Cara Menyimpan Video Capcut

cara menyimpan video capcut ke galeri

Cara menyimpan video capcut ke galeri tidak sesulit yang dibayangkan. Namun, bagi pengguna awam yang baru saja merasakan aplikasinya, tentu saja akan mengalami sedikit kesulitan untuk melakukannya.

Apa itu CapCut?

CapCut adalah sebuah aplikasi editing video di perangkat Android yang memiliki banyak fitur menarik didalamnya. Pada aplikasi ini, kalian juga bisa mengedit video dengan gaya seperti pada aplikasi TikTok.

Buat kalian yang ingin mengedit video singkat dengan gaya TikTok untuk dibagikan ke media sosial. Tak ada salahnya apabila kalian mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengedit video.

Kini, aplikasi edit CapCut ini cukup populer dan trending di media sosial. Salah satu editan yang pernah viral di aplikasi ini adalah cara edit foto jadi anime. Tak heran jika kini milenial banyak menggunakan aplikasi ini.

Namun, walaupun demikian, satu permasalahan yang seringkali menjerat pengguna baru aplikasi ini yakni adalah metode atau tutorial cara menyimpan video CapCut ke galeri hp dengan mudah.

Bagi pengguna awam, menyimpan video yang telah di edit oleh aplikasi CapCut mungkin rumit. Tetapi, kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menyimpan video CapCut ke galeri hp dengan mudah.

Cara Menyimpan Video Capcut

Tidaklah sesulit yang dibayangkan, cara menyimpan video di CapCut sama halnya dengan aplikasi editor video lainnya. Jika kalian bingung, kalian bisa menyimak cara menyimpan video CapCut ke galeri hp berikut ini:

  1. Pertama, jalankan aplikasi CapCut di ponsel kalian.
  2. Kemudian, unggah video yang ingin di edit.
  3. Pilih video yang akan di edit pada galeri ponsel kalian.
  4. Langkah berikutnya, editlah video menggunakan aplikasinya.
  5. Lalu untuk menyimpannya, tekan ikon panah ke atas yang terletak di sebelah pojok kanan atas aplikasi.
  6. Selanjutnya, tekan tombol Export.
  7. Tunggulah hingga proses rendering atau editing selesai di proses.
  8. Klik Done, selesai.
cara menyimpan video capcut ke galeri

Ketika kalian sedang melakukan proses rendering video atau foto yang telah kalian edit pada aplikasi CapCut, pastikan kalian tidak keluar atau mengunci layar aplikasi hingga proses renderingnya selesai.

Setelah itu, video yang telah kalian edit menggunakan aplikasi CapCut akan langsung tersimpan ke galeri hp. Kalian juga bisa langsung membagikan videonya ke media sosial seperti TikTok dan Instagram.

Penyebab Video CapCut Tidak Tersimpan

Kendati telah melakukan cara menyimpan video CapCut ke galeri hp di atas, kalian bisa saja mengalami kegagalan ketika menyimpan videonya ke galeri hp kalian. Lantas, apa yang menjadi penyebab video di CapCut tidak tersimpan?

1. Keluar Aplikasi

Ketika proses rendering, kalian akan mendapatkan peringatan yang bertuliskan jika kalian tidak boleh keluar dari aplikasi CapCut. Bila video gagal disimpan, mungkin salah satu penyebabnya adalah ini.

2. Layar HP Mati atau Terkunci

Selain pemberitahuan mengenai jangan keluar aplikasi, kalian juga akan mendapati peringatan lainnya yang bertuliskan jangan mematikan layar atau mengunci layar hp kalian dalam proses rendering.

3. Ukuran Video Cukup Besar

Kemungkinan video CapCut yang tidak bisa disimpan berikutnya yakni karena video yang kalian unggah pada aplikasi tersebut berukuran besar. Solusinya kalian harus mengkompress ukuran videonya terlebih dahulu.

4. Memori Tidak Mencukupi

Proses editing video biasanya akan menghasilkan ukuran yang cukup besar, jadi pastikan selalu jika memori hp atau ponsel kalian memiliki ruang yang cukup untuk dapat menampung video yang telah di edit.

Akhir Kata

Cukup mudah bukan cara menyimpan video CapCut ke galeri hp ini?

Proses rendering pada aplikasi CapCut biasanya bergantung pada ukuran serta editing yang kalian lakukan. Semakin kecil dan sedikit durasi video, maka biasanya akan semakin cepat pula proses renderingnya selesai.

Sebaliknya, semakin panjang durasi atau video yang di edit, maka akan semakin lama pula proses rendering yang dibutuhkan. Dalam proses rendering, pastikan layar atau aplikasi tetap terbuka.

Mungkin itu saja apa yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga cara menyimpan video CapCut ke galeri hp ini bisa bermanfaat. Apabila masih ada pertanyaan, silahkan komentar di bawah.