Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Mengembalikan Akun Twitter yang Ditangguhkan

3 min read

cara mengembalikan akun twitter yang ditangguhkan

Apakah akun Twitter kamu di suspend secara tiba-tiba? tenang saja, karena kamu dapat mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan dengan menggunakan cara yang saya akan bagikan di artikel ini.

Seperti yang kita ketahui, Twitter merupakan salah satu sosial media yang paling populer digunakan oleh netizen di seluruh penjuru dunia. Pengguna Twitter bebas membagikan aktivitas atau opininya melalui sosmed yang satu ini.

Walaupun demikian, pengguna Twitter tidak dapat semena-mena dalam melakukan tindakan di platform ini. Twitter juga memiliki TOS (Terms of Service) yang harus dipatuhi agar tidak di suspend.

Nah, jadi apabila akun Twitter kamu secara tiba-tiba terkena suspend, artinya kamu telah melanggar TOS dari Twitter. Karena saya yakin Twitter juga tidak akan melakukan suspend tanpa adanya sebab akibat.

Lantas, apa saja penyebab akun Twitter ditangguhkan? simak informasi selengkapnya berikut.

Penyebab Akun Twitter Ditangguhkan

Dikutip dari laman bantuan Twitter, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa akun Twitter ditangguhkan. Berikut adalah informasi selengkapnya:

1. Spam

Memposting sesuatu secara terus menerus, atau membuat akun palsu demi memicu perdebatan dengan mengirimkan informasi palsu di Twitter juga termasuk ke dalam kategori spam.

Spam sendiri bertentangan dengan kebijakan Twitter. Sehingga, jika kamu secara sengaja membuat akun palsu atau memposting informasi palsu secara terus menerus, jangan heran apabila akun kamu tersuspend.

2. Keamanan Akun

Akun ditangguhkan juga bisa disebabkan karena aktivitas login yang tidak wajar. Biasanya, sistem akan menangguhkan akun Twitter secara otomatis ketika mendeteksi login pada perangkat yang tidak dikenal.

Biasanya hal ini terjadi apabila kamu login menggunakan aplikasi VPN. Sehingga lokasi asli login dimanipulasi menjadi di tempat lain. Oleh karena itu, Twitter akan mendeteksi adanya akses mencurigakan.

Alasan penangguhan karena akses login yang mencurigakan ini tiada lain adalah untuk mencegah terjadinya peretasan. Agar tidak terjadi hal seperti ini, hindarilah penggunaan VPN agar tidak ditangguhkan.

3. Tweet atau Perilaku Penyalahgunaan

Penyebab yang terakhir dapat diakibatkan karena adanya tweet atau perilaku penyalahgunaan. Dalam kasus ini, biasanya pengguna akan di suspend karena adanya laporan atau report dari pengguna Twitter lain.

Maka dengan demikian, hindarilah membuat postingan atau tweet yang melanggar TOS atau yang dapat menyulut perdebatan. Sementara untuk contoh kasus perilaku penyalahgunaan, biasanya berupa ancaman atau meniru akun seseorang.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan? berikut adalah tutorialnya.

Cara Mengembalikan Akun Twitter yang Ditangguhkan

Sebetulnya, untuk cara mengatasi akun Twitter yang telah di suspend kamu dapat mengikuti intruksi yang telah diberikan oleh Twitter pada tampilan halaman akun yang ditangguhkan.

Namun, apabila kamu agak kesulitan, kamu dapat mengikuti panduan yang akan saya bagikan ini.

Setidaknya, ada 2 metode yang dapat kamu coba untuk mengembalikan akun yang telah di suspend. Berikut adalah cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan selengkapnya.

1. Verifikasi Nomor Telepon

Cara yang pertama, yakni dengan melakukan verifikasi pada nomor telepon. Biasanya, kamu akan diminta verifikasi nomor telepon ketika terdeteksi adanya aktivitas spam atau login mencurigakan di akun kamu.

Berikut adalah cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan dengan melakukan verifikasi nomor telepon:

  1. Buka halaman login Twitter.
  2. Login menggunakan akun yang telah ditangguhkan.
  3. Masukan nomor ponsel yang terkait dengan akun Twitter yang ditangguhkan.
  4. Klik tombol Hubungi Saya.
  5. Masukan kode verifikasi yang dikirim ke nomor ponsel pada laman Twitter.
cara mengembalikan akun twitter yang ditangguhkan

Setelah itu, akun kamu akan dapat di akses kembali secara normal. Jika kamu tidak memiliki akses ke nomor telepon yang terkait dengan akun Twitter. Kamu bisa mencoba cara berikutnya.

2. Mengajukan Banding

Cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan berikutnya adalah dengan mengirimkan pengajuan formulir permohonan penguncian akun melalui halaman bantuan Twitter.

Jika kamu merasa bahwa penguncian atau suspend yang diberikan Twitter kepada akun Twittermu keliru, kamu bisa mengajukan banding atau permohonan ini.

Berikut adalah cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan dengan mengajukan banding:

  1. Buka browser di perangkat kamu.
  2. Login ke laman Twitter menggunakan akun yang telah ditangguhkan.
  3. Buka halaman permohonan pengajuan Twitter disini menggunakan browser yang sama.
  4. Isi formulir yang telah disediakan selengkap-lengkapnya.
  5. Kirimkan pengajuan.
cara mengembalikan akun twitter yang ditangguhkan

Formulir yang diisi:

  • Di mana Anda mengalami masalah ini?: pada formulir ini, kamu harus memilih opsi masalah yang kamu alami.
  • Deskripsi masalah: deskripsikanlah masalah yang kamu alami disini selengkap dan sejelas mungkin. Contohnya sebagai berikut:

Halo Twitter,

Akun saya ditangguhkan tanpa alasan yang jelas. Saya ingin kembali aktif di Twitter dengan mengajukan banding ini untuk dapat kembali terhubung bersama teman dan keluarga saya di Twitter.

Saya ingin kembali mengaktifkan akun Twitter saya, namun saya sudah tidak memiliki akses ke nomor ponsel lama saya.

  • Nama lengkap: tulislah nama lengkap kamu pada kolom ini.
  • Nama pengguna Twitter: nama akun yang telah ditangguhkan.
  • Email: isilah dengan email yang masih aktif untuk mengirimkan tanggapan dari Twitter mengenai pengajuan banding akun kamu.
  • Nomor ponsel (opsional): walaupun opsional, saya rasa kamu wajib mengisi kolom ini agar verifikasi bisa di proses lebih cepat.

Setelah mengirimkan formulir banding ke Twitter, kamu harus menunggu selambat-lambatnya 1×24 jam untuk mendapatkan balasan dari pihak Twitter terkait pengajuan banding ini.

Akhir Kata

Cukup mudah bukan cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan ini?

Kesimpulannya, agar terhindar dari penangguhan, hindarilah spamming, penggunaan VPN, atau perilaku yang menyimpang di Twitter.

Nah, agar kamu tidak mengalami kejadian serupa kedepannya, saya sarankan agar kamu membaca terlebih dahulu Peraturan Twitter agar dapat terhindar dari suspend semacam ini.

Demikianlah cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan, semoga tutorial ini bisa bermanfaat.

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan seputar penangguhan akun Twitter ini, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *