Cara Mengaktifkan Komentar di Youtube

cara mengaktifkan komentar di youtube
cara mengaktifkan komentar di youtube

Cara mengaktifkan kolom komentar di Youtube sebetulnya sangat mudah sekali. Pada dasarnya, setiap kali mengunggah video, komentar Youtube biasanya akan langsung aktif dan bisa dikomentari oleh orang lain.

Namun, dalam beberapa kasus, komentar Youtube tidak tersedia dalam beberapa video yang telah kita unggah. Sehingga membuat orang lain atau bahkan kita sendiri tidak bisa menulis komentar pada video yang telah kita unggah.

Biasanya kolom komentar video yang telah kita unggah yang mengalami masalah serupa akan bertuliskan “Komentar dinonatkifkan. Pelajari lebih lanjut” atau “Comments are turned off. Learn more”.

Lantas, apa yang menyebabkan kolom komentar di video Youtube kita dinonaktifkan dan bagaimana cara mengaktifkan kembali komentar di video Youtube? simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Komentar Youtube Dinonaktifkan

Dikutip dari laman bantuan Google, ada beberapa alasan yang membuat komentar pada video yang telah kita unggah tidak bisa dikomentari atau kolom komentar dinonaktifkan. Apa saja penyebabnya?

1. Kanal Youtube Dibuat untuk Anak-anak

Alasan yang pertama mengapa kolom komentar pada video Youtube kita dinonaktifkan, karena kanal Youtube yang kita buat bertujuan untuk membuat konten dengan segmen pasar anak-anak.

2. Video Diatur untuk Anak-anak atau Pribadi

Selain kanal Youtube yang dibuat telah diatur untuk anak-anak. Video yang telah disetel untuk anak-anak atau pribadi juga tidak akan menampilkan kolom komentar di Youtube. Pengaturan ini biasanya dapat ditemukan pada pengaturan video.

3. Komentar Dinonaktifkan dengan Sengaja

Penyebab kenapa komentar Youtube dinonaktikfan atau tidak bisa dikomentari adalah karena pembuat video memang secara sengaja telah menonaktifkan kolom komnetar karena sejumlah alasan.

Cara Mengaktifkan Komentar di Youtube

Bagi kalian yang memang ingin mengaktifkan kolom komentar di video Youtube yang telah kalian buat, kalian bisa mencoba beberapa cara berikut ini. Simak tutorial selengkapnya berikut di bawah ini.

1. Mengaktifkan Kolom Komentar Youtube

Jika kalian sebelumnya pernah secara sengaja menonaktifkan kolom komentar di Youtube kalian karena beberapa alasan. Kalian bisa mencoba cara berikut ini untuk mengaktifkannya kembali.

Begini caranya:

  1. Buka Youtube Studio lewat browser.
  2. Lalu login dengan menggunakan akun Youtube kalian.
  3. Di dashboard, pilih menu Settings.
  4. Pilih menu Upload defaults > Advanced settings.
  5. Pada Comments, ubah Disable comments menjadi Hold potentially inappropriate comments for review.
  6. Terakhir klik Save.
cara mengaktifkan komentar di youtube

Nah, setelah mengubah pengaturan menjadi seperti itu, kalian sudah dapat kembali mengomentari video yang telah kalian unggah dan memfilter komentar yang mengandung kata-kata yang tidak pantas.

2. Mengubah Pengaturan Kanal

Seperti yang telah tadi saya katakan sebelumnya. Kanal Youtube yang telah dibuat dan diatur untuk anak-anak tidak dapat menampilkan komentar. Lantas, bagaimana untuk mengubah pengaturan tersebut?

Berikut tutorialnya:

  1. Buka Youtube Studio melalui browser.
  2. Kemudian masuk dengan akun Youtube.
  3. Di menu dashboard, pilih menu Settings.
  4. Pilih menu Channel > Advanced settings.
  5. Ubah opsi pada Do you want to set your channel as made for kids? menjadi I want to review this setting for every video.
  6. Lalu klik Save.
cara mengaktifkan komentar di youtube

Nah setelah itu, kanal Youtube kalian akan di ubah dari yang asalnya dibuat untuk anak-anak, kini kanal kalian bisa dinikmati oleh seluruh kalangan. Kalian dapat mengatur video untuk anak-anak atau bukan melalui review setting pada video.

3. Mengatur Video Bukan Untuk Anak-anak

Cara mengaktifkan komentar di Youtube yang terakhir jika kedua cara yang sebelumnya tidak bekerja yakni dengan mengubah pengaturan audiens video menjadi bukan untuk anak-anak.

Begini caranya:

  1. Masuk ke Youtube Studio menggunakan akun Youtube.
  2. Kemudian pilih menu Videos.
  3. Pilih salah satu video yang tidak bisa dikomentari.
  4. Pada Audience, pilih opsi No, it’s not made for kids.
  5. Lalu klik Save.
cara mengaktifkan komentar di youtube

Setelah mengubah audiens dari anak-anak menjadi bukan untuk anak-anak. Video yang telah kalian unggah di Youtube sudah bisa kembali dikomentari oleh kalian atau orang lain yang melihat videonya.

Akhir Kata

Setelah kalian menggunakan ketiga metode atau cara mengaktifkan kolom komentar Youtube di atas. Kini video yang tayang di kanal Youtube kalian bisa kembali dikomentari oleh kalian atau orang lain.

Apabila Youtube Studio atau Youtube tidak bisa dibuka di komputer, kalian bisa membaca solusi untuk mengatasi masalahnya pada artikel yang telah kami buat atau bahas sebelumnya di blog ini.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga cara mengaktifkan kolom komentar di Youtube tadi bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen.