Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Menghilangkan Garis di Excel

2 min read

cara menghilangkan garis di excel

Excel memiliki sebuah garis tabel yang secara otomatis terlihat ketika kita membuat sesuatu di aplikasinya. Lalu bagaiamana cara menghilangkan garis table di Microsoft Excel saat akan di print?

Mungkin saja, tak seluruh bagian di Excel harus memakai garis tabel. Dalam kondisi tertentu, kita mungkin tak membutuhkan garis tabel tersebut pada bagian tertentu.

Bagian-bagian yang tak membutuhkan garis tabel tersebut biasanya seperti judul lampiran tabel yang tengah dibuat atau bagian keterangan lain yang tak membutuhkan bagian garis tabel.

Lantas, bisakah kita menghapus garis tabel tersebut? jawabannya tentu saja bisa, dan kali ini TeknoRizen akan membagikan tutorial cara menghilangkan garis di Excel dengan sangat mudah.

Cara Menghilangkan Garis di Excel

Sebelum melanjutkannya ke tutorial perlu diketahui jika cara menghilangkan garis Excel ini dapat kamu gunakan pada Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, atau 2019.

Berikut adalah caranya:

  1. Buka Microsoft Excel
  2. Kemudian buat lembar kerja baru atau buka file Excel yang sudah ada sebelumnya.
  3. Kemudian klik menu View.
  4. Uncentang opsi Gridlines.
  5. Selesai, kurang lebih hasilnya akan seperti berikut ini.
cara menghilangkan garis di excel

Cara ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan keseluruhan garis yang ada pada Excel dan dapat lebih membantu kamu ketika fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Menghapus Garis Excel Melalui Pengaturan

Selain melalui tab atau menu View seperti langkah sebelumnya, kalian juga bisa langsung menghapus atau menghilangkan garis tabel Excel melalui menu pengaturan.

Simak langkah-langkahnya berikut:

  1. Buka Ms Excel di komputer atau laptop kamu.
  2. Klik menu File > Options.
  3. Pilih Advanced.
  4. Lalu cari Display options for this worksheet.
  5. Uncentang opsi Show gridlines.
  6. Klik OK.
cara menghilangkan garis di excel

Sebetulnya cara ini memiliki fungsi yang sama dengan langkah sebelumnya, yakni sama-sama menghilangkan keseluruhan garis tepi tabel pada Microsoft Excel, namun hanya metodenya saja yang berbeda.

Cara Menghilangkan Garis Pada Judul

Selanjutnya, jika kamu ingin menghilangkan garis pada kolom tertentu, khususnya judul, kalian bisa menggunakan cara yang satu ini. Cara ini bisa membuat judul tidak memiliki garis di Excel.

Berikut adalah cara selengkapnya:

  1. Jalankan program Excel.
  2. Buat lembar baru atau buka file Excel yang sudah ada.
  3. Pastikan kamu ada di menu Home.
  4. Block baris judul hingga kolom yang ingin kamu hilangkan garisnya.
  5. Klik Merge & Center.
  6. Selesai.
cara menghilangkan garis di excel

Setelah itu, posisi atau bagian judul akan berubah menjadi ditengah kolom dan baris yang telah kamu block sebelumnya, garis tepi pada tabel juga akan ikut menghilang.

Dengan demikian, kalian bisa membuat judul berada di antara tengah-tengah bagian kolom atau baris yang telah kalian block sebelumnya tanpa terhalang oleh kolom-kolom yang sebelumnya menghalangi judul.

Jika cara-cara sebelumnya dapat menghilangkan keseluruhan garis pada Excel, cara ini hanya akan menghilangkan garis yang terdapat pada kolom atau baris yang kamu block saja, dan membuat judul berada di tengah.

Akhir Kata

Nah, sekarang kamu dapat menghilangkan garis-garis atau batas kotak-kotak yang terdapat pada Microsoft Excel dengan sangat mudah menggunakan panduan di atas.

Ketika print atau mencetak dokumen di Microsoft Excel sendiri, kamu tidak perlu khawatir dengan garis atau kotak yang terdapat pada Excel karena garis tersebut akan secara otomatis menghilang ketika di cetak.

Akan tetapi, sebelum di print pastikan jika kertas tidak terpotong secara otomatis dengan menggunakan cara print Excel tanpa terpotong yang telah kami bahas sebelumnya.

Garis atau kotak yang terdapat pada Excel sendiri sebetulnya berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengelola data dengan dibatasi oleh garis pada kolom atau baris yang ada di Microsoft Excel.

Namun apabila kamu tidak ingin ada batasan tersebut, kamu bisa menggunakan metode-metode yang telah sampaikan di atas untuk menghapus atau menghilangkan garis tabel di Ms Excel.

Sekali lagi perlu ditekankan jika cara menghilangkan garis tabel di Microsoft Excel ini dapat dilakukan di berbagai versi Excel dari versi 2007, 2010, 2013, 2016, maupun 2019.

Mungkin cukup sekian dulu panduan kali ini mengenai cara menghapus garis di Excel, semoga panduan ini bisa bermanfaat. Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait tutorial ini, silahkan komentar di bawah ini.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Freeze di Excel

Rezaldy
1 min read

Excel Tidak Bisa di Save

Rezaldy
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *