Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

2 min read

cara menghilangkan garis merah di word

Dalam menulis sesuatu di Word, mata kita pasti tak lepas dengan garis merah yang berada di bawah tulisan. Terganggu dengan garis tersebut? tenang saja, karena kalian dapat dengan mudah menghilangkan garis merah di Word dengan cara yang akan saya sampaikan.

Namun sebelum lanjut masuk ke tutorialnya, kamu perlu mengetahui fungsi dari garis merah tersebut terlebih dahulu, mengapa garis tersebut ada, lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Fungsi Garis Merah di Word

Sebetulnya, fungsi garis merah yang selalu ada tepat di bawah tulisan adalah petunjuk yang dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui kesalahan pengetikan seperti typo.

Dengan demikian, kalian bisa mengetahui kesalahan kalian ketika mengetik dengan melihat indikator berupa garis merah yang muncul tepat di bawah tulisan.

Lantas, yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa semua tulisan di Word kita merah, padahal yang kita tulis semuanya benar?

Alasannya, karena secara default, pengecekan kesalahan dalam pengetikan ini akan aktif berdasarkan region yang kamu pilih di Word. Jika kamu memilih region US, namun menulis Bahasa Indonesia, maka garis akan berwarna merah.

Selain warna merah, ada juga garis hijau yang muncul di bawah tulisan. Garis ini menunjukkan bahwa kata-kata kurang tepat yang telah kamu tulis baru saja dikoreksi secara otomatis.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Jika kamu merasa terganggu dengan keberadaan garis merah yang muncul pada setiap tulisan kamu di Word, kamu bisa menonaktifkannya melalui opsi pengaturan yang ada di Word.

Perlu kamu ingat jika cara menghilangkan garis merah ini dapat kamu praktikan di semua versi Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, maupun 2019. Namun jangan heran apabila ada sedikit perbedaan dari tampilannya.

Berikut adalah cara menghilangkan garis merah di Word:

  1. Buka Microsoft Word di PC/laptop kamu.
  2. Klik File > pilih Options.
  3. Apabila telah muncul jendela options, pilih menu Proofing.
  4. Kemudian uncentang atau hilangkan centang pada Check spelling as you type.
  5. Terakhir, klik OK.
cara menghilangkan garis merah di word

Sesudah itu, kamu tak akan lagi menemukan garis merah di bawah tulisan kamu di Word. Cukup mudah bukan?

Cara Menghilangkan Garis Hijau di Word

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, selain garis merah, di Word juga terdapat indikator garis hijau yang berfungsi sebagai indikator pengecekan grammar yang kurang tepat.

Berikut adalah cara menghilangkan garis hijau di Word:

  1. Buka Microsoft Word di PC kamu.
  2. Klik menu File > Options.
  3. Pada jendela baru pilih Proofing.
  4. Selanjutnya hilangkan ceklis pada Check grammar with spelling.
  5. Kemudian klik OK.

Cara Mengubah Proofing di Word

Jika kamu ingin mendapatkan bantuan indikator pengecekan tulisan yang benar berdasarkan Bahasa Indonesia, kamu bisa mengubah proofing dari default Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Berikut adalah tutorialnya:

  1. Unduh proofing Bahasa Indonesia disini.
  2. Install file proofing dengan format .exe yang telah di unduh.
  3. Buka Microsoft Word.
  4. Klik tab Review.
  5. Klik Language > Set Proofing Language.
  6. Pilih Indonesian.
  7. Klik OK.
cara menghilangkan garis merah di word

Pastikan untuk mengunduh file instalasi proofing berdasarkan versi tahun Microsoft Worid atau Office kamu ya. Jika tidak, maka proofing tidak dapat diganti meski file telah diisntall.

Oh iya, link unduhan proofing yang saya bagikan di atas, hanya untuk Word versi 2016. Jika kamu menggunakan versi berbeda, kamu hanya perlu mencarinya di pencarian dengan kata kunci “proofing bahasa [tahun]”.

Akhir Kata

Dengan menggunakan panduan di atas, kini kamu bisa menghilangkan garis merah yang selalu muncul tepat di bawah tulisan di Word yang selalu menggangu pandangan kamu.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai cara bagaimana menghilangkan garis merah di Ms Word 2007, 2010, 2013, 2016, dan 2019, semoga tutorial ini bisa bermanfaat.

Apabila kamu masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan garis merah di Microsoft Word ini, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *