Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Menghapus Chromium

2 min read

cara menghapus chromium

Chromium merupakan program yang terkadang datang tak di undang. Aplikasi ini seringkali datang tanpa kita install. Lantas bagaimana cara menghapus Chromium yang baik dan benar?

Perlu diketahui, Chromium bukanlah virus, namun meskipun demikian, adanya Chromium ini sendiri dapat membuat kinerja komputer atau laptop menjadi lambat.

Tentu saja, yang lebih menyebalkan adalah ketika kita telah melakukan uninstall Chromium. Tak lama kemudian, Chromium bisa kembali dengan sendirinya.

Hal ini tentu bisa mengganggu produktivitas kita kita sedang melakukan work from home (WFH) dikala pandemi seperti ini. Lalu bagaimana cara menghapus Chromium sampai bersih?

Apa itu Chromium?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu Chromium. Karena sebagian orang seringkali salah kaprah dan menganggapnya sebagai virus.

Chromium adalah sebuah open-source web browser. Web browser ini dikembangkan oleh komunitas The Chromium Project.

Meskipun dari logo dan nama ada kemiripan dengan Chrome, ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Namun, untuk saat ini, saya tidak akan membahas hal tersebut.

Kali ini, yang akan kita bahas adalah bagaimana cara menghapus total Chromium di PC. Karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Aplikasi ini terkadang datang kembali walaupun telah di uninstall.

Cara Menghapus Chromium

Perlu diketahui, setidaknya ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi Chromium di PC. Apa saja? simak panduannya di bawah.

Uninstall Chromium

  1. Buka Start > kemudian pilih menu Settings.
  2. Selanjutnya pilih Apps.
  3. Pada Apps & feature, cari program Chromium.
  4. Klik Chromium > Uninstall.
  5. Ikuti intruksinya hingga Chromium berhasil di uninstall.
cara menghapus chromium

Dengan menggunakan cara ini, sejumlah orang mengaku tidak dapat menemukan program Chromium pada menu Uninstall. Sehingga proses uninstall tidak dapat dilakukan.

Jika Anda mengalami hal serupa, Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk menghapus Chromium di PC Anda hingga bersih total. Berikut adalah panduannya.

Hapus Folder Chromium

  1. Buka Windows Explorer di PC Anda.
  2. Selanjutnya, pilih menu View.
  3. Pada Show/hide, centang opsi Hidden items.
  4. Masuk ke Drive (C):
  5. Pilih User > App Data > Local.
  6. Temukan folder Chromium.
  7. Klik kanan folder tersebut lalu klik Delete.
cara menghapus chromium

Apabila Anda tidak dapat menghapusnya menggunakan cara di atas. Pastikan Anda telah melakukan End task aplikasi Chromium melalui Task manager.

Karena aplikasi ini, mungkin saja tengah berjalan di latar belakang. Sehingga menyebabkan Anda tidak bisa menghapus Chromium menggunakan cara di atas.

Hapus Registry Chromium

  1. Klik menu Start > ketik Regedit pada kolom pencarian.
  2. Setelah itu pilih Registry Editor.
  3. Pilih HKEY_CURRENT_USER > Sofware.
  4. Selanjutnya cari Chromium.
  5. Klik kanan pada Chromium, lalu klik Delete.
cara menghapus chromium

Selain dengan menghapus registry Chromium secara manual dengan cara di atas. Anda juga bisa menggunakan aplikasi sejenis CCleaner untuk melakukannya secara otomatis.

Nah, setelah berhasil menghapus registry, restart perangkat komputer atau laptop Anda. Kemudian rasakanlah perbedaannya. Apakah Chromiumnya kembali atau tidak.

Jika aplikasi Chromium tidak kembali setelah melakukan tutorial di atas, artinya dapat dikatakan bahwa program Chromium telah berhasil di hapus hingga ke akar-akarnya.

Akhir Kata

Sekarang, setelah menggunakan tutorial menghapus Chromium sampai bersih di atas, apakah Chromium muncul kembali di perangkat PC laptop Anda atau tidak?

Cara menghapus Chromium ini tentu saja bisa dilakukan di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10. Namun pastinya tampilannya akan sedikit berbeda dengan apa yang saya bagikan di atas, karena saya menggunakan Windows 10.

Akan tetapi, intinya tetap saja sama. Anda bisa mengikuti panduan ini di berbagai jenis sistem operasi Windows yang Anda gunakan. Walaupun dalam gambar saya menggunakan Windows 10.

Demikianlah cara menghapus Chromium di PC sampai bersih, semoga tutorial ini bisa bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait tutorial ini, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *