Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Mengembalikan Aplikasi Kamera

2 min read

cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang

Cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang mungkin tengah dicari-cari oleh sejumlah pengguna ponsel yang tidak sengaja menghapus aplikasi kamera pada ponselnya.

Kini, kamera adalah sebuah komponen penting yang harus ada pada ponsel. Tanpa adanya komponen yang berfungsi untuk menangkap dan merekam gambar ini, ponsel akan terasa cukup hambar.

Produk ponsel dari Samsung, ASUS, LG, Huawei, Vivo, Oppo, iPhone dan brand terkenal lainnya, sudah pasti memiliki kamera pada ponsel-ponsel teranyarnya.

Apalagi untuk ponsel seperti Vivo dan Oppo yang menjadikan kamera sebagai jurus andalan mereka untuk meraup banyak konsumen adalah hal yang mutlak untuk keberadaan sebuah kamera.

Namun, kamera tak dapat beroperasi apabila ponsel tidak memiliki aplikasinya. Akan tetapi jangan khawatir, karena setiap ponsel yang memiliki kamera, biasanya telah dilengkapi dengan aplikasinya.

Lantas, bagaimana apabila aplikasi kamera tidak sengaja terhapus atau secara tiba-tiba hilang? adakah cara untuk mengembalikan aplikasi kamera yang hilang?

Cara Mengembalikan Aplikasi Kamera yang Hilang

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara untuk bisa mengatasinya. Apa saja? simak panduannya berikut ini.

1. Restart Ponsel

cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang

Langkah pertama setiap menemukan masalah, adalah dengan melakukan restart atau reboot pada ponsel terlebih dahulu.

Dengan melakukan reset atau reboot pada ponsel, maka ponsel akan memuat ulang atau merefresh masalah-masalah yang terjadi sebelumnya, dan terkadang masalah bisa terselesaikan dengan hanya melakukan reset.

Untuk melakukan reset atau reboot pada ponsel, biasanya kamu hanya perlu menekan tombol power selama beberapa saat. Kemudian pilih opsi restart atau reboot hp.

Jika ponsel telah kembali menyala, periksa apakah aplikasi kamera telah kembali atau belum. Apabila cara ini tidak bekerja, silahkan coba cara berikutnya.

2. Gunakan Aplikasi Kamera

cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang

Selain dapat berfungsi menggunakan aplikasi bawaan, kamera juga dapat dioperasikan dengan menggunakan aplikasi kamera yang bisa kamu temukan dengan mudah dimana-mana termasuk di Play Store.

Nah, jika cara sebelumnya tidak bekerja, maka kamu bisa menggunakan opsi ini yakni dengan menginstall aplikasi kamera di Google Play Store. Disana, kamu bisa menemukan beragam aplikasi kamera.

Install saja sebuah aplikasi yang kamu rasa pas, kemudian cobalah aplikasi tersebut, lihatlah apakah aplikasi tersebut bekerja untuk membuka kamera atau tidak. Jika masih tidak bekerja juga, cobalah cara berikut ini.

3. Hard Reset

cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang

Cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang yang berikutnya adalah dengan melakukan hard reset atau reset pabrik pada ponsel yang kehilangan aplikasi kamera.

Dengan melakukan hard reset, maka seluruh pengaturan ponsel kamu akan dikembalikan ke pengaturan semula seperti saat keluar pabrik dan seluruh data-data yang tersimpan di penyimpanan internal juga akan hilang.

Untuk melakukan reset pabrik ini, kamu bisa pergi ke menu pengaturan di ponsel, kemudian masuk ke pengaturan sistem, lalu pilih reset ke setelan pabrik. Kemudian ponsel akan di reset.

4. Flash Ulang Ponsel

Cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang terakhir adalah dengan melakukan flash ulang ponsel kamu menggunakan software PC yang dilengkapi dengan firmware ponsel kamu.

Sama halnya dengan hard reset, maka seluruh data yang ada pada ponsel kamu juga akan ikut terhapus. Bedanya, hanya terletak pada proses untuk meresetnya.

Dengan demikian, sebelum melakukan flash ulang ponsel kamu untuk mengembalikan kamera yang hilang, maka kamu harus terlebih dahulu mempertimbangkan konsikuensinya terlebih dahulu.

Menurut saya, cara ini merupakan cara yang paling ribet dilakukan daripada cara-cara sebelumnya. Namun, tingkat keberhasilannya cukup besar dalam mengatasi masalah.

Akhir Kata

Jika keempat cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang di atas masih belum juga memunculkan kembali aplikasi kamera. Cobalah membawa ponsel kamu ke teknisi terpercaya.

Cukup mudah bukan? semoga cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilang di atas bisa bermanfaat untuk kamu. Apabila punya pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *