Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Memutar Tulisan di Word

cara memutar tulisan di word

Apakah kalian sedang mencari cara memutar tulisan di Word menjadi miring atau menjadi tegak vertikal?

Dalam beberapa kasus, mungkin kita ingin membuat tampilan dokumen kita lebih menarik dengan menambahkan teks vertikal atau teks dengan gaya yang miring melalui Ms Word.

Teks vertikal atau teks yang sengaja dimiringkan biasanya digunakan dalam penggunaan berbagai pembuatan surat undangan, iklan, poster, atau hal-hal semacam itu.

Memiringkan teks atau tulisan yang dibuat dalam keadaan vertikal dapat juga disebut sebagai merotasi tulisan. Karena miring yang dimaksud miring bukan gaya tulisan italic, melainkan rotasi teks.

Biasanya, format yang digunakan untuk memutar tulisan di Word ini memakai 45 hingga 90 derajat sudut kemiringan, itupun bisa dilakukan hingga 360 derajat, kamu sendiri bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk cara memiringkan atau memutar tulisan di Word sebetulnya bukan perkara yang cukup sulit. Kamu bisa memanfaatkan menu Text Box atau Shapes untuk dapat melakukannya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara atau tutorial untuk memutar tulisan di Word dengan sangat mudah. Lantas bagaimana caranya? berikut adalah ulasan selengkapnya.

Cara Memutar Tulisan di Word

Karena adanya sedikit perbedaan dari tampilan Ms Word antara Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019, maka ada sedikit perbedaan pula pada langkah-langkahnya.

Lalu bagaimana cara memiringkan tulisan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, atau 2019? simak langkah-langkah selengkapnya pada panduan berikut ini:

1. Cara Memutar Tulisan di Word 2007 / 2010

Adapun cara untuk memutar tulisan di Microsoft Word 2007 atau 2010 adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi Microsot Word.
  2. Klik menu Insert.
  3. Pilih Text Box > pilih Simple Text Box atau yang lain.change direction
  4. Masukan teks yang akan dimiringkan pada box yang ada.
  5. Klik Text Direction.text rotation
  6. Setelah itu, klik terus tombol tersebut hingga menemukan posisi yang kamu inginkan.

Cara ini hanya dapat memiringkan teks menjadi 90 derajat atau 270 derajat saja. Padahal sebetulnya ada lain untuk memiringkan teks hanya dalam beberapa derajat saja.

Untuk hanya memiringkan teks dalam beberapa derajat saja, kamu bisa menggunakan menu Shapes atau menggunakan cara berikut ini yang saya implementasikan dalam Ms Word 2019 berikut ini.

2. Cara Memiringkan Tulisan di Word 2013, 2016 / 2019

Berikut adalah cara memiringkan tulisan di Word 2013 ke atas menggunakan menu Shapes di Word:

  1. Buka Ms Word di PC atau perangkat kamu.
  2. Klik menu Insert.
  3. Pilih Shapes > pilih kotak Rectangle, lalu taruh kotak tersebut di sembarang tempat di Word.cara memutar tulisan di word
  4. Klik kotak tersebut, kemudian ketikkan sesuatu.
  5. Klik kotak tersebut, klik ikon rotasi. Putar atau miringkan tulisan sesuai keinginan kamu.cara memutar tulisan di word
  6. Untuk membuat background menjadi transparan, pada Shapes Styles, pilih gaya Transparent – Black, Dark 1.cara memutar tulisan di word
  7. Selesai.

Pada umumnya latar belakang pada teks yang dimiringkan sendiri adalah transparan, namun jika kamu menginginkan gaya lain, kamu bisa mencoba memilih opsi lain.

Apabila kamu ingin membuat teks menjadi vertikal kamu bisa mencoba menggunakan opsi Text Box, lalu gunakanlah opsi Text Direction seperti pada langkah sebelumnya.

Dengan menggunakan menu atau opsi Text Direction, kamu dapat mengubah atau merotasi teks yang ada pada Word secara otomatis menjadi 90 derajat atau 270 derajat.

Akhir Kata

Cukup mudah bukan? apabila kamu ingin merotasi teks atau tulisan menjadi vertikal dalam sekali klik, kamu hanya perlu menggunakan panduan pada langkah pertama.

Sementara jika kamu ingin memiringkan teks atau tulisan di Ms Word dalam beberapa derajat kemiringan, kamu bisa menggunakan cara kedua untuk melakukannya.

Perlu diingatkan sekali lagi jika cara memutar tulisan di Ms Word kali ini dapat kamu lakukan pada Microsoft Word versi 2007, 2010, 2013, 2016 maupun 2019 sekalipun.

Cukup gampang bukan? sekarang kamu dapat dengan mudah merotasi tulisan dan menggunakannya untuk kepentingan membuat dokumen tertentu atau surat undangan di Word.

Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara memutar tulisan di Word, semoga bisa bermanfaat. Apabila kamu punya pertanyaan terkait tutorial kali ini, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *