debugging USB.
  3. Hubungkan hp dengan PC menggunakan kabel USB.
  4. Buka folder Zenfone RootKit yang telah di ekstrak tadi, kemudian klik file Root.bat.
  5. Tunggu prosesnya selama beberapa saat.
  6. Selesai.
cara root hp asus

Akhir Kata

Kurang yakni ponsel telah berhasil di root menggunakan cara root hp Asus Zenfone di atas? kamu bisa memanfaatkan aplikasi Root Checker yang dapat dengan mudah kamu temukan di Google Play Store.

Dalam beberapa kasus, beberapa aplikasi tidak dapat memberikan akses kepada ponsel yang telah di root. Oleh karena itu, kamu juga wajib melakukan cara sembunyikan status root untuk dapat mengaksesnya.

Cara root hp Asus ini dapat kamu lakukan hampir di seluruh tipe ponsel Asus. Diantaranya seperti: zenfone 5, zenfone max pro m2, z007, x014d, max pro m1, zenfone 2, zenfone 3, zenfone 4 max, zenfone 3 max, zenfone go, zenfone c dan tipe lainnya.

Mungkin cukup sekian dulu tutorial kali ini tentang cara root hp Asus semua tipe menggunakan atau tanpa PC dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar di bawah.