Cara Menggunakan Aplikasi BiP, Panduan Lengkap!

Cara Menggunakan Aplikasi BiP
Cara Menggunakan Aplikasi BiP

Kebijakan baru WhatsApp membuat sejumlah orang berbondong-bondong mengajak untuk pindah ke media sosial. Salah satunya adalah aplikasi BiP buatan dari Turki. Bagaimana cara menggunakan aplikasi BiP? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baru-baru ini, WhatsApp dihebohkan dengan kebijakan privasi terbarunya yang memaksa penggunanya untuk berbagi data dengan Facebook. Jika menolak kebijakan ini, akun pengguna WhatsApp akan dihapus secara permanen dari WhatsApp.

Beberapa tokoh dunia, lantas memberikan beragam reaksi kepada publik. Sejumlah orang, seperti salah satunya adalah bos perusahaan Tesla, menyarankan agar pengguna WhatsApp beralih untuk menggunakan aplikasi Signal.

Tidak hanya aplikasi Signal, sejumlah orang, baru-baru ini bahkan menyarankan untuk menggunakan aplikasi BiP Turki. Untuk mengenal lebih dalam mengenai aplikasi ini, kamu bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Apa itu Aplikasi BiP?

BiP Messaging adalah sebuah aplikasi chatting yang dibuat oleh perusahaan Turki Turkcell. Aplikasi ini digadang-gadang sebagai aplikasi pengganti WhatsApp yang baru-baru ini menerbitkan kebijakan privasi kontroversialnya.

Untuk kamu yang tak ingin menyetujui kebijakan privasi baru yang dibuat oleh aplikasi WhatsApp, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau App Store untuk menggantikan WhatsApp.

BiP Aplikasi Buatan Mana?

Pertanyaan seperti aplikasi BiP buatan mana memang sering ditanyakan belakangan ini. Sama halnya seperti orang-orang menanyakan aplikasi Signal buatan mana yang pernah kami bahas sebelumnya.

Seperti apa yang dapat kamu lihat pada judul artikel atau pada penjelasan singkat tentang aplikasi BiP tadi. Dapat kita simpulkan jika aplikasi BiP adalah aplikasi yang berasal dari negara Turki.

Sebelum kita membahas mengenai cara menggunakan aplikasi BiP, ada baiknya kamu membaca fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi BiP ini. Berikut adalah fitur-fitur selengkapnya.

Fitur-Fitur BiP Messenger dari Turki

Aplikasi ini memang telah disebut-sebut cocok sebagai aplikasi pengganti WhatsApp. Alasannya karena fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi WhatsApp.

Bahkan, pada aplikasi ini, kamu juga bisa menemukan beberapa fitur yang tidak dapat kamu temukan pada aplikasi WhatsApp. Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi BiP Messaging.

1. Panggilan Gratis

Seperti fitur pada aplikasi WhatsApp, pada aplikasi BiP Messaging ini, kamu bisa melakukan panggilan suara atau video secara gratis, bahkan kamu dapat terhubung dengan panggilan hingga 10 orang dalam sebuah panggilan suara maupun video.

2. Terjemahan Bahasa Otomatis

Bagi kamu yang memiliki teman di luar negeri atau ingin memiliki percakapan dengan menggunakan bahasa asing kamu bisa menggunakan fitur terjemahan bahasa otomatis. Aplikasi ini dapat menerjemahkan hingga 106 bahasa di seluruh dunia.

3. Mengubah Ikon Menu

Fitur yang menarik lainnya dari aplikasi BiP Messaging dari Turki ini adalah fitur yang membebaskan kamu untuk mengubah ikon menu pada aplikasi ini secara custom dengan menggunakan ikon-ikon yang kamu inginkan.

4. Ubah Tema

Pada aplikasi BiP dari Turki ini kamu juga dapat mengubah tema sesuai keinginan atau mood kamu. Kamu bisa mengubah tema menjadi gelap, terang, biru malam, oranye, atau magenta.

5. Berbagi Foto dan Video

Sama halnya seperti pada aplikasi WhatsApp, pada aplikasi ini, kamu juga dapat berbagi foto maupun video. Disini kamu dapat berbagi foto dan video dengan kualitas HD, sehingga kamu tak perlu khawatir kualitas foto atau video yang telah kamu kirim akan menjadi rusak.

6. Percakapan Grup

BiP Messaging juga menghadirkan fitur percakapan grup atau grup chat. Dengan menggunakan fitur grup chat ini, kamu bisa berkomunikasi dengan kelompok atau grup kamu layaknya di WhatsApp. Berikut ini adalah cara membuat grup di BiP.

7. Bagikan Lokasi

Fitur share location atau berbagi lokasi juga tersedia pada aplikasi BiP Messenger ini. Berbagi lokasi ini dapat memudahkan kamu untuk menemukan lokasi seseorang yang mungkin ingin kamu temui.

8. Fitur Lainnya

Selain fitur-fitur tadi, kamu juga bisa menemukan berbagai fitur lainnya yang terdapat pada aplikasi ini seperti perkiraan cuaca atau konten hiburan yang menjadi nilai plus bagi aplikasi ini.

Download Aplikasi BiP Messaging dari Turki

Aplikasi BiP Messaging ini dapat kamu unduh secara gratis pada platform Android dan iOS melalui Google Play Store maupun App Store. Berikut adalah sedikit deskripsi dari aplikasinya.

DetailDeskripsi
NamaBiP Messaging
Versi3.70.19
DeveloperBiP A.S.
Update14-01-2021
Ukuran File80 MB

Bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi BiP ini. Bagi kamu yang masih belum mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi BiP ini, kamu bisa menyimak panduan selengkapnya berikut ini.

Cara Menggunakan Aplikasi BiP

Bagi kamu yang ingin beralih dari aplikasi WhatsApp ke aplikasi pengganti WA yaitu aplikasi BiP Messaging yang berasal dari Turki. Kamu bisa mencoba cara berikut ini untuk menggunakannya.

Begini cara menggunakan aplikasi BiP:

  1. Langkah pertama, unduh aplikasi BiP Messaging melalui link di atas
  2. Selanjutnya, setelah aplikasi terpasang, jalankan aplikasinya
  3. Kemudian, ketuk tombol Get BiP’n > Continue
  4. Masukan nomor telepon kamu, lalu klik Get Verification Code
  5. Ganti nama atau unggah foto, lalu klik Done
  6. Setelah itu, kamu bisa memulai percakapan dengan BiP aplikasi Turki ini.

Sebelum melakukan percakapan dengan seseorang, ada baiknya kamu memahami fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini dengan mengeksplor aplikasi ini selama beberapa saat terlebih dahulu.

Akhir Kata

Nah mungkin hanya itu saja apa yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu aplikasi BiP, aplikasi BiP buatan mana, dan bagaimana cara menggunakan aplikasi BiP dari Turki tadi.

Pada aplikasi BiP, selain harus membaca terlebih dahulu panduan cara menggunakan aplikasi BiP, kamu juga bisa membaca mengenai cara buat status di BiP, cara invite BiP, atau cara mengganti bahasa di BiP. Artikel tersebut pernah kami bahas sebelum-sebelumnya.