Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Print Excel Tanpa Terpotong

1 min read

cara print excel tanpa terpotong

Agar rapi dan sesuai dengan kertas, pengguna Microsoft Excel harus melakukan cara tertentu agar hasil print dari excel bisa dihasilkan tanpa terpotong dan sesuai dengan kertas.

Bagi orang awam yang baru saja menyentuh excel, mungkin akan bertanya-tanya mengapa excel yang telah dibuat tidak rapi dan sesuai dengan kertas.

Hal ini berbeda dengan apa yang biasa kita temukan ketika menggunakan Microsoft Word, yang mana, pengguna akan mendapatkan hasil yang serupa dengan apa yang dilihat pada word.

Nah, untuk excel sendiri, agar hasil bisa maksimal dan sesuai dengan apa yang kita inginkan, Anda harus mengikuti cara print excel tanpa terpotong berikut ini.

Cara ini tidak hanya berfungsi untuk menghindari potongan yang tidak diinginkan, tetapi juga berfungsi untuk menyesuaikan tampilan excel sesuai dengan apa yang kita inginkan nantinya.

Lalu bagaimana cara untuk print excel agar tidak terpotong? yuk, simak panduan selengkapnya berikut ini.

Cara Print Excel Tanpa Terpotong

  1. Buka file excel yang akan di print.
  2. Pilih menu Page Layout > Size > pilih ukuran kertas yang diinginkan seperti A4.
  3. Block area yang akan di print.
  4. Buka Page Layout > pilih Print Area > lalu klik Set Print Area. Pastikan area yang akan di print masih di block.cara print excel tanpa terpotong
  5. Untuk memastikan hasilnya, Anda bisa masuk pada menu Print, disana Anda bisa melihat preview excel yang telah Anda buat.
  6. Setelah dirasa yakin, Anda bisa langsung masuk pada proses print.

Apabila tampilan masih belum sesuai, seperti isi konten yang kekecilan atau terlalu besar dan tidak sesuai dengan kertas, Anda bisa mencoba untuk menggunakan cara mengatur kertas di excel berikut.

Cara Mengatur Kertas di Excel

  1. Buka file excel yang akan di edit.
  2. Kemudian klik menu Page Layout > Margin.
  3. Pilih Custom margin.
  4. Pada bagian Page atur tampilan menjadi Potrait atau Landscape sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Kemudian atur Scalling menjadi Fit to.
  6. Lalu klik Ok. Preview tampilan kemudian Anda bisa melanjutkan ke proses print.cara print excel tanpa terpotong

Nah jika sudah selesai, tampilan sudah sesuai yang diinginkan dan lain sebagainya. Anda bisa langsung melanjutkan ke proses print. Cara tercepat untuk melakukannya yaitu dengan menekan shortcut CTRL+P secara bersamaan.

Namun, pastikan sebelum melakukan print, Anda telah melihat previewnya. Preview sendiri adalah sebuah gambaran dari printan excel yang nantinya dihasilkan.

Akhir Kata

Dengan mengikuti cara di atas, hasil print dari excel Anda tak akan lagi terpotong. Nantinya hasil akan terlihat rapi dan sesuai dengan kertas tanpa ada bagian yang terpotong.

Namun, selalu pastikan jika Anda mengikuti cara print excel tanpa terpotong di atas secara detail agar hasilnya bisa sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Demikianlah cara print excel tanpa terpotong. Semoga dapat bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada penulis, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Excel Tidak Bisa di Save

Rezaldy
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *