Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Membuat Thumbnail Youtube Secara Online

1 min read

Youtube adalah situs web yang berisikan kumpulan video yang kini sedang diatas daun, mengapa tidak, para pengguna internet kini banyak beralih menjadi content creator di youtube dengan modal ke kreatifannya masing-masing, disamping itu juga banyak orang yang ‘sukses’ karena youtube ini, dengan adanya fitur monetize, para content creator dapat menghasilkan pundi-pundi yang luar biasa apabila konten yang dibagikan adalah konten yang kreatif dan banyak dilihat.
Untuk membuat video banyak ditonton di youtube tentu memerlukan suatu yang menarik, contohnya dengan membuat judul yang unik, konten yang sedang viral, bahkan thumbnail. Sebelumnya apa itu thumbnail di youtube? thumbnail adalah sebuah gambar yang akan dijadikan cover dari konten itu sendiri, thumbnail di youtube juga dapat dipilih langsung dengan isi dari konten tersebut, namun orang yang telah ‘sukses’ didunia youtube lebih memilih untuk mengedit sendiri thumbnail agar lebih menarik. Walaupun hanya menambahkan caption pada gambar saja, itu dapat menarik perhatian dari pengguna youtube
Buat Thumbnail Youtube Online
Thumbnail biasanya dibuat dengan software Adobe Photoshop, namun software ini tidak dapat digunakan untuk orang awam seperti saya ini. Cara lain pun saya coba tempuh dengan mencari situs pembuat thumbnail di google. Dan begini cara membuat thumbnail secara online.
1. Buka dan login di situs canva.com (bisa menggunakan facebook/google plus agar tidak ribet)
2. Setelah login, pilih personal (karena digunakan untuk kepentingan pribadi)
3. Create a design, lalu pilih Youtube Thumbnail (agar ukuran menyesuaikan)
4. Lalu edit, kamu dapat mengatur posisi gambar, tulisan biar ada ditengah dengan mudah karena nanti ada garis pengatur posisi yang akan muncul dengan sendirinya.

Kamu dapat menambahkan gambar sendiri dengan mengklik tombol upload, background, menambah caption, gambar kecil, crop, filter, mengatur contrass, dll.

5. Setelah selesai membuat thumbnail, silahkan save dengan menekan tombol download.
Walaupun tidak sebanding dengan menggunakan photoshop, menggunakan canva ini sangat efektif bagi orang awam seperti saya ini yang tidak bisa menggunakan edit software seperti photoshop.
Selain dapat membuat thumbnail Youtube, canva juga dapat membuat thumbnail blog, banner direct, dan masih banyak lagi dan kamu juga dapat mengupgrade akun canva kamu untuk mendapat lebih banyak fitur unggulan dari canva.
Apabila kamu telah meng-edit thumbnail di situs ini, otomatis thumbnail yang telah kamu buat tidak akan hilang dan akan disimpan dalam akun mu itu, namun per design kamu hanya dapat menyimpan maksimal 30 gambar saja, apabila ingin membuat lebih silahkan buat design baru dihomepage canva.
Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *