Cara Membuka File Zip yang Terkunci

cara membuka file zip yang terkunci

Pernahkah kalian mengunduh atau menemukan file berformat zip yang terkunci tapi tidak tahu kata sandinya? jika hal tersebut menimpa kalian, kalian mungkin kini kalian tengah mencari cara membuka file zip yang terkunci tersebut.

File dengan format zip atau rar yang dikunci biasanya tak lain untuk memproteksi file tersebut agar tidak mudah di akses oleh orang lain. Atau untuk memberitahukan jika file zip original tersebut di unduh dari situs tertentu.

Biasanya, tiap kali kalian mengunduh file dengan format zip atau rar pada sebuah situs, kalian akan diberitahukan kata sandi atau password file tersebut agar kalian bisa mengakses atau mengekstrak file tersebut.

Namun kadangkala, kita juga mungkin sering mengunduh file dengan format zip yang dikunci namun tidak memiliki kata sandi atau password. Hal ini membuat kita tidak dapat mengakses file zip tersebut.

Jika masalah serupa menimpa kalian. Tentu kalian akan merasa penasaran, adakah cara membuka file zip yang terkunci? Jawabannya ada. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorialnya.

Cara Membuka File Zip yang Terkunci

Terdapat beberapa metode atau cara yang dapat kalian gunakan untuk membuka file zip yang terkunci. Hal itu tergantung dengan perangkat yang kalian gunakan, contohnya seperti hp Android atau komputer/laptop (PC).

1. Melalui Android

Apabila kalian menggunakan perangkat Android. Kalian bisa membuka file zip yang terkunci menggunakan aplikasi pihak ketiga. Bagaimana cara selengkapnya? simak panduannya baik-baik berikut ini.

  1. Pertama, download dan install aplikasi ArchiDroid di hp Android kalian.
  2. Jalankan aplikasinya, kemudian pilih Unpack Archive.
  3. Pada Archive File Path pilih ikon titik tiga, lalu cari file zip yang terkunci.
  4. Kemudian pada menu Out Path, pilih tempat penyimpanan.
  5. Klik ikon kunci, lalu kalian masukan password bebas.
  6. Lalu centang opsi Use Password > Ok.
  7. Selanjutnya, klik ikon mata, lalu centang file yang telah dipilih.
  8. Ketuk Unpack lalu masukan password yang telah dibuat tadi.
  9. Terakhir, klik Ok dan lihatlah hasilnya.
cara membuka file zip yang terkunci

2. Melalui PC

Cara yang selanjutnya, jika di PC kalian bisa membuka file yang terkunci menggunakan program atau aplikasi tertentu yang perlu kalian unduh terlebih dahulu. Begini adalah tutorial selengkapnya.

  1. Download aplikasi iSumSoft RAR Password Refixer di PC kalian, kemudian install aplikasinya.
  2. Setelah terpasang, jalankan aplikasinya, lalu klik Open.
  3. Cari dan pilih file zip yang terkunci, lalu klik Open.
  4. Selanjutnya, pada bagian Type of Attack pilih Brute Force.
  5. Lalu klik tombol Start.
  6. Kemudian tunggu selama prosesnya selesai.
  7. Setelah selesai, pada RAR Password klik Copy > Ok.
  8. Nah setelah berhasil mencopy passwordnya, kalian bisa langsung memasukan password tersebut di file zip yang sebelumnya terkunci.
  9. Selesai, file telah berhasil dibuka.
cara membuka file zip yang terkunci

Proses untuk mendapatkan password menggunakan aplikasi ini sendiri cukup lama. Oleh sebab itu, kalian harus menunggu selama beberapa saat hingga password berhasil didapatkan.

Selain dengan menggunakan cara ini, kalian juga dapat membuka file zip yang terkunci dengan menggunakan CMD yang dibantu menggunakan program-program lainnya. Namun cara ini mungkin akan saya bahas dilain waktu.

Akhir Kata

Apabila kedua cara di atas tidak bisa dilakukan untuk membuka file zip yang terkunci. Saya sarankan agar kalian memeriksa kembali website dimana kalian mengunduh file zip tersebut.

Biasanya, website yang menyediakan link download file menggunakan format zip atau rar yang dikunci mencantumkan password atau kata sandi dalam artikel tersebut, kalian harus memeriksanya secara seksama.

Cukup mudah bukan? dengan menggunakan kedua metode di atas kini kalian dapat membuka file zip yang dikunci. Tak hanya file dengan format zip, kalian juga bisa menerapkan cara di atas pada file rar.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada cara membuka file zip yang terkunci kali ini, semoga tutorial ini dapat bermanfaat. Apabila punya pertanyaan terkait hal ini, silahkan komentar di bawah.