Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Cara Membuat Huruf Hijaiyah Putus-Putus di Word

2 min read

cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di word

Cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di Word sebetulnya sangat gampang untuk dilakukan. Namun, walaupun demikian, masih belum banyak yang mengetahui bagaimana caranya.

Huruf hijaiyah putus-putus sendiri, kini seringkali dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk anak PAUD, TK atau TPA TPQ. Huruf hijaiyah putus-putus seperti ini biasanya digunakan agar pelajar dapat dengan mudah mencotoh atau membacanya.

Aplikasi Microsoft Word mungkin saat ini adalah aplikasi yang sering digunakan dalam pembuatan materi. Aplikasi ini bahkan mendukung berbagai penulisan karakter bahkan hingga Bahasa Arab sekalipun.

Apabila kalian ingin mencoba membuat huruf hijaiyah putus-putus di komputer atau laptop. Kalian juga bahkan bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word atau yang sering disebut juga aplikasi Ms Word ini.

Cara Membuat Huruf Hijaiyah Putus-Putus di Word

Bagi kalian yang ingin mencoba membuat huruf hijaiyah putus-putus di ms Word tapi tidak bisa melakukannya. Kalian tidak perlu khawatir, karena disini saya akan mencoba membagikan tutorialnya.

Cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di Word ini, tidak begitu jauh berbeda dengan cara menulis huruf Arab di Word yang telah kami bahas sebelumnya melalui artikel di blog ini.

1. Download Font Bahasa Arab

Langkah pertama untuk dapat menulis huruf hijaiyah di ms Word yakni dengan mengunduh terlebih dahulu font Bahasa Arab putus-putus. Tanpa mengunduh font ini terlebih dahulu kalian tidak bisa membuat huruf hijaiyah putus-putus.

Lalu apa nama font yang harus di unduh? nama font untuk huruf hijaiyah yang akan digunakan pada tutorial kali ini dan harus kalian download terlebih dahulu ialah font KFGQPC Alphabet Dotted.

Download font KFGQPC Alphabet Dotted.

2. Install Font di PC

Setelah berhasil mengunduh atau mendownload font yang telah diharuskan untuk di download sebelumnya. Selanjutnya kalian harus menginstall atau memasang font tersebut di PC kalian.

Cara install font di PC sendiri cukup mudah. Caranya, double-click pada file font berformat .zip yang telah kalian download. Kalian tak perlu mengekstraknya. Cukup klik pada file fontnya.

Berikutnya setelah menekan filenya. Kalian hanya cukup menekan tombol Install yang ada pada jendela baru yang muncul. Lalu, tunggulah selama beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di word

3. Menulis Huruf Arab di Word

Nah, apabila font telah berhasil dipasang di PC kalian. Langkah berikutnya yakni kalian tinggal menulis huruf Arab di Word. Cara menulis huruf Arab di Word sendiri pernah kami bahas sebelumnya di blog ini.

Namun bagi kalian yang malas mengecek artikel lama kami. Kali ini kami akan membahasnya kembali di artikel ini. Berikut ini adalah cara menulis huruf Arab di Word dengan sangat mudah dan cepat.

Langkah berikutnya, setelah mengubah bahasa di Windows, kalian bisa membuka aplikasi On-Screen Keyboard. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan Windows yang dapat kalian buka tanpa perlu menginstall aplikasinya.

Cara penggunaannya sendiri cukup mudah. Kalian hanya perlu masuk ke aplikasi On-Screen Keyboard. Kemudian atur bahasa

Pertama, kalian bisa mengkatifkan huruf Arab melalui bagian taskbar layar Windows. Biasanya, untuk mengubahnya, kalian hanya perlu klik pada tulisan ENG di taskbar lalu pilih Saudi Arabia.

cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di word

4. Atur Huruf Hijaiyah Putus-putus di Word

Langkah terkahir setelah mengatur huruf Arab di PC yakni kalian bisa mulai menjalankan aplikasi Ms Word. Kemudian tulislah beberapa kata dari Bahasa Arab di lembaran Word.

Berikanlah jarak antara satu huruf ke huruf lainnya. Kemudian atur juga ukuran hurufnya. Nah, setelah itu block huruf yang akan dibuat putus-putus, lalu ubah fontnya menjadi font KFGQPC Alphabet Dotted.

Buatlah masing-masing huruf hijaiyah putus-putus menjadi bold dengan warna yang agak gelap agar huruf hijaiyah putus-putus dapat terlihat dengan jelas. Seperti pada gambar berikut ini.

cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di word

Akhir Kata

Kalau huruf hijaiyah putus-putus telah berhasil kalian buat. Selanjutnya kalian hanya perlu mencetak atau print out tulisan tersebut agar hasilnya langusng dapat kalian sampaikan ke anak-anak.

Cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di Word ini tentu saja dapat kalian implementasikan di Ms atau Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, dan 2019 dengan sangat mudah.

Mungkin itu saja apa yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga cara membuat huruf hijaiyah putus-putus di Word di atas bisa bermanfaat. Apabila ada pertanyaan, silahkan komentar di bawah.

Rezaldy Pengangguran yang doyan rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *