Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Mengirim CV Lewat Email

3 min read

cara mengirim cv lewat email

Cara mengirim CV lewat email kini memang sering dilakukan seiring berkembangnya teknologi informasi di era digital seperti sekarang ini selain dilakukan penyerahan CV langsung ke perusahaan secara offline.

Apalagi di era pandemi seperti sekarang ini. Lowongan pekerjaan dari perusahaan akan lebih banyak meminta pengiriman CV melalui email untuk menghindari banyak kerumunan saat para calon pekerja melamar ke perusahaan.

Agar perusahaan dapat menerima lamaran kalian. Kalian harus memperhatikan format pengiriman CV melalui email dengan baik dan benar. Selain karena etika, format pengiriman CV yang baik memungkinkan kalian untuk bisa diterima di perusahaan tersebut.

Apabila kalian ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan namun masih belum mengetahui cara mengirim CV lewat email yang baik dengan benar. Kalian wajib menyimak tutorialnya berikut ini.

Persiapan Mengirim Email CV

Adapun berbagai tahapan yang perlu kalian lakukan dalam mengirim email lewat CV dengan baik dan benar. Tahapan-tahapan tersebut bisa kalian simak selengkapnya berikut di bawah ini.

1. Mempersiapkan Dokumen Lamaran

Tentu saja, ketika akan mengirim lamaran, kita wajib terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan atau persyaratan dokumen CV yang harus kita berikan kepada perusahaan.

Syarat-syarat tersebut biasanya bermacam-macam, tergantung dengan permintaan perusahaan. Namun, pada umumnya, persyaratan yang harus kalian persiapkan dalam melakukan lamaran adalah sebagai berikut ini.

  • Pas foto terbaru dengan tampilan rapi
  • Foto atau scan KTP
  • Surat lamaran kerja
  • Daftar riwayat hidup atau CV
  • Foto atau scan ijazah pendidikan
  • Foto atau scan transkrip nilai
  • Foto atau scan dokumen pendukung (sertifikat, pengalaman kerja, pelatihan, TOEFL, dan lain-lain).

Jika kalian ingin mengunggah dokumen, saya sarankan agar kalian mengunggah dokumen dengan melakukan scan dokumen. Jangan gunakan foto kamera hp agar foto dokumen terlihat jelas oleh HRD.

Apabila kalian tidak tahu bagaimana cara scan di printer. Kalian bisa membaca tutorialnya di artikel yang pernah kami bahas sebelumnya di blog ini untuk dapat melakukannya.

Usahakan format file dari dokumen yang telah di scan memiliki format .doc/.doxc, jpg/jpeg, atau pdf dengan ukuran file yang sekecil mungkin agar file mudah di akses oleh HRD dari perusahaan.

2. Gunakan Email dengan Nama Lengkap

Agar mudah dikenali dan diingat oleh HRD. Sebaiknya dalam melakukan pengiriman CV melalui email. Jika bisa, gunakanlah alamat email yang mengandung nama asli atau nama lengkap kalian.

Hindarilah menggunakan email dengan nama palsu. Apalagi dengan nama email yang cukup jorok atau toxic. Hal ini mungkin bisa saja mempengaruhi diterima atau tidaknya kalian di perusahaan.

3. Pastikan Telah Membaca Syarat dan Ketentuan

Sebelum masuk ke tutorial cara mengirim CV lewat email. Pastikan kalian telah membaca ketentuan, persyaratan atau syarat dan ketentuan pengiriman CV kepada perusahaan secara online.

Biasanya kalian bisa membaca ketentuan pengiriman CV kepada sebuah perusahaan dari deskripsi atau caption yang ada pada informasi lowongan pekerjaan perusahaan itu sendiri.

Penting sekali untuk memperhatikan ketentuan pengiriman CV ini. Karena apabila ada sebuah ketentuan atau persyaratan yang terlewatkan, mungkin kalian tidak akan diterima oleh perusahaan.

Cara Mengirim CV Lewat Email

Nah, setelah berhasil mempersiapkan hal-hal yang telah kami sampaikan sebelumnya. Tahapan berikutnya yakni kita akan masuk ke tahapan mengirim CV lamaran pekerjaan melalui email. Begini caranya.

1. Menulis Email Baru

Langkah yang pertama, yakni menulis email baru. Jika kalian menggunakan layanan email dari Google. Kalian bisa masuk ke alamat mail.google.com. Kemudian masuk dengan akun Google kalian.

Berikutnya, setelah berhasil masuk ke halaman Gmail. Selanjutnya ketuk opsi Tulis untuk membuat atau menulis email baru. Nah, lalu isilah kolom penerima, subjek, atau isi email.

cara mengirim cv lewat email

2. Isi Email Perusahaan dengan Benar

Pada kolom penerima, pastikan kalian memasukan alamat email perusahaan dengan benar. Setelah memasukan alamat email, cek kembali alamat email agar tidak terjadi salah pengiriman.

Apabila terjadi salah mengisi alamat email perusahaan yang akan dikirimi CV, efeknya email yang tidak akan sampai ke HRD dan secara otomatis kalian tidak akan diterima kerja di perusahaan tersebut.

mengisi alamat email

3. Isi Subjek dengan Benar

Selanjutnya, pastikan subjek email CV yang akan dikirim telah benar. Biasanya perusahaan meminta pelamar untuk mengirim lamaran subjek dengan format tertentu.

Misalnya, apabila dalam kolom informasi lowongan kerja perusahan tertulis subjek email harus diisi dengan “Lamaran – Divisi – Nama Lengkap”. Maka isilah seperti “Lamaran – Konsultan – Muhammad Rezaldy”.

cara mengirim cv lewat email

4. Tulis Lamaran di Email

Tahapan berikutnya, isilah bagian body email dengan surat lamaran pekerjaan singkat. Walaupun surat lamaran sendiri telah ditulis melalui file unggahan, setidaknya cara ini perlu kalian lakukan agar isi email tidak terlalu kosong,

Selain itu, alasan lainnya agar perusahaan dapat dengan langsung membaca lamaran pekerjaan kalian. Sehingga lamaran kalian memiliki potensi untuk dibaca atau diterima oleh perusahaan.

tulis lamaran pekerjaan

5. Unggah Berkas yang Telah Disiapkan

Langkah berikutnya, unggah berkas-berkas lamaran yang telah dipersiapkan sebelumnya berupa scan KTP, pas foto, surat lamaran kerja, CV, scan ijazah, scan transkip nilai, atau dokumen pendukung lainnya.

Dalam mengirim file lamaran, sejumlah perusahaan biasanya memberikan persyaratan agar dokumen digabungkan dalam sebuah dokumen baik itu doc atau pdf. Hal ini bertujuan agar HRD dapat memeriksa lamaran kalian dengan mudah.

Selain itu, sedikit tips tambahan dari saya. Usahakan jika file yang diunggah tidak memiliki ukuran lebih dari 2MB. Kalian bisa menggabungkan lamaran menjadi pdf kemudian mengkompress pdf hingga ukuran seminimal mungkin.

Untuk mengunggah berkas-berkas yang telah kalian siapkan sebelumnya melalui email. Kalian hanya perlu menekan ikon lampirkan file pada email seperti pada gambar berikut di bawah ini.

cara mengirim cv lewat email

6. Cek Ulang & Kirim Email

Nah setelah berhasil mengisi alamat email, subjek, pesan, serta mengunggah berkas-berkas lamaran pekerjaan. Selanjutnya pastikan seluruh data yang kalian input telah benar.

Jika kalian telah merasa seluruh data yang telah kalian masukan ke dalam lamaran pekerjaan telah benar. Kalian hanya perlu menekan tombol kirim pada email. Setelah itu kalian hanya perlu menunggu jawaban dari HRD.

Akhir Kata

Setelah berhasil mengirim lamaran melalui cara mengirim CV lewat email di atas. Meminta atau berdoalah sembari menunggu balasan dari HRD perusahaan yang telah kalian lamar agar diterima.

Nah itulah tadi bagaimana cara mengirim CV lewat email. Semoga cara di atas bisa bermanfaat dan semoga lamaran kalian diterima. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Melihat Alamat Email

Rezaldy
2 min read

Cara Translate Aksara Jawa

Rezaldy
2 min read

One Reply to “Cara Mengirim CV Lewat Email”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *