Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Membuat Pangkat di Word

2 min read

cara membuat pangkat di word

Cara membuat pangkat atas atau bawah di Microsoft Word mungkin dicari oleh sejumlah pelajar yang tengah mengerjakan tugas Matematika, Fisika atau Kimia yang notabenenya tak luput dari perpangkatan.

Pada aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, kita dapat menambahkan berbagai karakter dalam dokumen kita, termasuk menambahkan pangkat ketika mengerjakan tugas.

Namun, bagi orang awam yang tidak biasa menyentuh Microsoft Word, mungkin akan cukup kebingungan untuk mencari cara bagaimana membuat pangkat di Word ini.

Terlebih, fitur di dalam aplikasi pengolah kata ini cukup banyak untuk disentuh. Sehingga, tak heran apabila orang awam kewalahan untuk menambahkan karakter pangkat dalam tulisan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara untuk membuat pangkat atas atau bawah di Microsoft Word dengan sangat mudah. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Pangkat di Word

Adapun untuk membuat pangkat atas dan bawah sendiri agak sedikit berbeda. Simak tutorial untuk menambahkan keduanya melalui cara berikut ini.

1. Cara Membuat Pangkat Atas di Ms Word

Untuk pangkat atas sendiri biasanya digunakan dalam penulisan rumus, soal atau jawaban dari pelajaran Matematika atau Fisika. Dengan begitu, cara ini mungkin akan membantu kamu dalam mengerjakan soal pelajaran tersebut.

Berikut adalah cara membuat pangkat atas:

  1. Buka Microsoft Word di komputer atau laptop.
  2. Pastikan tengah berada pada menu Home.
  3. Buatlah tulisan yang akan dipangkatkan, contohnya x=a4y+3y.
  4. Blok teks yang akan dipangkatkan, misalnya 4y+3y.
  5. Tekan ikon Superscript.
  6. Taraaa! teks telah berubah menjadi di atas.
cara membuat pangkat di word

Selain menggunakan cara di atas, cara tercepat untuk memberikan pangkat atas adalah dengan menekan shortcut CTRL + SHIFT + IKON PLUS (+) pada keyboard kamu. Jangan lupa block terlebih dahulu teks sebelum menggunakan shortcut ini.

2. Cara Membuat Pangkat Bawah di Word

Pangkat bawah biasanya digunakan untuk mendukung penulisan karakter senyawa Kimia, ini akan membantu kamu ketika mengerjakan soal-soal yang mengandung senyawa Kimia.

Berikut adalah cara membuat pangkat bawah:

  1. Buka Ms Word di PC kamu.
  2. Selanjutnya pastikan kamu telah berada di menu Home.
  3. Tulis senyawa yang akan diberikan pangkat bawah, disini misalnya H2O.
  4. Block pada teks angka yang akan di pangkat bawahkan.
  5. Klik ikon Subscript.
  6. Selesai.
cara membuat pangkat di word

Untuk memberikan pangkat bawah melalui shortcut pada keyboard, kamu hanya perlu menekan tombol CTRL + IKON SAMA DENGAN (=) yang terdapat pada keyboard secara bersamaan. Pastikan kamu telah memblock teks sebelum menekan shortcut ini.

Cara Mengembalikan Pangkat Seperti Semula

Apabila ada kesalahan dalam pemberian pangkat saat menggunakan cara di atas ada beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan pangkat menjadi semula.

Cara yang paling gampang yakni dengan melakukan undo, kalian dapat menemukan fitur ini pada pojok kiri paling atas dengan ikon panah ke arah kiri. Klik ikon tersebut atau gunakan shortcut CTRL + Z.

Selain cara itu, kalian juga masih dapat mengembalikan pangkat tersebut dengan kembali menekan ikon Superscript (jika pangkat atas) atau Subscript (jika pangkat bawah).

Akhir Kata

Perlu dicatat apabila cara membuat pangkat ini dapat dilakukan pada berbagai versi Microsoft Word darimulai versi 2003, 2007, 2010, 2013, 2016 atau 2019 sekalipun.

Nah cukup mudah bukan? dengan melakukan tutorial cara membuat pangkat di Ms Word di atas, kini kamu bisa dengan mudah mengerjakan soal Matematika, Fisika, atau Kimia.

Selain beberapa fitur perpangkatan untuk memudahkan kita dalam mengerjakan berbagai soal Matematika, Fisika, atau Kimia, Ms Word juga memiliki fitur untuk menambahkan simbol kurang lebih.

Simbol kurang lebih sendiri mungkin akan sangat kamu butuhkan dalam mengerjakan tugas atau dokumen tertentu. Tapi, dengan menggunakan Ms Word, kamu dapat menambahkannya secara mudah.

Sekian dulu tutorial tentang cara membuat pangkat atas atau bawah di Microsoft Word. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *