Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Multiplayer PPSSPP di Android

2 min read

cara multiplayer ppsspp di android

Cara Multiplayer PPSSPP di Android – Telah beberapa dekade lalu Play Station 1 (PS1) pernah berjaya di eranya. Namun tetap saja, meski sekarang sudah memasuki era PS4, hasrat memainkan gim-gim PS1 selalu ada. Hal itu bukan tanpa alasan, karena memainkan gim PS1 dapat membawa kita ke dalam nostalgia kenangan lama yang indah pada masanya.

Keberadaan PS1 sendiri sekarang memang sudah mulai langka ditemukan. Namun, meski demikian, Anda tak perlu khawatir, karena sekarang Anda sudah bisa memainkan gim PS1 dimana dan kapan saja.

Untuk bernostalgia dengan gim-gim lawas, kini Anda tak perlu memiliki PS1 untuk memainkannya. Karena sekarang Anda sudah dapat memainkan gim PS1 hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Melalui aplikasi yang dinamakan PPSSPP, kini Anda sudah bisa bermain seluruh gim PS1 secara gratis.

Apa itu PPSSPP?

Sebelum melanjutkannya ke tutorial, Anda harus mengetahui apa itu PPSSPP? dan bagaimana aplikasi ini bisa memainkan gim PS1 melalui ponsel pintar?

PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably (PPSSPP) adalah emulator Play Station 1 (PS1) yang awalnya dapat di akses melalui sistem operasi Windows, Linux, dan OS X. Namun beberapa waktu kemudian dikembangkan ke sistem operasi ponsel pintar seperti Android dan iOS. Emulator ini dapat digunakan untuk memainkan seluruh gim PS1.

Keuntungan Menggunakan PPSSPP

  • Tak perlu memiliki PS1 untuk dapat memainkan gim PS1
  • Fleksibel sehingga dapat memainkan gim PS1 dimana dan kapan saja
  • Aplikasi dapat di unduh secara gratis
  • Memiliki fitur yang lebih lengkap daripada di PS1 itu sendiri (dapat memanipulasi gim atau menggunakan program ketiga untuk membantu menyelesaikan gim dengan mudah)
  • Gim bisa dimainkan tanpa kaset karena file gim bisa di unduh secara gratis di internet

Cara Multiplayer PPSSPP di Android

Salah satu fitur yang menarik dari PPSSPP adalah multiplayer. Melalui fitur ini, pengguna dapat bermain gim PS1 bersama dengan temannya yang sama-sama menggunakan PPSSPP dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi.

Untuk dapat mengakses fitur multiplayer sendiri, tentu saja pengguna harus sama-sama memiliki ponsel pintar yang memiliki fitur Wi-Fi. Tak sampai disitu, pengguna juga harus mengatur pengaturan PPSSPP agar kedua perangkat terhubung satu sama lain ke dalam fitur multiplayer.

Cara multiplayer PPSSPP berikut ini, dilakukan melalui perspektif dari dua perangkat ponsel pintar. Karena untuk mengakses fitur multiplayer, pengguna harus ada yang berperan sebagai host dan client.  Dalam hal ini, Anda bebas menentukan perangkat yang akan berperan sebagai host dan client.

Cara Setting Multiplayer PPSSPP di Perangkat 1 (Host)

    1. Unduh aplikasi ad-hoc server pro, kemudian jalankan aplikasinya
    2. Masuk pada menu Pengaturan di Android
    3. Pada opsi Nirkabel & jaringan, pilih Pengaturan lain
    4. Pilih Tethering dan Portable Hotspot
    5. Selanjutnya aktifkan fitur Hotspot
    6. Jalankan aplikasi PPSSPP di Android Anda
    7. Masuk ke dalam menu Settings > lalu pilih Networking
    8. Centang opsi Enable Networking/WLAN dan opsi Enable built-in ad hoc server
Cara Bermain Multiplayer PPSSPP di Android

Cara Setting Multiplayer PPSSPP di Perangkat 2 (Client)

    1. Aktifkan Wi-Fi dan hubungkan ke Wi-Fi perangkat host
    2. Buka aplikasi PPSSPP, pilih menu Settings > Networking
    3. Centang opsi Enable Networking/WLAN dan opsi Enable built-in ad hoc server
    4. Pastikan IP address pada Change PRO ad hoc server IP address telah sama
Cara Bermain Multiplayer PPSSPP di Android

Cara Main Multiplayer PPSSPP [Lanjutan]

  1. Pada kedua perangkat, jalankan gim yang akan dimainkan secara multiplayer
  2. Setelah gim terbuka, di kedua perangkat cari dan buka menu multiplayer/ad hoc
  3. Pada perangkat host, silahkan pilih opsi Create room, dan masukan nama room sesuai keinginan
  4. Pada perangkat client, silahkan ketuk Search room, cari dan pilih nama room yang telah dibuat sebelumnya oleh host
  5. Selesai, Anda telah dapat bermain multiplayer di ppsspp.

Apakah Akan Menguras Kuota?

Karena menggunakan akses hotspot dan wi-fi untuk dapat bermain multiplayer PPSSPP. Maka orang-orang akan bertanya, apakah akan menguras kuota?

Jawabannya adalah tidak, Anda tak akan dikenakan biaya kuota atau pulsa untuk bermain multiplayer di PPSSPP. Karena fitur multiplayer hanya memanfaatkan fitur wi-finya saja untuk menghubungkan kedua perangkat. Namun, jika Anda ragu, Anda bisa menonaktifkan data seluler.

Tambahan

Apabila perangkat masih tak terhubung, silahkan coba ulang tutorial di atas dari awal dan pastikan bahwa MAC address pada menu Settings > Networking aplikasi PPSSPP tidak sama.

Selain itu, supaya kinerja gim maksimal, usahakan untuk tidak menggunakan gim yang memiliki save data, karena dapat menyebabkan tampilan rusak.

Apakah cara ini bisa digunakan lintas platform? misalnya antara perangkat iOS dengan Android. Saya sendiri tidak mengetahui hal ini. Karena keterbatasan perangkat, saya tak bisa melakukan eksperimen lintas platform.

Akhir Kata

Cukup mudah bukan? nah bagi Anda yang ingin bernostalgia memainkan gim PS1 bersama teman. Anda cukup menggunakan aplikasi PPSSPP di ponsel pintar dan Anda sudah dapat kembali ke masa lalu bersama teman Anda.

Jika Anda masih kesulitan untuk bermain multiplayer PPSSPP di Android bersama teman Anda. Silahkan hubungi kontak kami melalui laman sosial media yang tersedia pada blog ini.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Download di MEGA

Rezaldy
2 min read

Layar Laptop Berkedip

Rezaldy
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *