Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Membuat Pecahan di Word

2 min read

cara membuat pecahan di word

Cara membuat pecahan di Word memang seringkali kita sebagai pelajar butuhkan ketika akan menuliskan angka pecahan atau per saat mengerjakan tugas sekolah atau mata kuliah matematika, kimia, fisika atau pelajaran yang berkaitan dengan angka-angka.

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling digandrungi untuk mengerjakan tugas pelajaran. Baik itu tugas berupa laporan penelitian, skripsi atau tugas biasanya.

Tak hanya untuk tugas-tugas penulisan. Terkadang, Microsoft Word juga seringkali digunakan untuk tugas-tugas perhitungan seperti pada pelajaran matematika, kimia, fisika atau hal-hal lain yang berkaitan dengan angka-angka.

Tugas seperti matematika, kimia, atau fisika biasanya tak jauh dari bilangan pecahan atau per. Di Ms Word, mungkin kita seringkali atau terbiasa menggunakan angka garis miring untuk menggantikan per tersebut.

Namun tahukah kalian jika kalian bisa membuat bilangan pecahan atau per di Microsoft Word dengan sangat mudah? Nah, jika belum mengetahuinya, kali ini saya akan membagikan cara membuat pecahan di Word.

Cara Membuat Pecahan di Word

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk membuat per atau angka pecahan di Ms Word dengan mudah. Dari beberapa cara tersebut, kalian bisa memilih opsi berikut ini salah satunya.

1. Menggunakan Shortcut Equation

Metode yang pertama yakni dengan menggunakan shortcut dari menu equation di Ms Word. Bagaimana caranya?

Begini tutorialnya:

  1. Buka Ms Word di komputer atau laptop kalian
  2. Pada lembaran, klik tombol Alt + = pada keyboard secara bersamaan.
  3. Klik pada kolom Type equation here.
  4. Tuliskan angka pecahan dengan menggunakan garis miring seperti 1/2.
  5. Lalu tekan enter dan lihatlah hasilnya.
cara membuat pecahan di word

Jika kalian ingin memasukan angkanya secara manual langsung dalam bentuk per atau pecahan. Setelah menekan shortcut, pada menu Design, pilih menu Fraction. Kemudian aturlah penempatan angka sesuka kalian.

2. Melalui Menu Equation

Nah, bagi kalian yang tak ingin menggunakan shortcut, kalian bisa juga melakukannya secara manual melalui menu equation di Ms Word.

Begini caranya:

  1. Jalankan aplikasi Ms Word di PC kalian
  2. Masuk ke menu Insert > lalu pilih Equation.
  3. Lakukanlah cara di atas. Atau…
  4. Klik Fraction, pilih opsi Stacked Fraction.
  5. Lalu masukan angka pecahan secara manual.
cara membuat pecahan di word

Selain bisa digunakan sebagai cara membuat pecahan di Word dengan mudah dan cepat. Menu equation ini juga bisa digunakan untuk membuat simbol-simbol lain dalam perhitungan angka.

Contohnya selain pecahan atau per, kalian bisa juga membuat akar, limit, integral, membuat pangkat di word, sin, cos, tan, atau matrix dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Perlu kalian ketahui juga apabila cara membuat pecahan di Word menggunakan menu equation dengan mudah ini dapat kalian lakukan di berbagai versi Microsoft Word seperti 2007, 2010, 2013, 2016, hingga 2019.

3. Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara yang terakhir yang paling cepat dan simpel untuk dilakukan yakni dengan menggunakan shortcut pada keyboard. Cara ini bisa membuat kalian menuliskan bilangan pecahan tertentu secara otomatis.

Namun hanya saja, bilangan pecahan atau per yang bisa kalian buat menggunakan cara ini hanya beberapa saja. Seperti 1/2, 1/4 dan 3/4 saja. Lalu, apa saja shortcutnya? simak berikut ini.

Shortcut:

  • 1/2 = kombinasi Alt + angka 0189
  • 1/4 = kombinasi Alt + angka 0188
  • 3/4 = kombinasi Alt + angka 0190

Nah, apabila kalian ingin membuat bilangan pecahan 1/2, kalian hanya perlu menahan tombol Alt, kemudian mengetikan angka 0189 pada keyboard. Hanya saja cara ini berlaku untuk keyboard yang berada di sebelah kanan atau numlock.

Akhir Kata

Nah, cukup mudah bukan? dengan menggunakan cara membuat bilangan atau angka pecahan atau per di Word di atas. Kini kalian bisa membuat bilangan pecahan terlihat seperti bilangan yang semestinya.

Mungkin itu saja yang apa dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial di atas bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan seputar tutorial ini. Silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *