Rezaldy Hanya seorang pengangguran yang doyan rebahan. Senang menulis konten seputar android, komputer, gadget dan mereview aplikasi.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

1 min read

Menjadi seorang editor video atau content creator di youtube tentu memerlukan pekerjaan ekstra untuk memberikan yang terbaik untuk para penontonnya yaitu dengan mengedit video agar menampilkan sesuatu yang lebih indah dan elegan ketika ditonton orang-orang di youtube. Tanpa sentuhan editan dalam video tentu akan mengurangi ketertarikan orang-orang untuk menonton video kita, karena akan dianggap boring/tidak menarik.
Membuat/mengedit video bukanlah hal yang mudah, proses pengeditannya pun tidaklah sebentar, melalui proses rendering yang kadang mencapai 2 jam atau lebih untuk satu video (tergantung spesifikasi PC juga sih).
Mengurangi Size Video Mudah
Nah, bila selesai proses rendering janganlah kaget ketika hasil ukuran video tersebut mencapai bergiga-giga atau bahkan berpuluh-puluh giga. Untuk itu diposting kali ini, saya akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya untuk melakukan kompresi/pengecilan ukuran video dengan mudah.

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

1. Unduh software yang bernama Handbrake yang dapat diambil langsung dari situsnya gratis dan full version!
2. Setelah itu, instal software seperti biasanya.
3. Buka software, siapkan video yang akan di kompresi.
4. Klik Source pilih File seperti pada gambar dibawah ini
.
5. Cari video yang akan dikompres, disini video yang ingin saya kompres berukuran 0.99GB alias satu gigaan, klik video yang akan di kompres, lalu tekan tombol open.
6. Klik Browse lalu isikan nama file videonya, selanjutnya save.
7. Setelah itu klik tombol start.
8. Jika telah seperti ini, tunggu hingga prosesnya selesai.
Dan beginilah hasil setelah melakukan kompresi pada video dengan menggunakan software Handbrake ini, sangat drastis bukan pengurangan ukuran size nya? Proses pengecilannya pun terbilang sangat sebentar (tergantung penggunaan CPU juga).
Handbrake juga dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran pada video lebih dari satu kali, namun saya sarankan hanya menggunakannya satu kali saja, apabila anda menggunakannya dua atau lebih, maka kualitas video akan memburuk dan audio juga akan tidak enak didengar.
Rezaldy Hanya seorang pengangguran yang doyan rebahan. Senang menulis konten seputar android, komputer, gadget dan mereview aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *