Cara Mengosongkan Google Drive

cara mengosongkan google drive

Cara mengosongkan Google Drive mungkin bakal kamu cari ketika penyimpanan Google mulai mengirimkan kamu notifikasi bahwa akun Google Drive kamu telah penuh.

Sebelum masuk ke inti, apakah kamu mengetahui apa itu Google Drive dan bagaimana fungsinya? jika belum mengetahuinya, simak informasinya terlebih dahulu berikut ini.

Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah sebuah tempat penyimpanan online yang dimiliki oleh Google yang dapat di akses secara mudah melalui sejumlah perangkat seperti ponsel, laptop, atau PC desktop.

Dengan menggunakan Google Drive, kamu tak perlu lagi khawatir akan kehilangan data di perangkat. Karena kamu bisa mengembalikannya menggunakan Google Drive.

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan file atau dokumen penting yang kita miliki. Google Drive juga menjadi tempat penyimpanan dari aktivitas yang kita lakukan.

Jika ponsel atau perangkat kamu terhubung dengan akun Google. Maka seluruh aktivitas seperti foto, email atau riwayat pencarian akan tersimpan secara otomatis di Google Drive.

Google Drive sendiri dapat di akses oleh pengguna secara gratis, namun memiliki limit penyimpanan hanya 15 GB saja. Untuk meningkatkan penyimpannya, kamu bisa melakukan upgrade akun Google Drive.

Dampak Google Drive Penuh

Adapun beberapa akibat atau dampak yang dapat dirasakan jika akun Google Drive penuh adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kamu tidak bisa menerima atau mengirim email menggunakan Gmail.
  • Selanjutnya, kamu tidak bisa mengupload file baru di Google Drive.
  • Kemudian kamu juga tidak bisa menyingkronkan perangkat kamu ke Google Drive.
  • Lalu, kamu tidak dapat mengunggah foto ke Google Foto dalam kualitas asli.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan upgrade akun atau dengan mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive.

Cara Mengosongkan Google Drive

Jika penyimpanan Google Drive kamu telah penuh, cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive mungkin bisa menjadi solusi bagi kamu yang tak ingin melakukan upgrade akun.

Berikut adalah cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive:

  1. Login Google Drive di perangkat kamu.
  2. Klik pada menu Penyimpanan.
  3. Pilih seluruh file yang akan dihapus.
  4. Klik kanan pada file yang ingin dihapus.
  5. Lalu pilih Hapus.
  6. Pilih folder Sampah.
  7. Klik kanan pada file yang akan dihapus.
  8. Lalu pilih Hapus selamanya.
cara mengosongkan google drive

Setelah menghapus sejumlah file di Google Drive. Maka ruang penyimpanan di Google Drive kamu akan kosong dan bisa kamu isi kembali dengan file baru.

[su_note note_color=”#f2f2f0″]Tips: tekan tombol SHIFT pada keyboard saat kamu memilih file dari awal hingga akhir agar file terblock seluruhnya. Cara ini lebih cepat dibandingkan jika kamu menghapusnya secara satu persatu.[/su_note]

Tips Sebelum Mengosongkan File

Sebelum mengosongkan file di Google Drive menggunakan cara di atas. Ada sebuah hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Apa itu? simak informasinya berikut ini.

File yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan, oleh karena itu, pastikan jika kamu telah memindahkan atau melakukan backup data-data penting terlebih dahulu.

Atau, kamu juga bisa secara selektif memilih file yang ingin dihapus. Sehingga tidak seluruh file kamu hapus. Pilihlah file yang berukuran besar namun tidak begitu penting untuk kamu.

Untuk mengetahui ukuran file, kamu bisa melihat ukuran file di Google Drive dengan menekan file lalu pilih pengaturan, kemudian pilih Detail. Atau pada menu Penyimpanan, kamu bisa melihat ukuran file pada kolom Penyimpanan terpakai.

Akhir Kata

Jika Google Drive masih penuh. Pastikan kamu telah menghapus seluruh email di Gmail atau di Google Foto terlebih dahulu. Setelah itu, lihatlah perbedaannya.

Apabila kamu tidak ingin menghapus file sebelumnya. Kamu bisa mencoba alternatif penyimpanan cloud lain atau melakukan upgrade pada akun Google Drive kamu.

Demikianlah cara mengosongkan ruang penyimpanan di Google Drive. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar di bawah ini.