Cara Menggunakan Aplikasi Signal Private Messenger

Cara Menggunakan Aplikasi Signal Private Messenger
Cara Menggunakan Aplikasi Signal Private Messenger

Kebijakan baru yang diterapkan oleh Whatsapp membuat sebagian orang memilih beralih ke aplikasi Signal. Bagi anda yang belum tahu, berikut adalah cara menggunakan aplikasi Signal Private Messenger.

Awal tahun baru ini netizen dihebohkan dengan kabar aplikasi pesan paling populer, Whatsapp, membuat kebijakan baru.

Seperti yang kita tahu, Whatsapp sendiri telah diakuisisi oleh Facebook. Terlihat dari tampilan aplikasinya yang memuat tulisan Whatsapp from Facebook ketika dibuka.

Whatsapp merubah kebijakan privasinya dengan mengaitkan Whatsapp dengan Facebook secara langsung. Dengan demikian seluruh data termasuk chat, informasi kontak, transaksi dan lainnya bisa diketahui oleh Facebook.

Hal ini ternyata membuat banyak pengguna Whatsapp merasa kecewa, karena Facebook beberapa kali tersandung masalah privasi pengguna.

Oleh karena itu banyak orang yang berpindah mencari platform pesan lain. Salah satunya adalah aplikasi Signal yang melejit setelah dipromosikan juga oleh bos Tesla, Elon Musk.

Lantas bagaimana sebenarnya aplikasi Signal ini?

Tentang Aplikasi Signal Private Messenger

Signal Private Messenger adalah aplikasi pengolah pesan asal Amerika yang mirip dengan Whatsapp. Tak aneh jika Signal ini memiliki konsep yang bagus, karena pengembangnya juga mantan dari Facebook inc.

Dari segi fitur aplikasi Signal ini terbilang cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan komunikasi instan. Terdapat fitur seperti chat untuk bertukar pesan, telepon untuk melakukan panggilan, video call untuk panggilan tatap muka dan lainnya.

Fitur populer seperti emoji dan stiker juga tersedia dalam aplikasi signal ini. Namun untuk fitur berbagi status atau story, nampaknya untuk saat ini belum tersedia. Namun jika memang banyak yang menggunakan Signal Private Messenger ini, saya yakin akan ada terobosan baru dari pengembang.

Cara Menggunakan Signal Private Messenger

Untuk cara penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah. Apalagi untuk kalian yang memang sering menggunakan aplikasi Whatsapp pasti tidak akan bingung. Karena memang dari segi tampilan pun sangat familier.

Pertama-tama, tentu yang mesti kalian lakukan adalah memiliki aplikasi Signal nya ya. Untuk menginstal aplikasi Signal Private Messenger  bisa langsung kalian unduh melalui Google Play Store meupun Apple Store. Setelah itu anda bisa ikuti panduan berikut.

  1. Buka aplikasi Signal di ponsel anda.
  2. Izinkan permintaan izin kontak dan panggilan dari aplikasi Signal.
  3. Selanjutnya dalah membuat akun, masukkan nomor aktif yang akan didaftarkan.
  4. Tunggu beberapa saat, maka kode verifikasi akan dikirimkan kepada anda melalui SMS.
  5. Masukkan kode lalu verifikasi.
  6. Pilih Register Without Transfering.
  7. Nah anda sudah bisa menggunakan aplikasi Signal.
  8. Untuk memulai chat, anda bisa mengetuk ikon pensil yang ada di kanan bawah.
  9. Untuk melakukan panggilan telepon anda bisa mengetuk ikon telepon yang ada di dalam halaman chatting.
  10. Untuk melakukan video call juga anda bisa mengetuk ikon panggilan video di halaman chatting.

Sama seperti whatsapp, kamu bisa menyimpan kontak Signal teman atau kolega juga melalui nomor telepon. Apabila juga menggunakan Signal, maka kontak akan otomatis terbaca. Selain itu fitur grup chat juga tersedia. Anda bisa memulai grup anda sendiri dengan anggota minimal dua orang.

Penutup

Nah itu tadi cara menggunakan aplikasi Signal Private Messenger. Apabila kalian tertarik untuk menggunakannya, kalian bisa ikuti beberapa panduan diatas untuk memulai.

Jika kamu penasaran mengenai perbandingan aplikasi Signal vs Whatsapp vs Telegram. Kamu bisa membaca reviewnya pada artikel yang telah sebelumnya kami posting di blog ini.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi mengenai aplikasi Signal ini bermanfaat. Terima kasih.